Pengertian DNS Server, Sejarah dan Fungsinya

Sudiana SudianaIkuti 11 Oct, 2020 · 6 Menit Membaca
Pengertian DNS Server, Sejarah dan Fungsinya

DNS Server adalah sebuah server dengan teknologi yang dapat menterjemahkan IP address ke nama domain, atau dari nama domain ke IP address. Sesederhana itukah pengertian DNS server? Lalu sejarah dan fungsinya dalam jaringan internet itu apa? Semua akan kami ulas dengan lengkap pada tulisan kali ini. Tentunya akan memberikan kita pemahaman dan cara kerja sebuah browser memproses alamat domain menjadi sebuah halaman website.

Sebelum lanjut ke pengertian DNS server, mari kita mengetahui awal mula penggunaan DNS pada jaringan komputer. Pada awalnya dulu sebelum munculnya DNS, dalam untuk mengenali sebuah komputer dalam jaringan memakai file host.txt yang di dalamnya disini dengan informasi IP komputer dengan nama komputer. Penggunaan host.txt pada komputer sangat tidak efisien untuk semua pengguna karena harus mengetahui versi baru host.txt dari semua jaringan komputer. Karena itulah perlu adanya server yang mengatur tugas tersebut dan mengganti tugas dari file host.txt.

Pengertian DNS Server, sejarah dan fungsinya

Menggunakan internet dengan sering membuka situs website setiap hari kurang lengkap rasanya jika tidak tahu apa itu DNS server. Apalagi jika kita ingin membangun sebuah website menggunakan hosting gratis maupun hosting premium. Bukan hanya itu saja, pengguna blog gratis seperti blogger, wordpress, dll juga perlu tahu pengertian DNS server dan cara menggunakan DNS server. Setelah mengetahui sejarah perkembangan DNS server sebelumnya, kini saatnya mengetahui pengertian DNS server menurut fungsinya.

Apa itu DNS server?

DNS server merupakan singkatan dari Domain Name System Server. DNS Server adalah sebuah server yang berfungsi meneruskan perintah klien ke server yang dituju. Dalam proses ini, klien mengirimkan perintah berupa domain, kemudian DNS server akan menterjemahkan ke dalam sebuah IP address dimana server itu berada. Hal ini membuat klien server tidak perlu mengetahui IP address situs, cukup dengan mengetahui alamat domain situs tersebut.

Jadi sudah dapat kita simpulkan pengertian DNS Server adalah sebuah server yang bertugas menterjemahkan permintaan dari client dalam hal ini bisa komputer, browser, ataupun perangkat smartphone ke alamat server tujuan. Setelah di terjemahkan browser akan langsung dapat menampilkan data dari komputer server ke komputer client atau ke client browser.

Sejarah DNS Server

Untuk melengkapi dan memahami pengertian DNS server, perlu juga kita ketahui sejarah dari munculnya DNS Server. Diatasi sudah disinggung sedikit sejarah DNS server. Sebenarnya DNS server ditemukan oleh Paul Mockapetris pada tahun 1983. Pada awal ditemukan DNS masih menggunakan spesifikasi RFC 882 dan juga RFC 883. Kemudian pada tahun 1987 spesifikasinya dikembangkan ke RFC 1034 dan RFC 1035.

Sejak dulu, DNS server digunakan untuk komunikasi data yang luas melalui jaringan internet. Memang sebelum muncul DNS, file host.txt digunakan di seluruh komputer atau server yang terhubung dengan jaringan internet untuk memetakan IP address ke dalam sebuah nama domain. Karena ini dianggap sangat tidak efisien dan merepotkan, makanya diganti oleh DNS yang sangat simpel karena berada pada satu server.

Salah satu contoh penggunaan DNS server adalah saat kita mengakses situs google.com. Saat mengetik google.com pada browser Chrome, Chrome akan meneruskannya ke server DNS, dan DNS server akan menterjemahkan ke alamat IP server google dan meneruskannya ke alamat IP tersebut. Pada umumnya DNS server digunakan pada situs web, layanan email, dan juga private network.

Fungsi DNS server dalam jaringan internet

Saat DNS server mulai digunakan, pengguna internet semakin mudah melakukan komunikasi dengan sebuah web server. Mulai dari akses situs, management situs, dan lain-lainnya. Pengguna internet tidak perlu menghafalkan alamat IP dari sebuah server maupun situs. Yang perlu kita ketahui hanyalah alamat domain address dari situs tersebut. DNS biasanya mudah untuk diimplementasikan pada internet protokol kayak TCP IP.


dns server adalah


Secara umum, DNS server adalah perangkat komputer yang memiliki fungsi tersendiri di dalam jaringan internet. Beberapa fungsi DNS antara lain:

1. Melakukan identifikasi alamat web server dalam suatu jaringan internet

Fungsi DNS server yang utama adalah melakukan identifikasi alamat web server dalam sebuah jaringan internet global. Setiap komputer server, web server, tentunya terhubung dengan jaringan internet dan memiliki IP address sendiri sebagai identitas komputer server tersebut. DNS berfungsi melakukan identifikasi terhadap IP address dengan nama domain. IP address server komputer dipetakan menjadi bagian kecil yang terhubung di dalam jaringan internet global.

2. Menyediakan alamat IP untuk setiap webhost

Biasanya, setiap pemilik website memerlukan sebuh web-host supaya website miliknya dapat di akses oleh penggguna lainnya. DNS server akan mengidentifikasi alamat ip setiap web-host sehingga memiliki ip masing-masing. Setiap alamat ip web host atau server hosting tersebut sebelumnya sudah tercatat pada dns server sehingga tidak perlu repot mencari alamat ip sebuah hosting server.

3. Melakukan pendataan terhadap server email

Di dalam sebuah webhost terdapat kayanan web mail juga. Selain itu juga terdapat layanan web mail server tersendiri. DNS server ini bekerja setiap kali webmail mengirim maupun menerima email. Saat sebuah email dikirim oleh email klien, dns server akan meneruskan ke alamat email yang dituju. Jadi setiap kominikasi antar email dimonitor oleh DNS Server.

4. Mentranskripsikan domain menjadi sebuah IP address

Setiap situs website yang di host pada webhost pasti memiliki nama domain. Apakah anda tahu apa itu domain? Domain adalah sebuah nama yang menjadi identitas sebuah situs. Domain ini ditranskipkan oleh DNS Server menjadi ip address. Begitu juga sebaliknya. Dari ip address menjadi nama domain.

5. Mempermudah dalam mengakses sebuah situs

Apabila tidak menggunakan DNS, jaringan internet tidak akan bisa mengakses nama domain yang diketik pada browser. Contohnya jika ingin meng-akses situs google.co.id, apabila dns tidak bekerja, situs teraebut tidak akan bisa terbuka meskipun koneksi internet tidak bermasalah.

Kelebihan dan Kekurangan DNS Server

DNS server adalah perangkat yang sangat diperlukan dalam dunia internet. Tetapi tadi kita berbicara pengertian DNS server, sejarah maupun fungsinya dari segi positif. Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan DNS server? Berikut ini beberapa kelebihan DNS server ketika diaplikasikan pada jaringan internet antara lain:

  • Mempermudah dalam akses situs website atau blog.
  • Cara setting dan configurasi DNS Server mudah dilakukan di server hosting. Apalagi sekarang kebanyakan web hosting menggunakan Cpanel. Dalam Cpanel DNS sangat mudah sekali disetting.
  • Saat menggunakan DNS, nama domain tidak perlu dirubah meskipun ip web-host atau server hosting berubah.
  • Fitur gratis, pada umumnya free dns atau layanan DNS gratis disediakan oleh penyedia web hosting

Itulah beberapa kelebihan dari DNS Server yang dapat kita dikmati dengan gratis. Kelebihan ini sangat membantu pemilik situs website maupun pengguna website. Tetapi dibalik kelebihan, DNS juga memiliki kekurangan yang perlu anda ketahui antara lain:

  • Terdapat penyalahgunaan DNS server. Biasanya para hacker dalam hakcing website. Settingan DNS domain di direct ke halaman situs milik hacker. Hal ini tentunya sangat riskan dengan adanya fishing, pencurian akun, dll. Karena itu, perlu adanya proteksi DNSserver yaitu dengan menggunakan protokol HTTPS.
  • Terdapat keterbatasan dalam memilih nama domain. Terkadang domain yang kita inginkan sudah digunakan oleh orang lain.

Dalam penggunaan DNS Server, Setiap kekurangan jika disadari sebenarnya dapat di antisipasi lebih dini. Bagi pemilik situs professional perlu memikirkan keamanan DNS Server, karena keamaan sebuah DNS server adalah sesuatu yang penting disamping keamanan server hosting itu sendiri. Saya sarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia hosting atau membeli jasa membuat website agar keamanan dapat lebih ditingkatkan. Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk pribadi maupun perusahaan. Apabila anda berminat dapat menghubungi bagian Customer Service.

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!