Cara mengubah hp biasa menjadi support wireless charger

04 Nov, 2020 · 4 Menit Membaca

Kamu ingin mengubah hp biasa menjadi support wireless charger? kamu bisa menggunakan trik ini hanya bermodalkan 100 ribu, sudah bisa buat smartphone android biasa menjadi smartphone premium yang bisa mengisi daya nirkabel. Cara ini tentu sangat menguntungkan apalagi kita hanya mengeluarkan sedikit uang sudah bisa memasang fitur wireless charging pada handphone kita. Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, apabila cocok dan sesuai dengan ekspektasi kamu, silakan dilanjutkan. Apabila tidak sesuai harapan, bisa membuangnya. Toh juga rugi cuma di bawah 100 ribu.

Sesuai hasil penelusuran kamu, wireless charger merupakan teknologi terbaru yang di sematkan pada smartphone menengah ke atas dan ponsel premium. Ada beberapa smartphone yang support dengan wireless charging. Jadi tentu saja fitur wireless charger tidak tersedia untuk semua hp, apalagi jika hp kamu di bawah 2 juta. Untuk itulah diperlukan trik agar handphone biasa bisa support wireless charger. Cara ini dapat diterapkan pada semua tipe hp atau smartphone.

Cara membuat Hp biasa jadi support wireless charger

Wireless charger merupakan alat yang dapat berfungsi untuk mengisi baterai smartphone tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Fitur ini tentunya memerlukan adanya peranan kumparan yang terdapat pada wireless docking dan juga kumparan penerima yang terdapat pada smartphone. Apabila hp kita tidak memiliki kumparan penerima di dalamnya, tentu tidak support dengan wireless charging. Untuk itulah, cara yang bisa kita lakukan agar hp biasa bisa men-support wireless charging adalah dengan membeli alat tambahan yang dapat dipasang pada smartphone kita. Untuk kamu yang punya hp biasa, dapat membeli 2 alat yang kisaran harganya di bawah 100 ribu. Berikut ini alat yang harus di beli antara lain:

1. Wireless charging forward receiver for smartphone


wireless charging forward receiver untuk hp biasa


Wireless charging forward receiver merupakan alat yang dapat dipasang di smartphone/hp kita. Alat ini memiliki konektor yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan tipe konektor hp yang kamu miliki. Apabila menggunakan port micro usb beli wireless charging receiver yang menggunakan konektor micro usb. Begitu juga dengan hp yang pakai port tipe c, beli yang tipe c. Alat ini merupakan alat yang berfungsi sebagai penerima gelombang electromagnetik yang dikeluarkan oleh wireless charger. Di pasaran, dijual wireless charging forwader yang menggunakan standar QI. Harganya di kisaran 25 ribu sampai dengan 50 ribu. Setiap penjual pastinya menjual dengan harga yang berbeda-beda. Pintar-pintarlah memilih agar mrndapatkan produk yang original. Kamu bisa membelinya di online shop seperti shopee, bukalapak, Tokopedia, dan yang lainnya.

2. Wireless Charger Pad


wireless charging forward receiver hp biasa


Alat yang kedua yang harus kamu beli disebut sebagai Wireless Charger Pad. ini merupakan alat yang mengubah tegangan listrik menjadi gelombang elektromagnetik. Gelombang inilah yang dapat ditangkap oleh kumparan yang terpasang pada hp/smartphone dan mengubahnya kembali menjadi daya untuk mengisi baterai hp.

Wireless charger pad dapat kamu beli dengan kisaran harga antara Rp.30 ribu sampai dengan Rp.50 ribu di ecommerce di indonesia. Alat ini biasanya juga di jual satu paket dengan wireless charging forward receiver for smartphone. Setelah membeli kedua alat tersebut barulah kita masuk ke tahap eksekusi cara memasang dan menggunakannya pada hp biasa agar support wireless charger.

Cara memasang alat wireless charger ke hp biasa

Sebelum memasang pastikan kamu membeli alat yang kompatibel dengan smartphone kamu. Hal yang terpenting adalah konektornya sesuai dengan jenis port hp. Entah itu menggunakan micro USB atau USB type C. Jika sudah sesuai, mari kita lanjut ke tahap pemasangan komponen yang sudah di beli.

  1. Pasang alat Wireless Charging Forward Receiver ke smartphone dengan memasang colokan ke port di Hp yang biasa digunakan untuk charge hp.
  2. Lipat bagian yang berlogo signal ke bagian belakang hp dan menutupnya dengan silicon case atau softcase agar tidak meluber ke luar.
  3. Memasang alat wireless pad dengan charger Hp.
  4. Colokan Charger hp ke sumber listrik.
  5. Taruh hp kamu yang sudah dipasang wireless charging forward receiver di atas wireless pad.
  6. Lihatlah apakah indikator charge pada hp muncul atau tidak. Jika tidak, Pastikan dulu kalau kepala charger sudah terpasang dengan baik ke sumber daya listrik.
  7. Apabila semua berjalan lancar, kamu sekarang dapat mengubah hp biasa menjadi support wireless charging.

Kesimpulan

Hp yang bisa dijadikan support wireless charge biasanya smartphone android yang memiliki port charger type c dan micro usb. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lebih baik membeli kedua alat di atas dalam satu paket atau satu merk. hal ini disebabkan karena setiap wireless charging memiliki standar yang berbeda. Meskipun kebanyakan wireless charger menggunakan standar QI tetapi tidak menututp kemungkinan kompatibilitas komponen berbeda-beda.

Cara di atas dapat mengubah hp biasa menjadi support wireless charging layaknya handphone premium. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan apakah memiliki dampak negatif terhadap baterai hp kamu atau tidak. Karena terkadang apabila input daya untuk setiap ponsel memiliki besaran yang berbeda. Jangan sampai tegangan yang di hasilkan oleh wireless charging forwaded pad lebih besar dari standar hp kamu.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!