Cara cek windows 10 orginal atau crack

05 Nov, 2020 ยท 3 Menit Membaca

Apa kamu punya laptop atau komputer menggunakan windows 10 di rumah?, Apa kamu pernah mengecek apakah windows 10 yang terinstall tersebut menggunakan produk original atau hasil crack? jika belum, kamu bisa mencoba cara ini agar mengatahui apakah operating system windows 10 yang kamu gunakan asli/original atau hasil crack. Terkadang hal ini bisa saja kamu lewatkan saat membeli komputer yang sudah tinggal pakai ataupun laptop yang sudah terinstall windows. Padahal mengetahui apakah software yang kita gunakan itu asli atau tidak itu sangat penting sekali. Mengingat banyak sekali keuntungan yang dapat kita nikmati apabila menggunakan windows original.

Perlu kamu ketahui kalau operating windows 10 sudah digunakan lebih dari 800 juta pengguna. Tetapi hampir sebagian dari jumlah tersebut tidak menggunakan windows original. Kami berharap bagi kamu yang telah mengetahui kalau windows yang digunakan tidak original, mulai beralih menggunakan lisensi key original. Karena jika kamu menggunakan windows asli tentunya akan mendapatkan fitur yang luar biasa seperti update terbaru, kekebalan terhadap virus, serta dukungan driver terupdate.

Cara cek Windows 10 original atau hasil Crack

Jika melihat dari menu settings โ€“> Update & Security โ€“> activation belum cukup untuk menyatakan kalau windows 10 yang digunakan itu original. Karena terkadang aktivasi menggunakan program pihak ketiga atau crack akan tetap terlihat kalau windows telah teraktivasi dengan sukses. Cara lainnya yang sudah cukup ampuh membuktikan adalah lewat command prompt atau leawat RUN.

Terkadang banyak orang juga melakukan pengecekan status windows yang sudah teraktivasi merupakan windows original. Mungkin hal tersebut bisa di lihat dengn klik kanan pada This PC dan memilih properties. Maka di bagian bawah akan terlihat kalau windows is activated itu artinya telah teraktivasi dengan sukses. Tetapi sekali lagi cara ini kurang akurat mengingat software activator windows 10 seperti kmspico bisa melakukan hal tersebut. Itu artinya belum tentu juga kalau windows tersebut sudah original.

Untuk hasil yang akurat dalam menentukan windows itu original atau hasil dari software crack dapat mengikuti tutorial berikut ini menggunakan fitur RUN di Windows.

  1. Buka menu RUN lewat perintah logo Windows + R di keyboard

  2. Ketikan perintah slmgr.vbs /dli pada kolom RUN terus tekan ENTER di keyboard untuk menampilkan Informasi lisensi yang digunakan pada windows 10. Kata slmgr merupakan perintah untuk memanggil โ€œSoftware License Managerโ€, dan vbs tersebut untuk memanggil โ€œVisual Basic Scriptโ€.

  3. Tunggu beberapa saat sampai jendela pop-up warna putih muncul di layar dan memberikan beberapa informasi tentang lisensi windows 10 yang telah terinsall.

Apabila pada popup tertuliskan name, description, partial product key, dan license status itu licensed, berarti windows yang digunakan itu original. Jika kamu menemukan tulisan lain seperti Volume_KMSClient, Sudah bisa dipastikan kalau windows kamu di aktivasi menggunakan program activator atau crack. Coba perhatikan contoh jendela pop-up di bawah.

Windows original


cek windows 10 original di jendela pop-up


Dari sini sudah bisa dilihat dengan jelas pada pop up windows script host kalau windows tersebut menggunakan lisensi original dan sudah teraktivasi dengan sukses

Windows Crack/ Tidak Original

Jika windows tidak original atau dengan kata lain menggunakan crack atau program activator, maka hasilnnya akan seperti ini


windows non original/crack setelah pengecekan


Itulah cara ampuh mengetahui mana windows original dan mana yang menggunakan crack. Sebenarnya sih terlihat sama saja kalu digunakan. Tetapi apabila kita lihat fiturnya lebih dalam lagi, tentu windows original dan hasil crack memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Apabila kamu belum pernah mencoba menggunakan produk original pastinya tidak mengetahui secara pasti apa saja perbedaanya.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!