Pengertian komputer secara umum dan menurut ahli

Sudiana SudianaIkuti 04 Oct, 2020 · 4 Menit Membaca
Pengertian komputer secara umum dan menurut ahli

Sebagai pengetahuan dasar sebelum mengenal komputer lebih jauh ada baiknya kita mengetahui pengertian apa itu komputer lebih dekat. Apabila kita sudah terbiasa menggunakan komputer belum tentu kita mengetahui secara pasti pengertian komputer secara umum dan juga menurut para ahli. Mari kita pelajari mulai dari pengertiannya karena seperti pepatah mengatakan bila tak kenal maka tak sayang. Itulah tujuan kami mengangkat materi ini pada artikel di di situs ini.

Secara umum komputer merupakan sebuah perangkat yang digunakan oleh manusia untuk memperingan pekerjaan dalam hal melakukan perhitungan, mengetik, dan melakukan pekerjaaan lainnya. Jika diperhatikan dari fisik komputer tersebut, komputer juga bisa diartikan sebagai sebuah perangkat terdiri dari beberapa perangkat yang saling berhungan sehingga membentuk sistem kerja yang sempurna seperti melakukan proses data, menampilkan data, mengeluarkan bunyi. Komputer standar biasanya terdiri dari 3 komponen penting seperti berikut:

  1. CPU
  2. Monitor
  3. Keyboard dan Mouse

Selain dibagi berdasarkan komponen, pengertian komputer juga dapat di bagi menjadi 3 elemen utama yaitu:

  1. Hardware atau perangkat keras.

    Yang dimaksud dengan hardware adalah perang keras yang dapat kita lihat wujudnya seperti 3 komponen utama komputer yaitu CPU, Monitor, dan mouse/keyboard.

  2. Software atau perangkat lunak

    Software adalah perangkat yang tersintal pada perangkat keras yaitu pada CPU. Perangkat lunak ini tidak berwujud tetapi dapat bekerja dan menjalankan perangkat yang terdapat pada CPU. Perangkat lunak yang terdapat pada CPU biasanya berupa operating sistem, software dan aplikasi yang terinstal.

  3. Brainware atau pengguna komputer

itulah sedikit ulasan singkat tentang komputer sehingga kita dapat dengan mudah mengambil kesimpulan mengenai pengertian komputer secara umum maupun secara khusus jika digunakan untuk keperluan lainnya.

Pengertian komputer secara umum

Dengan membaca ulasan singkat komputer dia atas, bisa di ambil kesimpulan apa itu pengertian komputer. Jika dilihat dari segi etimolagis, kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu “Computare” yang berarti menghitung. Jadi secara sederhana komputer bisa diartikan sebagai alat untuk menghitung aritmatika. Tetapi saat ini komputer bukan hanya digunakan untuk menghitung saja, lebih banyak digunakan untuk kebutuhan yang lebih berat seperti bermain game dan design grafis. Jadi hingga saat ini pengertian komputer secara umum semakin bergeser sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru.

Secara umum, saat ini pengertian komputer merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan oleh manusia dalam memenuhi segala kebutuhannya. Itulah sebabnya banyak jenis komputer yang diciptakan berdasarkan jenis kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Semakin pintarnya komputer yang diciptakan, sampai-sampai bisa mengalahkan kepintaran penciptanya.

Secara tidak sadar kalau saat ini banyak sekali kebutuhan kita yang dapat dipenuhi oleh perangkat komputer. Sebagai contoh kecil saat kita ingin bermain game, kebutuhan itu bisa dipenuhi oleh komputer dengan spesifikasi game. Apabila kita ingin mengerjakan pekerjaan kantor, komputer juga dapat membantu menyelesaikannya.

Pengertian komputer menurut para ahli

Setelah kita mengetahui pengertian secara umum, ada baiknya kita bandingkan pengertian komputer menurut para ahli yang telah terjun lama dan melakukan penelitian ilmiah tentang komputer. Di sini kami akan membahas 6 para ahli yang telah mengemukakan pendapatnya tentang definisi komputer berdasarkan penelitian ilmiahnya. Berikut ini pendapat para ahli tentang arti komputer.

  1. William & Sawyer

    Menurut ahli ini, komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram sehingga mampu menerima data seperti fakta dan juga gambar kasar kemudian melakukan proses dan manipulasi data ke dalam informasi yang dapat digunakan.

  2. V.C. Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky

    Menurut 3 para ahli ini pengertian komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat digunakan untuk menerima informasi digital. Komputer kemudian melakukan proses berdasarkan program yang tersimpan pada memori setelah itu menghasilkan output berupa informasi.

  3. Donald H. Sanders

    Berdasarkan pendapatnya, komputer itu merupakan serangkaian elektronik yang digunakan untuk memanipulasi sebuah data dengan proses yang sangat cepat dan tepat. Perangkat komputer ini dirancang atau diciptakan dan di operasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan melakukan penyimpanan data. Setelah itu data diproses sehingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan pada memori.

  4. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert, pengertian komputer ialah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sekaligus seperti menerima input, melakukan proses input, menyimpan perintah-perintah kemudian menghasilkan output yang berbentuk informasi.

  5. William M. Fiori

    Pendapat para ahli yang terakhir adalah dari william M. Fiori. Menurut dia komputer adalah suatu alat pemproses data yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat termasuk perhitungan aritmatika maupun logika. Semua proses yang dilakukan tersebut tidak ada campur tangan manusia.

Kesimpulan:

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan kalu pengertian komputer dapat di golongkan menjadi dua yaitu pengertian umum dan juga pengertian berdasarkan pendapat dari para ahli. Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang awalnya dapat melakukan perhitungan aritmatika, sekarang berkembang menjadi sebuah alat elektronik serba guna.

Baca juga

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!