Apakah semua tipe hp bisa wireless charger?

03 Nov, 2020 · 3 Menit Membaca

Apakah semua handphone bisa menggunakan wireless charger? Pertanyaan ini memang banyak di kemukakan oleh banyak orang mengingat fitur ini sangat menarik karena kita dapat melakukan pengisian baterai hp hanya dengan menaruhnya di atas docking charger atau charger pad. Padahal sebenarnya fitur wireless charger hanya tersedia pada smartphone premium. Jadi secara singkat dapat di jawab kalu wireless charger hanya tersedia pada merek handphone tertentu.

Apabila memang kamu menginginkan fitur ini terdapat pada hp kamu, coba deh menggunakan komponen tambahan di smartphone kamu, pasti bisa mencoba fitur charging tanpa kabel. Wireless charger dapat tersedia untuk semua tipe smartphone selama mengikuti tutorial mengubah hp biasa menjadi support wireless charger.

Cara kerja wireless charging

Seperti yang kita ketahui kalau wireless charging itu merupakan cara mengisi baterai smartphone tanpa menggunakan kabel. Jadi kita nggak perlu ribet lagi mencolokkan kabel charger ke hp kita, tinggal menaruh hp di atas tatakan wireless charger. Secara otomatis baterai hp akan terisi walaupun tidak ada kabel yang terhubung ke smartphone kita.

Secara teknis cara kerja wireless charger menggunakan gelombang elektromagnetik bolak balik. Charger wireles biasanya memiliki tatakan tempat menaruh hp. Pada tatakan ini terdapat minimal 1 koil induksi. Koil inilah yang menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat menghantarkan arus listrik tanpa kabel.

Begitu juga pada smartphone yang bertindak sebagai penerima arus listrik tentu juga memiliki kumparan penerima di dalamnya. Kumparan inilah yang akan menerima gelombang yang di pancarkan oleh charger wireless dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat mengisi daya baterai smartphone. sepertinya sangat simpel dan jelas di terangkan cara kerjanya. Secara umum smartphone yang ada di pasaran tidak memiliki kumparan penerima jadi tidak semua hp android bisa menikmati dan menggunakan wireless charging.

Saat ini terdapat beberapa standar yang digunakan dalam pengisian daya nirkabel atau wireless charger. Salah satu standar yang banyak di gunakan adalah QI. Standar ini sudah banyak didukung oleh smartphone premium seperti merek Apple, Samsung, Google, Nokia, dan yang lainnya.

Smartphone yang support Wireless Charger

Hp Merk Samsung

  • Samsung Galaxy S10, S10+, S10e, S9, S9+, S8, S8+, S7, S7 Edge
  • Samsung Galaxy Note 5, Note 8, Note 9

Hp Merk Apple

  • Apple iPhone: XS Max XS, XR, 8, 8 Plus

Hp Merk Google

  • Google Pixel 3 dan Pixel 3XL
  • Nexus 6, Nexus 5

Hp Merk LG

  • LG G8 ThinQ, G8s ThinQ and V50 ThinQ G7 ThinQ, V30, G6 (US), G4 (optional), G3 (optional), LG V40 ThinQ

Hp Merek Huawei

  • Huawei P30 Pro, Mate 20 Pro

Hp Merk Nokia

  • Nokia 9 PureView, 8 Sirocco

Hp Merk Sony

  • Sony Xperia XZ3, Sony Xperia XZ2, Xperia XZ2 Premium

Hp Merk Xiaomi

  • Xiaomi Mi 9 and Mi 9 Explorer

Hp Merk Microsoft

  • Microsoft Lumia 1520, 1020, 920, 928, 929, 930

Hp Merk Blackbery

  • BlackBerry Priv

Mungkin masih banyak samrtphone yang support wireless charger belum kami sebutkan karena perkembangan peroduk baru smartphone berkembang sangat cepat. Beberapa ponsel di atas bisa support dengan wireless charger karena sudah terpasang buil-in. Untuk tipe lainnya memerlukan tambahan receiver ataupun casing yang memiliki kumparan yang dapat menerima gelombang elektromagnetik dari charger wireless.

Sebenarnya tidak semua smartphone dapat menggunakan wireless charging, tetapi keterbatasan ini bisa di akali menggunakan adaptor universal yang di jual bebas di pasaran. Dengan bantuan peralatan atau komponen tambahan ini dapat mengubah hp yang sebelumnnya tidak bisa wireless charger menjadi support dengan wireless charger.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!