Cara menghapus virus komputer tanpa install ulang

01 Nov, 2020 · 8 Menit Membaca

Apakah laptop, komputer kamu terinfeksi virus? Kami akan memberikan tips cara menghapus virus komputer, laptop atau netbook kamu dengan beberapa cara mudah tanpa melakukan install ulang. Tujuan kami memberikan tutorial ini agar semua pemilik komputer tahu cara mengantisipasi dan hapus virus otomatis. Jangan hanya bisa menggunakan saja, mengetahui cara merawat komputer dan laptop itu perlu dilakukan. Apabila komputer sudah terinfeksi barulah kita kebingungan bagaimana cara menghilangkan virus dengan pembersih virus.

Jaman multimedia seperti sekarang ini, siapa yang tidak kenal komputer, laptop, atau gadget lainnya? Tentu saja kamu dapat membaca artikel ini melalui handphone atau komputer. Bisa kamu bayangkan jika komputer kamu di infeksi oleh virus, semua pekerjaan kamu akan berantakan karena komputer yang berat dan data akan hilang. Menghindari virus itu mudah dilakukan, tetapi menghilangkan dan menghapus virus tanpa resiko kehilangan data itu tidak mudah dilakukan. Alhasil pasti banyak cara menghapus virus tanpa install ulang yang akan kamu coba. Kalau virus komputer ataupun malware yang menginfeksi itu level rendah mungkin mudah ditangani. Bagaimana jika virus tersebut sekelas Virus Ransomware? Pasti kamu kebingungan bukan?

Sebuah perangkat komputer yang terinstall software dan terhubung ke jaringan internet tentu sangat rentan terinfeksi virus. Virus bisa berasal darimana saja, bisa dari flashdisk, internet, maupun dari VPN server gratis. Kebanyakan orang menemukan jalan buntu dengan melakukan install ulang. Tetapi itu hanyalah jalan akhir saat anti virus dan cara di bawah tidak dapat menghapus virus komputer di PC atau laptop. Sebelum melanjutkan cara menghilangkan virus, kami ingin kamu tahu apa itu virus? Apa saja jenis virus?

Mengenal apa itu virus komputer?

Virus adalah sebuah program jahat yang masuk ke sistem komputer. Program jahat atau biasa disebut program perusak ini dapat merusak software, memperlambat kinerja komputer, mencuri identitas, serta merusak hardware. Sebenarnya virus komputer di ciptakan layaknya sebuah virus flu yang dapat menyebar dengan cepat melalui komputer ke komputer lainnya. Virus komputer dapat membelah dan mereflikasi dirinya menjadi banyak bagian sehingga penyebarannya sangat cepat.

Melihat definisi apa itu virus di atas, tentu sangat menakutkan bukan?. Seandainya saja kita dapat menghilangkan virus komputer tanpa perlu install ulang dan tanpa resiko kehilangan data layaknya virus flu, tentu tidak akan mengkhawatirkan buat kamu. Tinggal pergi ke dokter dan minum obat, kamu pasti sembuh. Lalu untuk virus komputer obat untuk hapus virus-nya itu apa ya? Memang agak sulit jika komputer atau laptop kita sudah terinfeksi virus, apalagi biasanya virus itu menginfeksi sekaligus menonaktifkan bagian yang sulit untuk diperbaiki terutama pada registry yang di-disable oleh virus. Misalnya System restore (tidak bisa mengakses Restore), Shutdown (tidak bisa shutdown), Hidden Folders (tidak bisa buka file yang di-Hidden).

Serangan virus memang sangat sulit di cegah, karena virus menyusup ke komputer atau laptop kamu secara diam-diam hingga kita tidak sadar kalau laptop kita sudah terkena virus. Semakin banyaknya virus yang masuk semakin krodit laptop yang kita pakai. Dari yang semakin lambat sampai yang tidak bisa hidup sama sekali. Lalu bagaimana cara menghapus virus komputer atau laptop yang sudah terinfeksi virus tanpa perlu install ulang. Di sini kami akan mencoba memberikan tutorialnya untuk kamu. Dengan mengikuti tutorial ini, tentu virus di komputer dan laptop akan menjadi bebas dari virus secara keseluruhan.

Cara menghapus virus komputer atau laptop dengan mudah tanpa perlu install ulang

Seperti yang dijelaskan di atas, virus komputer adalah hampir sama dengan virus flu pada manusia. Jadi penyebarannya sangat cepat melalui berbagai macam media. Karena itu komputer siapa saja bisa terkena virus apabila digunakan tanpa meng-install antivirus. Awal mula infeksi virus komputer memang tidak kita ketahui, tetapi jika ada antivirus yang terinstall pasti anti virus itulah yang akan mendeteksi lebih dini adanya virus yang masuk.

Setelah kita sadar kalau virus komputer menginfeksi komputer kita, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghapus virus tersebut dan membersihkannya tanpa kehilangan data. Cara ini merupakan cara umum yang digunakan oleh banyak orang tetapi tidak semua tahu kalau semuanya dilakukan dapat meminimal resiko kehilangan file di komputer. Cara pertama adalah mengunduh anti virus dan meng-install di komputer atau laptop, dan cara lainnya adalah dengan menggunakan tool windows. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Menginstall sebuah program Antivirus


Contoh antivirus yang menghapus virus komputer sehingga tanpa install ulang


Apabila PC komputer atau laptop kita tidak terinstall anti virus, tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari anti virus terbaik dan meng-install ke komputer kita. Cara menghapus virus komputer dan laptop yang paling mudah dilakukan adalah dengan download anti virus terbaik. Hal ini banyak dilakukan oleh pengguna setelah tahu komputer terinfeksi virus.

Memang sebenarnya penanganan dengan menginstall antivirus setelah laptop terinfeksi virus komputer sangat kurang efektif. Seharusnya antivirus digunakan untuk menanggulangi infeksi virus ke komputer. Tetapi setidaknya cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan ampuh dalam menghapus virus otomatis di laptop. Karena Program antivirus secara otomatis mengenali file-file yang terinfeksi serta menghapus file virusnya.

Ada banyak sekali antivirus yang di sediakan secara gratis yang bisa kamu download sendiri di internet. Setelah memiliki antivirus, kamu perlu melakukan scan atau pemindaian awal untuk mendeteksi virus dan jika ditemukan, maka harus segera dihapus. Dan alangkah baiknya apabila kamu menyatukan antivirus luar dengan antivirus lokal. Saat ini virus-virus lokal sudah banyak beredar di sekitar kita. Jika dengan cara scan antivirus ini tidak berhasil, jangan khawatir karena masih ada banyak cara untuk bisa menghapus virus di laptop.

2. Menghapus Virus Komputer dengan cara menggunakan Command Windows

Menghapus virus komputer menggunakan command windows adalah cara menghentikan aktivitas virus di memory RAM komputer kita. Ini merupakan cara awal menghentikan aktivitas virus sebelum menghapusnya. Terkadang aktivitas dirusak susah terdeteksi karena menginfeksi program terpercaya yang digunakan oleh windows. Karena itu kita harus jeli mengetahui program mana yang terinfeksi dan menghentikan prosesnya. Setelah itu barulah kita harus virus tersebut di Drive C.

Cara menghapus virus komputer tanpa install ulang menggunakan fitur dari Task Manager dapat dilakukan dengan menekan tombol ‘Ctrl+Alt+Del’ untuk menampilan Windows Task Manager. Setelah Windows Task Manager terbuka, masuk ke bagian Processes, kemudian klik User Name untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat ada bagian yang mencurigakan atau tidak.

4. Mematikan startup yang otomatis berjalan saat komputer dihidupkan.

Apakah kamu tahu kalau virus itu berjalan sejak komputer dihidupkan. Biasanya virus atau file yang terinfeksi virus akan mulai secara otomatis saat startup windows. File virus atau file yang terinfeksi virus ini tentu berjalan dan berkembang di komputer dengan cepat. Karena virus berjalan sejak komputer hidup, karena itulah komputer akan menjadi berat dan loading nya sangat lambat.

Loading virus ke memori biasanya berupa ‘EXE file’. Langkah ini untuk mencegah virus menyebar terlebih dahulu lewat memori kita. Matikan semua file ‘EXE’ yang loading di memori berdasarkan [user name]. Jangan mematikan file dengan kategori System, Local Service, dan Network Service, karena bisa membuat sistem komputer atau laptop kamu mengalami gangguan atau Freeze.

5. Nonaktifkan virus di startup

Untuk menon-aktifkan virus agar tidak ter-loading ke memori, Anda harus menghentikannya di startup. Caranya dengan menggunakan perintah ‘msconfig’ dengan cara klik menu Stаrt>Run> msconfig. Atau bisa juga dengan cara menekan Windows+R. Setelah itu akan tampil System Configuration Utility. Lalu pilihlah Startup, dalam hal ini, jika Anda tidak mengerti mana proses loading virus atau bukan, sebaiknya pilih Disable AƖƖ.

6. Cara Hapus file virus komputer lewat fitur search windows

Cara ini dapat membantu kita apabila kita tahu file virus atau file yang terinfeksi virus. Caranya sangat mudah yaitu dengan klik menu Stаrt > Search, lalu carilah file ‘EXE’ virus yang sebelumnya loading di memori atau startup. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.

7. Cara Hapus virus dari System Registry

Untuk menghapus virus komputer tanpa install ulang dari registry, anda dapat menggunakan perintah ‘REGEDIT’ untuk mengubah dan menghapus virus dari registry Anda. Caranya dengan masuk ke Stаrt>Rυn>regedit. Lalu ke menu Edit pilihlah Find (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin Anda hapus (contoh: virus.exe), lalu pilih Find Next. Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol ‘F3’ atau di menu pilih Edit terus Find Next. Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan Anda menghapus semuanya sampai bersih, dalam arti registry laptop bebas dari loading virus tersebut.

Apabila semua cara menghapus virus komputer tanpa install ualng di atas masih belum ampuh, anda bisa coba menggunakan program lain seperti CProcess, Hijack This, Ccleaner, dan antivirus lain buatan luar dan lokal. Yang dimaksud antivirus lokal adalah antivirus buatan Indonesia seperti Smadav. Sedangkan antivirus buatan luar adalah antivirus seperti Norton, Kaspersky, AVG, Avast, dll.

Biasanya menghapus virus komputer saat sudah terinfeksi virus sangatlah sulit. Itu tergantung dari jenis virus dan tingkat kerusakan yang sudah terjadi di laptop. Untuk tahap akhir anda bisa melakukan install ulang komputer atau laptop anda. Menghapus virus komputer dengan install ulang ( clean install ) memang terbukti ampuh. Hal ini karena sistem windows lama akan diganti dengan baru. Karena itu, tidak mungkin ada virus lagi yang ada di komputer kecuali CD installer sudah terinfeksi virus.

Kesimpulannya :

Virus komputer memang sebuah program yang merusak sistem komputer atau laptop. Karena itu, kami sarankan untuk mendownload antivirus terbaik, meng-install di komputer untuk mengantisipasi infeksi virus komputer. Apabila sudah terlanjur terinfeksi, cara menghapus virus komputer di atas dapat dibantu dengan program tambahan seperti Hijack this, CC Cleaner, dll. Program tersebut bertindak sebagai pembersih virus yang terbukti sukses mendeteksi dan menghapus virus komputer.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!