Potensi bahaya menggunakan VPN gratis dalam berinternet

01 Nov, 2020 · 6 Menit Membaca

VPN gratis merupakan layanan yang ditawarkan banyak penyedia di internet dan menarik minat banyak orang. Tetapi perlu juga kamu pertimbangkan bahwa adanya potensi bahaya yang dapat di timbulkan saat menggunakan VPN gratis dalam berinternet sehari-hari. Ini adalah resiko yang harus kamu tanggung jika memakai produk gratis. Kami tidak bilang kalau layanan gratis ini tidak baik, tetapi lebih mengajak kamu untuk lebih berhati-hati apabila ingin berinternet dengan menggunakan VPN gratis. Dengan adanya penjelasan yang akan kami berikan, kami harap dapat menambah pengetahuan kamu tentang VPN Server lebih mendalam.

Sudah tidak dipungkiri, sesuatu layanan yang berbau gratis memang banyak dicari dan digunakan di Indonesia. Salah satunya adalah VPN gratis. Kami selalu menganjurkan untuk memakai VPN premium tetapi tidak melarang penggunaan free VPN server. Setiap produk gratis tentu tidak akan sama kualitasnya dengan yang berbayar atau VPN premium. Sebaik - baiknya VPN gratis, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi tetap tidak sebaik VPN premium. Itu dapat kamu rasakan apabila sudah pernah mencoba layanan VPN berbayar.

Apakah Free VPN Server itu?

Free VPN server adalah sebuah layanan virtual private network yang disediakan oleh perusahaan VPN untuk tujuan promosi terhadap produk VPN premium. Setiap perusahaan yang menyediakan free VPN server tentunya tidak mau rugi karena setiap VPN server tentunya memerlukan sebuah Virtual Private Server. Bagi yang belum tahu apa itu VPS (virtual Private Server), silahkan baca pada artikel kami sebelumnya.

Melihat kenyataan tersebut tentunya ada biaya untuk pemeliharaan free VPN server. Lalu darimana penyedia VPN mendapatkan biaya pemeliharaan server? Ini tentu tidak dapat dijelaskan secara lengkap. Hanya penyedia layanan VPN gratis-lah yang dapat menjelaskan hal tersebut. Sebagai pengguna, banyak asumsi yang berkaitan dengan biaya pemeliharaan server yang harus ditanggung penyedia free VPN server. Asumsi ini memunculkan adanya beberapa potensi bahaya menggunakan VPN gratis yang kemungkinan bisa terjadi.

Potensi bahaya menggunakan VPN gratis

Kebenaran akan potensi bahaya ini bisa saja terjadi. Tetapi kamu mungkin tidak akan tahu secara langsung karena semuanya dapat berjalan di belakang layar. Setiap penyedia layanan VPN gratis terbaik pasti memikirkan biaya pemeliharaan agar layanan gratis tetap tersedia. Dilihat dari sisi bisnis, sebuah penyedia tidak akan mau rugi hanya dengan menyediakan fitur gratis dari sebuah VPN. Mereka perlu biaya operasional untuk itu. Lalu dari mana biaya itu mereka dapatkan? Itulah yang menjadi pertanyaan pengguna VPN gratis.

Mengingat banyaknya pertanyaan masalah biaya operasional penyedia VPN gratis, tentunya ini akan menimbulkan adanya potensi bahaya menggunakan VPN gratis bagi kamu. Bagaimana tidak, kita saja yang menggunakan internet harus membayar setiap bulan, tetapi VPN gratis malah memberikan layanan gratisnya terus menerus. Itu merupakan pemikiran yang logis untuk pengguna yang sudah melek dengan pengertian apa itu VPN Server. Berikut ini beberapa potensi bahaya yang harus kamu waspadai saat menggunakan VPN gratis.

1. Menyerahkan data pribadi kamu kepada pihak ketiga.

Sebuah kemungkinan buruk yang perlu dipertimbangkan adalah masalah data pribadi. Secara langsung penggunaan internet lewat VPN gratis pasti akan membuat kamu tetap anonim (tidak terlihat) layalnya sebuah proxy server. kamu dan data pribadi mungkin tidak dapat dilihat oleh ISP, hacker, dll. Tetapi tahukah kamu kemungkinan saja data pribadi kamu dapat dilihat oleh penyedia free VPN server?

Data pribadi pengguna VPN gratis yang di dapat oleh penyedia VPN dapat dipergunakan untuk kepentingan bisnis mereka. Bisa saja data tersebut diperjual belikan untuk mendapatkan kompensasi dari pemberian layanan free VPN server. Hal ini tentu sangat membahayakan kamu. Apalagi dalam hal penggunaan VPN gratis untuk kepentingan perbank-kan, akun penting, dll.

2. Menjual hak akses data ke pihak ketiga

Bahaya yang mungkin tidak kamu sadari adalah praktik penjualan hak akses ke data pribadi yang terdapat di VPN server. Hal ini akan mengijinkan pihak ketiga melihat data pribadi kamu di internet. Pengalaman yang pernah kami alami adalah mengalami hal aneh setelah memasukkan data kartu kredit ke sebuah situs. Kami merasa heran kenapa data kartu kredit saya bisa ditemukan oleh perusahaan yang tidak saya kenal. Hampir saja semua uang saya hilang.

Itulah pentingnya mempertimbangkan untuk memilih VPN gratis terbaik atau bahkan beralih ke VPN premium yang menjamin kerahasiaan data kamu. Saat ini kami sudah berlangganan VPN premium yang terbaik. Setelah itu data kami sangat aman dan tidak dapat dilihat oleh siapa pun termasuk penyedia VPN. Sebenarnya masih banyak potensi bahaya lainnya saat menggunakan VPN gratis seperti Malware, dan legal risk.

3. Malvertising / penyebaran malware

Malvertising adalah proses penyaluran Malware ke perangkat komputer yang menggunakan free VPN server. Ini merupakan sebuah cara efektif sebuah penyedia layanan VPN gratis untuk mengirim file Malware lewat koneksi internet. Masalah ini sudah diteliti dalam studi CSIRO tentang free VPN server, serta beberapa artikel yang dipublikasikan di WIRED.

Malversting merupakan masalah yang sangat besar dalam dunia VPN gratis. Di mana saat kamu mengakses situs web melalui VPN, secara tidak sadar virus atau Malware sudah masuk ke komputer kamu. Perangkat lunak Malware mencangkul semua masalah besar dalam jaringan internet. Beberapa software perusak yang bisa masuk melalui jaringan VPN server seperti virus komputer, Trojan, worm, adware, dan spyware. Software perusak ini dapat terinstall secara otomatis dan melewati firewall melalui jaringan VPN.

4. Pengalihan iklan pada situs website

Sebenarnya ini masih terkait dengan infeksi adware pada komputer kita. Saat adware masuk melalui jaringan VPN server, saat kita membuka situs web, kadang akan muncul iklan yang diinginkan oleh pemilik adware. Hal tersebut bisa saja tidak merugikan kamu tetapi terkadang dapat memberatkan sistem komputer multimedia kamu. Akhirnya, trik menghapus virus di komputer perlu kamu lakukan agar komputer dapat berjalan dengan lancar.

Selain melalui infeksi virus, terkadang juga di inject secara langsung melalui server vpn gratis. Iklan yang muncul ini merupakan mitra dari penyedia VPN tersebut. Ini mungkin tersedia juga di akun VPN server premium. Hal seperti ini merupakan akal-akalan penyedia VPN supaya mendapatkan penghasilan melalui layanan VPN gratis.

5. Legalitas

Saat menggunakan sebuah layanan, tentu kita menanyakan kelegalitasannya. Hal ini merupakan sebuah konsekuensi terhadap hukum yang berlaku di Indonesia saat menggunakan VPN gratis. Dalam beberapa tahun belakangan ini, memang banyak diperdebatkan adanya kebenaran tentang free VPN server. Ini kami pantau pada beberapa situs komunitas, forum, sosial media teknologi.

Kami menemukan kebanyakan layanan free VPN server menyatakan kalau identitas kamu tidak akan terlihat saat menggunakan VPN gratis. Tetapi ketika terdapat penyalahgunaan VPN server untuk mengakses situs terlarang, ilegal atau tidak pantas, penyedia dapat mengidentifikasinya. Jadi VPN gratis sepenuhnya tidak anonim. Masih bisa dilihat oleh penyedia layanan free VPN server.

Kesimpulan:

Sebenarnya masih banyak potensi bahaya saat memakai VPN gratis pada perangkat kita. Cuma kebanyakan pengguna tidak menyadari akan hal itu. Kami memang tidak memojokkan VPN gratis, tetapi lebih mengedukasi pengguna VPN gratis agar lebih bijak dalam memilih, pintar menentukan kapan harus berganti ke layanan VPN premium. Memang banyak di luar sana VPN gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk keperluan internet ringan. Apabila memang tujuan menggunakan VPN untuk kepentingan yang lebih memerlukan keamanan seperti berbelanja, transaksi keuangan, lebih baik memakai layanan premium.

Free VPN server adalah sebuah server yang sama dengan server premium. Cuma fiturnya dikurangi karena layanannya gratis. Tetapi dibalik layanan yang gratis pasti ada sesuatu yang menjadi alasan penyedia memberikan VPN server secara cuma-cuma. Terus terang saja, kami juga masih suka pakai VPN gratis, tetapi hanya untuk sekedar browsing dan membuka situs yang diblokir oleh provider seperti Indihome. Bukan cuma VPN gratis, kami juga memiliki VPN premium yang kami gunakan untuk akses internet yang memerlukan keamanan tinggi.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!