Pengertian Proxy Server, Jenis dan Fungsinya

Tim Baguz Tim BaguzIkuti 16 Oct, 2020 · 4 Menit Membaca
Pengertian Proxy Server, Jenis dan Fungsinya

Di dalam sebuah jaringan internet, kita juga perlu mengetahui pengertian proxy server disertai dengan fungsi dan juga keunggulannya dibandingkan dengan VPN server. Server ini merupakan sebuah server yang berfungsi menjembatani sebuah koneksi internet lokal ke internet global. Jadi posisi server proxy berada di tengah dan bisa berfungsi sebagai pertahanan keamanan jaringan. Hampir semua jenis proxy server memiliki peran yang sama dalam jaringan.

Sebagai pengguna internet yang peduli akan adanya keamanan jaringan dari hacking dan pencurian data, kita wajib menggunakan fitur keamanan dari sebuah proxy. Memang terkadang banyak yang tidak tahu kalau keamanan itu penting, dan akan merasa menyesal saat data kita disalahgunakan di internet. Maka berhati-hatilah mengakses internet dan melakukan pengamanan jatingan menggunakan proxy. Lalu apakah pengertian proxy server?, apa saja fungsinya?, Terus kenggulannya itu apa? Mari lanjut membaca agar lebih paham dan mengerti pengertian proxy server.

Selain dapat mengamankan jaringan, proxy server juga berguna dalam hal membuka blokir yang dilakukan oleh operator. Kita dapat leluasa menjelajahi internet dengan nyaman tanpa khawatir dengan adanya pemblokiran oleh internet positif. Situs yang terblokir akan terbuka dan identitas kita juga disembunyikan oleh proxy server. Itulah salah satu keunggulan proxy server. Pada dasarnya sih hampir sama dengan VPN server. Cuma cara menggunakan dan cara setting proxy server sedikit berbeda. Berikut pengertian proxy server secara umum agar kamu mengerti dengan jelas.

Pengertian proxy server, jenisnya dan fungsinya

Proxy server bisa juga di artikan sebagai sebuah server yang berada di tengah-tengah antara jaringan lokal dengan jaringan internet global. Proxy server adalah sebuah komputer server dengan program proxy di dalamnya. Komputer ini terhubung dengan jaringan global tanpa adanya pembatasan ataupun pemblokiran. Saat komputer atau smartphone terhubung dengan proxy server, maka lalu-lintas data akan selalu melewati server ini. Jadi proxy server disini bertindak sebagai jembatan kita menuju jaringan internet global sehingga terhindar dari pemblokiran ataupun pencurian data.

Jika kita bandingkan pengertian proxy server dengan pengertian VPN server, jelas sekali kalau kedua server ini memiliki fungsi yang hampir sama. Tetapi jenis server dan program yang terinstall di dalamnya jelas berbeda. Itu membuat cara setting dan terhubung ke servernya sedikit berbeda.

Dalam hal mengamankan lalu-lintas data, kami ambil contoh saat melakukan upload gambar di facebook atau website. Saat itu proxy server biasanya diletakan antara aplikasi client dengan aplikasi server. Dimana aplikasi klien adalah web browser atau aplikasi FTP dan aplikasi server adalah web hosting atau server hosting. Dengan adanya proxy server kita dapat membuat lalu lintas pribadi tanpa ada ganguan pengguna lain yang bermaksud jahat ataupun mencuri data yang kita kirim ke server.

Itu merupakan salah satu contoh fungsi proxy server agar kamu bisa sedikit tidak mengerti pengertian proxy server. Untuk lebih memperjelas, berikut adalah beberapa fungsi dan keunggulan proxy server.

Jenis-jenis proxy server

Mempelajari untuk mengenal lebih dekat apa itu proxy server, rasanya kurang lengkap kalau belum mengetahui jenisnya. Secara umum proxy server itu dibagi menjadi beberapa tipe. Saat kita mencari list proxy server pasti kita menemukan berbagai jenis proxy. Jika di lihat dari tipe layanan yang ditawarkan oleh proxy tersebut, maka dapat kita lihat kalau proxy itu dibagi menjadi 4 jenis antara lain:

1. Anonymous Proxy

Adalah proxy yang menyembunyikan identitas pribadi si pengguna. Jenis ini banyak di cari karena sangat menjaga privasi kita dalam berselancar di internet.

2. High Anonymity Proxy

Adalah jenis proxy dengan tingkat anonimitas yang tinggi. Jadi hampir tidak bisa di deteksi siapa sebenarnya yang sedang berada pada jaringan internet. Biasanya proxy ini sudah menggunakan enkripsi sehingga memiliki tingkat keamanan tinggi.

3. Transparent Proxy

Jenis proxy ini hanya meneruskan lalulintas data kita. Jadi tidak ada anonimitas atau proxy ini tidak menyembunyikan identitas kita.

4. Reverse Proxy

Server proxy ini merupakan jenis yang berguna sebagai jembatan utama pada sebuah jaringan. Selain itu server ini akan menyimpan file atau data dari internet yang pernah di request oleh klien. Jadi saat diminta lagi, data dengan cepat dapat di distribusikan tanpa meminta lagi ke server aslinya.

Fungsi utama proxy server

Secara umum, server ini memiliki fungsi utama yang sangat penting dalam beberapa hal yang dapat kita rasakan. Semakin berkembangnya teknologi server proxy, fungsinya juga semakin berkembang. Sampai saat ini beberapa fungsi proxy server yang kami temukan antara lain:

  1. Menyembunyikan identitas,
  2. Membagi koneksi internet
  3. Memfilter lalu lintas data
  4. Menyimpan data atau caching

Itulah penjelasan singkat dan jelas tentang pengertian proxy server yang disertai dengan jenis serta fungsinya. Sampai di sini sepertinya kamu sudah terbayang apa itu proxy server bukan?. Kalau memang belum kami masih terus membahas tentang jenis server ini. Perlu di ketahui kalau proxy server itu berbeda lho dengan VPN server. Jangan disamakan ya!! Mereka mempunyai perbedaan yang mendasar walaupun fungsinya hampir sama. Karena itulah kami sudah siapkan perbedaan vpn server dengan proxy server. Silahkah pelajari disana apa saja perbedaanya dan yang mana lebih bagus. Apa itu proxy atau VPN?.

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim Baguz
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan