Apa itu domain, pengertian fungsi dan jenis domain?

Tim Baguz Tim BaguzIkuti 11 Oct, 2020 · 7 Menit Membaca
Apa itu domain, pengertian fungsi dan jenis domain?

Domain adalah nama yang digunakan sebuah website sebagai identitas website tersebut di internet. Sekilas itulah pengertian domain yang dapat menjelaskan dan menggambarkan apa itu domain. Untuk lebih memperjelas lagi, kami akan memberikan penjelasan lengkap domain disertai fungsi domain dan jenis domain yang beredar saat ini. Untuk para pemula dalam bidang pembuatan website wajib mengetahui fungsi domain dalam penyebarannya di internet.

Domain sangatlah penting untuk sebuah website. Karena itu domain menjadi sasaran pertama sebelum membuat sebuah situs . Layaknya nama sebuah toko, sebelum toko kita dirikan, kita pasti memikirkan nama dari toko tersebut karena ini akan menjadi identitas toko kita nanti. Secara teknis dalam pembuatan website entah itu toko online, blog, maupun web perusahaan, kita harus memiliki domain, hosting serta konten atau isi dari website tersebut. Lalu apa pengertian domain?, dan apa itu hosting?

Kembali membahas masalah hosting, web hosting atau webhost, sudah kami jelaskan pada artikel lainnya. Silahkan membaca pengertian apa itu web hosting pada tulisan tersebut. Dalam tulisan ini, kami akan membahas pengertian domain, apa itu domain, dan apa jenis serta fungsi domain untuk kita.

Apa itu domain, pengertian fungsi dan jenis domain?

Di awal mungkin sudah dapat disinggung mengenai apa itu domain secara singkat. Lebih lengkapnya, pengertian domain adalah identitas yang digunakan oleh website di internet sebagai pengganti dari IP address web hosting dimana website itu berada. Dengan kata lain domain tersebut digunakan untuk mengidentifikasi IP address sebuah komputer server. Dalam perkembangannya, sebuah domain ini muncul bersamaan dengan diluncurkannya DNS server. Dimana DNS dan domain sangatlah berkaitan sangat erat, dimana DNS adalah sebuah server yang dapat menterjemahkan permintaan komputer klien yang berupa nama domain ke alamat ip server yang di tuju. lebih lengkapnya silahkan baca pengertian DNS Server.

Domain merupakan sebuah nama yang unik dan tidak mungkin ada domain yang sama digunakan oleh website yang berbeda. Dalam membeli domain, kita tidak akan bisa mendapatkan domain yang sudah dimiliki atau digunakan orang lain kecuali orang tersebut menjualnya kepada kita. Jadi sudah dipastikan kalau domain adalah hal pertama dan terpenting sebelum kita membuat sebuah website. Domain dapat kita beli pada domain registrar , domain reseller atau bisa juga dibeli pada perusahaan penyedia domain dan hosting di Indonesia.

Dalam sebuah nama domain, ada dua bagian yang perlu kamu pahami yaitu nama domain dan ekstensi domain. Di bawah ini contoh yang akan membuat kamu lebih mengerti apa itu domain. Dalam sebuah domain ada dua bahkan 3 bagian yaitu nama dan ektensi domain/TLD. Coba perhatikan contoh domain google.com di bawah.


pengertian domain dan tld


Dari contoh di atas, apakah kamu sudah mengerti apa itu domain dan ekstensinya? Perlu di ketahui nama domain itu bisa saja sama asalkan ekstensinya itu berbeda. Seperti nama domain baguz.net, baguz.biz, dan baguz.info . Dari ketiga nama itu jelas sama cuma ekstensinya yang berbeda. Saat kita ingin membeli domain, pastikan mengecek ketersediaan semua ekstensi. Karena ekstensi itu tidak terlalu penting, namanya-lah yang penting. Setelah itu apakah fungsi domain untuk website kita?

Fungsi domain untuk website kita

Sudah sedikit mengerti bukan pengertian apa itu domain? Selanjutnya apakah kamu tahu fungsi domain?. Seperti yang kita tahu kalau domain adalah sebuah nama yang menjadi alamat sebuah situs. Sebenarnya nama domain ini merupakan alias atau sebuah opsi dari pengenalan alamat IP address web hosting situs tersebut. Agar dapat dengan mudah di ingat oleh pengguna internet, makanya muncul sebuah nama domain yang dapat bekerja dengan DNS server.

Kurang lebih itulah fungsi utama dari sebuah domain. Dalam perkembangannya, domain bukan hanya digunakan oleh website saja, domain juga digunakan untuk membuat email pribadi, remote CCTV, dan lain-lain. Prinsip dan cara kerjanya hampir sama yaitu mempermudah untuk mengingat sebuah alamat server. Misalnya saja jika remote server menggunakan IP 31.31.87.34. kemudian di dalam setingan DNS server di setting sebuah domainku.com. Maka ketika mengetik domainku.com di browser, kita akan otomatis konek ke alamat IP tersebut.

Jenis - jenis ekstensi domain

Sebuah nama domain pastilah diikuti dengan ekstensi. Saat ini banyak ekstensi domain yang dapat kita pilih dengan harga yang bervariasi. Ekstensi inilah yang membedakan jenis domain yang ada. Lalu ekstensi domain itu apa ya?

Ekstensi domain adalah kata yang ada di belakang tanda titik setelah nama domain. Ekstensi ini juga disebut sebagai TLD atau Top Level Domain. TLD dibagi menjadi dua jenis yaitu gTLD yang merupakan global top level domain dan ccTLD yang artinya Country Code Top Level Domain. Contoh ekstensi yang tergolong ke dalam Global Top Level Domain seperti .COM, .NET, .ORG, .BIZ, dll. Sementara jenis ekstensi domain yang termasuk Country Code Top Level Domain adalah .co.id, .co.uk, .co.jp, dan banyak yang lainnya.

Jenis domain gTLD

Agar memperjelas masalah ekstensi domain itu apa, kami akan memberikan beberapa contoh umum dan penjelasanya. Berikut ini ekstensi gTLD (Global Top Level Domain) yang umum digunakan antara lain:

  • (dot) com atau disebut Comersial merupakan TLD untuk website komersial, umum, dan global. Ekstensi domain (dot) com adalah ekstensi yang sangat populer dan paling banyak dicari dibeli dan digunakan oleh pemilik website di seluruh dunia.
  • (dot) net atau disebut network merupakan domain yang dulunya digunakan oleh website atau perusahaan jaringan internet, tetapi sekarang sudah digunakan secara umum.
  • (dot) org atau Organisation merupakan ekstensi domain untuk sebuah website milik organisasi atau komunitas.
  • (dot) info atau information adalah ekstensi yang diperuntukan untuk website informasi seperti berita, tutorial, tips, dll
  • (dot) biz atau business adalah tld domain yang digunakan oleh lembaga usaha, atau website bisnis.

Sebenarnya masih banyak ekstensi atau gTLD domain lainnya seperti .xyz, .tech, .store, .tv, .Asia, dan dot-dot yang lain adalah ekstensi yang tergolong baru tetapi sudah banyak digunakan di seluruh dunia.

Jenis Domain ccTLD Indonesia

Sementara, untuk ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang ada di Indonesia dan sudah banyak digunakn oleh website di Indonesia seperti:

  • (dot) id adalah ekstensi domain top level untuk regional Indonesia. Hampir sama seperti (dot) com, cuma letaknya dikhususkan untuk wilayah Indonesia.
  • (dot) co (dot) id merupakan ekstensi ccTLD wilayah Indonesia yang diperuntukan untuk instansi, perusahaan, maupun lembaga komersial lainnya yang ada di Indonesia.
  • (dot) go (dot) id adalah ekstensi domain Indonesia yang hanya bisa digunakan oleh instansi pemerintah di Indonesia.
  • (dot) ac (dot) id merupakan ekstensi domain yang khusus untuk instansi pendidikan seperti sekolah, universitas, dan fasilitas pendidikan lainnya.
  • (dot) net (dot) id atau biasa disebut networking atau internet. Karena itu ekstensi domain seperti ini diperuntukan untuk perusahaan internet provider, jasa instalasi internet, dll.
  • (dot) or (dot) id atau disebut organisation di Indonesia. Jadi khusus digunakan oleh website organisasi atau komunitas di Indonesia.

Itulah beberapa jenis domain yang dikelompokkan berdasarkan jenis ekstensinya. Selain itu beberapa list di atasan adalah domain yang berbayar setiap tahunnya. Jadi sudah pasti saat membuat website kamu harus membayar biaya sewa hosting dan biaya domain setiap tahun. Karena banyak pemula yang membuat website gratis, mereka juga berfikir untuk mendapatkan domain gratis. Secara umum, penyedia hosting gratis untuk blog seperti wordpress, blogger , dll sudah menyediakan subdomain gratis, tetapi itu jelas mencerminkan kalau blog atau website kamu itu gratisan. Untuk domain gratis ada solusi untuk itu. Ada beberapa penyedia domain gratis yang akan membuat website atau blog kamu terlihat professional. Beberapa ekstensi domain gratis yang tersedia seperti .TK, .ML, .GA, .CF.

Sebenarnya list domain gratis di atas dapat kita gunakan apabila ingin membuat website dan blog tidak terlihat gratisan. Tetapi dari beberapa review pengguna domain gratis, kami tidak menyarankan penggunaan domain gratis untuk waktu yang lama. Karena bisa saja ranking yang kamu miliki di google akan hilang saat domain itu diambil lagi oleh penyedia domain gratis tersebut. Lebih baik bertahan dengan subdomain gratis, dan membeli domain setelah website atau blog kamu sudah menghasilkan.

Kesimpulannya:

Pengertian domain adalah sebuah identitas sebuah website. Jadi memilih domain dan beli domain harus benar-benar dipikirkan. Hal ini menjadi sebuah kunci kesuksesan kita di internet karena apabila nama atau domain berubah, tentunya akan membuat ranking kita di search engine akan hilang. Bertahanlah dengan domain yang kita miliki saat ini, karena umur dari sebuah domain juga menentukan kepercayaan pengguna di internet.

Bagaimana? Sudahkan kamu mengetahui pengertian domain dan apa itu domain sebenarnya? Serta fungsi menggunakan domain? Kami berharap penjelasan di atas dapat membuka pengetahuan kamu saat ingin membuat sebuah website baik itu toko online maupun blog atau website perusahaan.

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim Baguz
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan