VPN Gratis terbaik untuk komputer windows, kelebihan-kekurangannya

13 Oct, 2020 · 15 Menit Membaca

VPN server adalah bagian yang menjadi penting dalam sebuah jaringan untuk keamanan, anonimitas, membuka blokir, dan kecepatan yang stabil pada komputer windows. Saat ini kita dapat memanfaatkan layanan VPN gratis terbaik hanya untuk anonimitas, dan membuka situs yang diblokir oleh operator. Layanan gratis ini yang banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia terutama yang mengakses internet melalui komputer dengan operating sistem windows. Setiap layanan free VPN pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi bukan berarti semua VPN gratis itu jelek. Nyatanya masih banyak yang menggunakan VPN gratis dan VPN premium untuk berbagai kepentingan. Memang banyak alasan penggunaan VPN di kalangan masyarakat. Salah satu yang umum adalah untuk membuka blokir internet positif atau disebut trust+positif.

Biasanya VPN gratis hanyalah digunakan untuk meng-anonim koneksi internet saat browsing. Selain itu juga dapat digunakan sebagai anti internet positif yang memblokir situs bermuatan negatif. Jika kamu berpikir keamanan data di internet, lebih baik memilih VPN premium yang lebih bertanggung jawab dibandingkan free VPN. Karena alasan biaya, VPN gratis adalah pilihan terbaik untuk menjadi pilihan banyak orang di internet terutama yang menggunakan komputer windows. Karena itu memilih VPN gratis terbaik harus dilakukan demi kenyamanan kamu berselancar di internet.

Saat kami telusuri banyak sekali penyedia Virtual Private Server terbaik di luar sana. Tetapi mungkin anda bingung mana VPN gratis terbaik meskipun tidak banyak, dan mana penyedia VPN yang harus dihindari atau jangan digunakan. Karena itulah kami sudah melakukan seleksi VPN gratis dan menentukan beberapa free VPN provider yang memiliki reputasi baik. Walaupun kami tidak membenci VPN gratis, tetapi kami ingin kamu mengetahui apa saja bahaya dalam penggunaan VPN gratis dan apa juga keuntungan free VPN dalam jaringan internet komputer. Janganlah khawatir dengan bahaya/resiko yang akan kami sampaikan. Kami juga menyediakan opsi pilihan VPN gratis terbaik dari puluhan penyedia free VPN di internet.

Kenapa harus menggunakan VPN server pada komputer windows?

Apabila kamu sampai pada tulisan kami ini, mungkin sebelumnya membaca cara membuka blokir internet positif pada tulisan sebelumnya. Tetapi selain itu, ada alasan lain yang membuat kita harus menggunakan VPN server. Hal yang penting adalah melindungi data yang kita kirim dan kita terima lewat jaringan internet. Untuk melindungi perangkat komputer multimedia mungkin saja bisa dengan proxy server dan antivirus internet security. Walaupun begitu, peranan antivirus hanya bersifat pengamanan dari spyware, adware, atau spamming. Karena itulah perlu adanya proteksi tambahan dengan menggunakan VPN gratis pada komputer windows kamu.

Masalah yang sering ditemukan oleh pengguna internet Indonesia adalah pemblokiran situs dan pembatasan akses internet pada setiap negara. Hal ini membuat kita tidak dapat mengakses situs tertentu. Kebebasan berinternet juga terrenggut akibat adanya pembatasan ini. Seperti contoh yang pasti seperti tidak dapat menonton acara TV favorit. Tentu saja setiap acara TV yang menggunakan internet membatasi penyiarannya pada negara dimana stasiun TV tersebut berada.

Contoh lainnya adalah dalam penyewaan video streaming paling populer seperti Netflix. Iflix, dl. Sebelumnya diberitakan kalau pelanggan di Indonesia tidak dapat lagi menggunakan netflix atau iflix. VPN server premium merupakan jalan keluar untuk masalah itu, walaupun untuk yang gratis belum menyediakan layanan tersebut. Selain itu juga tidak dapat mengakses siaran berita seperti BBC iplayer di luar Inggris.

Semua pembatasan akses internet ini membuat frustrasi. Tetapi untung saja ada VPN yang dapat membantu kita melewati masalah pembatasan dan menikmati konten sesuai dengan keinginan anda dari manapun berada. Hal terpenting adalah tidak beresiko terhadap keamanan data pribadi saat menggunakan VPN. Itulah yang harus dipahami saat memilih VPN gratis terbaik untuk digunakan pada komputer windows. Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan free VPN yang ditawarkan.

Penjelasan singkat tentang apa itu VPN gratis?

VPN server adalah sebuah server dengan program yang dapat menyembunyikan IP internet anda sebenarnya dan membuka pemblokiran yang dilakukan provider atau biasa disebut internet positif. Saat menggunakan VPN server pada komputer windows, maupun smartphone, yang terlihat adalah IP VPN server (bukan IP kita sebenarnya). Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan membacanya di postingan sebelumnya tentang pengertian VPN server disertai jenis dan fungsinya.

Dilihat dari tipe langganan, VPN dibagi menjadi dua jenis yaitu VPN gratis dan VPN premium atau berbayar. Dalam kesempatan ini kami fokus membahas VPN gratis terbaik untuk komputer windows serta kelebihan dan kekurangan free VPN server yang perlu anda ketahui.

Versi dari VPN gratis terbaik pasti sangat menggoda kamu karena tidak perlu membayar langganan bulanan atau tahunan. Namun perlu diketahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari free VPN server tersebut. Untuk itulah beberapa kekurangan atau bahaya yang terpenting seperti penjualan data pribadi, malversting, dan legal risk. Penjelasan lebih lengkap sudah kami rangkum dalam postingan bahaya menggunakan vpn gratis. Tetapi sebenarnya tidak semua vpn gratis itu buruk.

Tidak semua VPN gratis itu jelek, masih banyak vpn gratis terbaik.

Kami memang mengulas resiko atau bahaya menggunakan vpn gratis. Tetapi sebenarnya tidak semua dari mereka itu jelek. Banyak VPN gratis terbaik dengan melihat kelebihan dan kekurangan free vpn server. Ada mungkin 10 perusahaan vpn terbaik yang menyediakan layanan gratis selain menyediakan layanan premium atau berbayar. Mereka merupakan perusahaan yang berdiri cukup lama dengan reputasi yang baik, kuat dan handal.

Apabila masih ingin memanfaatkan server vpn gratis, kami merangkum 10 penyedia vpn gratis dengan reputasi baik. Dari pantaun terakhir kami, ke 10 penyedia vpn gratis terbaik tetap bebas dari malware. Namun layanan vpn grayis tentu sangat terbatas dan tidak sama dengan layanan vpn premium atau berbayar. Anda harus tetap melihat iklan pada software vpn gratis yang disediakan oleh penyedia layanan. Selain itu bandwith, koneksi lambat, keterbatasan lokasi server, dan masih banyak keterbatasan lainnya.

Tetapi VPN gratis menjadi sebuah pilihan terbaik untuk anda yang ingin membuka blokir situs, menonaktifkan internet positif, serta menyembunyikan ip internet anda sebenarnya. Vpn gratis tidak cocok digunakan untuk mengakses US Netflix Library, download torrent, pembayaran online, dan aktivitas lainnya dengan tingkat keamanan yang tinggi. Jika tetap menggunakan VPN gratis untuk itu, resiko ada di tangan anda sendiri.

10 VPN gratis terbaik untuk komputer windows disertai kelebihan dan kekurangan free VPN Server

Memang tidak ada salahnya menggunakan VPN gratis apabila untuk keperluan kecil. Kalau ada layanan VPN gratis untuk apa harus membayar VPN premium jika kita tidak memerlukan tingkat keamanan yang tinggi. 10 VPN gratis untuk windows yang kami berikan ini berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan yang suka memakai free VPN server pada komputernya. Berikut ini list VPN gratisnya

1. VPNbook


vpnbook free vpn


VPNbook merupakan penyedia VPN gratis dengan protokol PPTP dan openVPN. Tipe protokol seperti ini memungkinkan kita menggunakan VPN tanpa harus menginstal software pada komputer baik windows maupun linux. Kebanyakan dari pengguna di Indonesia lebih memilih VPNbook daripada VPN lainnya karena tinggal setting langsung bisa digunakan. Sejak kemunculannya, VPNbook memberikan layanan free VPN server kepada seluruh pengguna untuk tujuan web surfing, dan p2p download.

Kelebihan VPNbook :

  • Dapat digunakan tanpa software pada windows, dan linux
  • Ada pilihan lokasi server VPN yang beragam
  • Tersedia pilihan server khusus web surfing dan khusus p2p download

Kekurangan VPNbook :

  • Password akun sering diperbaharui
  • Kecepatan koneksi kurang bagus.

2. Hide.me


hide-me gratis


Hide.me merupakan pilihan vpn gratis terbaik untuk komputer windows pilihan kami. VPN yang di tawarkan oleh hide.me sangat diandalkan dalam bidang keamanan data pribadi serta kecepatan koneksi internetnya. Biasanya setiap akun VPN gratis memiliki kekurangan yang signifikan jika dibandingkan premium VPN. Tetapi rasanya cukup tergiur dengan VPN gratis apabila hanya untuk meng-anonim identitas serta membuka situs yang diblokir internet positif.

Tetapi berita buruknya adalah VPN gratis hide.me tidak mendukung protokol OpenVpn. Karena itu bisa dikatakan tingkat keamanannya agak kurang. Selain itu ada beberapa kelebihan dan kekurangan free VPN server hide.me seperti berikut:

Kelebihan VPN gratis hide.me

  • Mudah digunakan
  • Mudah untuk diseting atau diatur
  • Tingkat keamanan yang bagus

Kekurangan VPN gratis hide.me

  • Hanya memberikan 3 lokasi server
  • Tidak mendukung protokol OpenVPN
  • Hanya mendapatkan bandwith transfer data sebesar 2 GB
  • Hanya dapat digunakan pada 1 perangkat saja.

3. TunnelBear


tunnelbear vpn gratis


TunnelBear adalah penyedia VPN gratis terbaik dengan software yang dapat di install di windows sehingga mudah digunakan. Penyedia layanan free VPN server ini cocok untuk anda yang menginginkan anonimitas dengan keamanan yang tinggi saat surfing website melalui komputer windows. Meskipun begitu, versi VPN gratis sangatlah memiliki keterbatasan jika dibandingkan versi berbayar.

TunnelBear memberikan uji coba gratis terhadap layanan VPN mereka. Sangat cukup untuk penggunaan dalam jangka waktu singkat. Setelah uji coba atau trial ini dirasa memuaskan, kita dapat meningkatkan ke versi berbayar. Setelah pindah ke VPN berbayar tentu kita akan mendapatkan kecepatan yang tinggi dan keamanan dan kerahasiaan yang terjamin.

Kelebihan TunnelBear :

  • Antarmuka yang ramah pengguna
  • Mudah diatur
  • Ekstensi tersedia untuk semua browser
  • Sangay kompatibel dengan Netflix

Kelemahan atau kekurangan TunnelBear :

  • Hanya mendapat kuota 500 MB setiap bulan
  • Tidak ada konfigurasi OpenVPN
  • Jumlah server terbatas dan tidak tersedia di seluruh dunia
  • Download torrent dan layanan P2P tidak didukung

4. VPNGate


vpngate gratis


VPNGate adalah layanan VPN gratis yang sangat sederhana, mudah digunakan, serta fitur yang tidak terlalu mencolok. Seperti pengalaman kami menggunakan VPN gate yang telah terinstal pada komputer windows kami, banyak list server VPN gratis yang tidak dapat digunakan. Mungkin saja beberapa server sudah penuh dan terpaksa kita memilih server yang sedikit digunakan. Dalam segi kecepatan itu sangat beragam. Biasanya server VPN Asia seperti Jepang, Korea, Singapura yang cukup cepat.

VPNgate sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan server VPN dari banyak negara dan dengan IP yang berubah-ubah setiap saat. Sepertinya layanan VPN gratis ini melibatkan klien di seluruh dunia untuk memberikan koneksi mereka sebagai VPN server. Kelebihan dan kekurangan free VPN server yang disediakan oleh VPNgate antara lain:

Kelebihan VPN gratis VPNgate

  • Mudah dipasang dan digunakan di komputer dengan OS Windows
  • Banyak server hebat di Asia

  • Terdapat juga server di banyak lokasi suatu negara
  • Banyak pilihan server dengan IP yang berubah setiap saat

Kekurangan VPN gratis milik VPNgate

  • Sangat sulit menemukan server yang handal dan stabil
  • Hampir tidak ada dukungan untuk Afrika
  • Keamanan data pribadi tidak terjamin

5. PrivateTunnel VPN


private tunnel vpn gratis


PrivateTunnel VPN merupakan penyedia layanan VPN server gratis yang sangat populer. Software yang diberikan sangat kompatibel dengan komputer Windows dan juga Mac. Tetapi terkadang sangat kurang optimal dalam memilih server. Meskipun begitu, koneksi internet private tunnel sangat stabil. Cara pembelian layanan VPN private tunnel sedikit berbeda yaitu dapat membayar biaya per GB yang kita gunakan.

Kelebihan PrivateTunnel free VPN

  • Antarmuka software yang ramah untuk semua pengguna
  • Sambungan berkecepatan tinggi
  • Dapatkan lebih banyak data per bulan hanya dengan mengajak teman menggunakan PrivateTunnel.

Kekurangan Private Tunnel free VPN

  • Batas data yang diberikan hanya 200MB per bulan
  • Tidak banyak server yang tersedia untuk digunakan.

6. Windscribe VPN


windscribe vpn


Windscribe VPN adalah pemain muda di pasar Free Virtual Private Network. Fitur yang diberikan cukup unik yaitu menyangkut keamanan data pribadi serta pemblokiran iklan maupun adware. Meskipun begitu, jumlah pilihan server sangat sedikit di versi VPN gratis untuk komputer windows.

Selain itu, windscribe menyediakan fitur p2p pada setiap server gratis yang disediakan. Hampir sama seperti yang ditawarkan oleh VPNbook. Selain itu juga dapat digunakan pada banyak perangkat.

Kelebihan dari Windscribe free VPN server

  • 10 GB batas data per bulan untuk versi gratis
  • Tingkat keamanan yang tinggi saat menjelajah internet
  • Server tersedia di seluruh dunia
  • Tersedianya protokol P2P
  • Dapat digunakan untuk memblokir iklan
  • Dapat digunakan pada banyak perangkat

Kekurangan dari windscribe VPN gratis

  • Jumlah server yang ditawarkan sangat terbatas
  • Tersedia untuk 11 negara
  • Kecepatan download terbatas

7. ProtonVPN


protonvpn


ProtonVPN adalah sebuah penyedia VPN gratis terbaik untuk komputer windows yang berbasis di negara Swiss. Penyedia VPN menawarkan kebijakan no-log (tidak menyimpan histori data) serta tingkat keamanan yang tinggi. Tetapi tentu dalam versi gratis, banyak fitur menarik yang tidak dapat kita nikmati. Namun protonVPN dapat memberikan layanan terbaik mereka selama anda tidak mendownload lewat torrent di komputer.

Kelebihan Proton VPN versi gratis

  • Tidak ada batasan data (unlimited)
  • Tanpa-log ( secure privacy )

Kekurangan dari Proton VPN gratis

  • Kecepatan koneksi sangat rendah
  • VPN server hanya tersedia di 3 negara
  • Hanya dapat digunakan pada 1 perangkat komputer windows

8. SurfEasy VPN


surfeasy vpn


SurfEasy VPN adalah salah satu pesaing teratas di kategori server VPN gratis untuk windows. Servernya sangat cepat, dapat diandalkan, dan menawarkan dukungan yang luar biasa untuk semua kebutuhan pelanggan mereka. Surfeasy vpn memiliki banyak sekali server yang tersedia. Menurut kami inilah pilihan server VPN gratis terbaik untuk segala keperluan di komputer windows.

Kelebihan SurfEasy VPN

  • Banyak server tersedia untuk digunakan
  • Koneksi jaringan internet yang dapat diandalkan
  • Koneksi internet yang aman

Kekurangan dari surfeasy VPN

  • Versi gratis hanya mendapat bandwidth 500MB setiap bulan
  • Hanya dapat digunakan pada komputer windows sehingga tidak dapat digunakan di perangkat Linux

9. Betternet VPN


betternet vpn


Betternet vpn adalah penyedia VPN gratis yang menghasilkan uang melalui iklan. Dibalik itu, layanan gratis dengan kualitas premium bisa kamu dapatkan. Kamu mungkin diharuskan menonton iklan sebelum dapat menggunakan betternet VPN ini. Iklan yang ditampilkan bersifat invasif jadi kamu harus menonton video untuk dapat menikmati layanan VPN dengan gratis pada komputer windows maupun smartphone android.

Kelebihan dari Betternet VPN

  • Menghubungkan perangkat kamu ke server VPN dengan cepat
  • Dapat digunakan pada komputer windows dan smartphone
  • Transfer data unlimited setiap bulannya

Kekurangan dari Betternet free VPN server

  • Kecepatan koneksi terkadang lambat
  • Tidak ada dukungan pelanggan
  • Perlu melihat iklan sebelum free vpn dapat digunakan

10. Hidemyass VPN


HMA vpn


Hidemyass VPN for pc merupakan layanan gratis yang mempunyai fitur yang sama seperti VPN server lainnya yang dapat bekerja pada komputer windows. Kita dapat melakukan streaming tv di PC komputer, membuka blokir situs, serta menyembunyikan IP address kita. Tidak banyak yang diharapkan dari hidemyass, karena mereka tidak benar-benar gratis sepenuhnya. Versi free VPN hidemyass merupakan versi trial. Jadi durasi percobaannya sekitar 30 hari saja.

Haruskah memilih VPN gratis terbaik untuk digunakan pada komputer windows?

Disini semua keputusan ada dalam pilihan kamu sendiri. Daftar penyedia VPN gratis terbaik untuk komputer windows dapat kamu temukan di internet. Jika masih betah dengan VPN gratis, silahkan menggunakannya untuk keperluan kecil dan tidak memberikan data penting ke server VPN. Mungkin saja ini dapat memenuhi kebutuhan kamu pada anonimitas dan pemblokiran situs. Sebenarnya VPN gratis itu tidaklah se-optimal yang berbayar atau VPN premium. Masih ada potensi bahaya mengunaan vpn gratis yang perlu dipertimbangkan. Jadikanlah sebuah VPN gratis hanya sebagai batu loncatan saja sebelum kamu pindah ke versi VPN berbayar terbaik yang lebih handal.

Kenyataan yang ada adalah tidak terlalu banyak pengguna internet yang peduli dengan privasi data di internet. Mereka belum mengerti bagaimana data pribadi kita bisa disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila kamu memang peduli dan memperhatikan privasi di internet, server VPN gratis bukanlah pilihan terbaik untuk digunakan di komputer windows. VPN premium memang mewajibkan pengguna membayar biaya bulanan, tetapi itu akan terasa murah jika dibandingkan data pribadi kita diketahui oleh pihak lain.

Kami menyarankan kamu untuk mencoba VPN premium dan membandingkannya dengan versi VPN gratis. Tentu akan terlihat perbedaan yang signifikan seperti kecepatan koneksi, keamanan data, koneksi terenkripsi, dan masih banyak fitur di VPN premium. Beberapa penyedia VPN premium terbaik banyak bertebaran di internet. Salah satu penyedia dengan harga murah dan berkualitas adalah ivacy VPN, nord VPN, Express VPN yang sudah kami coba dan rasakan sendiri.

Kesimpulannya :

Apabila kamu ingin membuka situs yang diblokir, menganonim penggunaan internet di komputer windows, list VPN gratis terbaik di atas bisa kamu jadikan referensi. Pilihlah salah satu dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. VPN server gratis sangat cocok untuk membuka blokir situs, anonimitas, dan pekerjaan kecil yang tidak melibatkan data pribadi kamu. Apabila memang privacy menjadi sangat penting untuk kamu, lebih baik beralih ke VPN premium terbaik yang lebih aman. Banyak VPN berbayar yang dapat kamu pilih, silahkan mencoba versi trial terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membayar.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!