Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Proxy Server

19 Oct, 2020 · 3 Menit Membaca

Penggunaan proxy server memiliki dampak positif dan dampak negatifnya. Jika kita hanya melihat dari satu sisi yaitu kelebihannya saja tentu sangat menggiurkan. Tetapi setiap layanan yang ditawarkan pasti memiliki kekurangan. Kami menemukan adanya dampak yang bisa dirasakan saat menggunakan proxy di dalam jaringan internet kita. Hal ini kami rasakan setelah mencoba beberapa jenis proxy pada komputer maupun hp android.

Kelebihan maupun kekurangan yang ada pada proxy server itu terkesan normal-normal saja. Selama kita menggunakannya dengan baik, niscaya hal negatif atau yang merugikan tidak terjadi pada kita. Selalu positif thinking saja karena apapun itu apalagi yang diciptakan manusia pasti memiliki sisi baik dan sisi buruk.

Kelebihan menggunakan proxy server

Berikut ini merupakan sisi baik atau positif yang merupakan kelebihan yang bisa kita nikmati jika menggunakan proxy server antara lain:

1. Membuat koneksi internet lebih stabil. (semua jenis proxy)

Hal ini disebabkan karena koneksi dari komputer kita hanya menuju ke proxy server. Jadi tidak ada komputer lain yang menuju proxy tersebut kecuali kalau kamu menggunakan proxy gratis. Situasi ini bisa menguntungkan pengguna karena jaringan data tidak terganggu oleh jaringan komputer lain.

2. Menambah proteksi keamanan jaringan internet (high anonimity proxy)

Proteksi menjadi sangat penting saat kita menggunakan internet. Apalagi jika kita tambahkan proxy server pada jaringan kita, tidak akan ada lagi pencurian data maupun manipulasi data. Kelebihan ini bisa ditawarkan jika proxy kita menggunakan fitur enkripsi lalu-lintas data.

3. Membuka blokir situs yang dilakukan penyedia layanan internet (semua tipe server)

Blokir situs banyak terjadi sejak dibatasinya situs yang dapat kita buka di Indonesia. Hal ini memang memiliki tujuan baik yaitu memblok situs bermuatan negatif yang bisa saja di akses oleh anak di bawah umur. Dengan proxy server, semua situs yang di blokir akan terbuka karena lalu lintas data melewati proteksi dari operator atau penyedia layanan internet.

4. Menyembunyikan identitas di internet (anonimity, high anonimity proxy server )

Fitur yang menguntungkan ini sangat bisa kita rasakan ketika menggunakan jenis proxy server anonim. Mesin pelacak tidak akan dapat mengetahui siapa yang sedang mengakses internet karena identitas kita sudah di samarkan atau di anonim oleh proxy tersebut. Kelebihan ini sudah diketahui oleh hampir semua pengguna proxy baik gratis maupun yang premium.

5. Mempercepat distribusi data internet (reverse proxy)

Proxy juga memiliki kelebihan untuk mempercepat koneksi internet. Fitur ini hanya tersedia untuk tipe atau jenis reserve proxy yang dapat menyimpan file-cache di dalam proxy server. Ini membuat akses file saat diminta oleh klien menjadi lebih cepat karena server proxy tidak mengambil file di internet, tetapi tinggal meneruskan file-cache yang terdapat di server.

6. Melakukan berbagai pembatasan kepada klien (semua tipe proxy)

Pada server kita dapat melakukan berbagai pembatasan seperti akses download file, akses beberapa halaman situs, dan juga pembatasan lainnya. Untuk itu, proxy bukan juga bisa membuka blokir situs, tetapi juga dapat melakukan pemblokiran situs. Hal ini tentu sangat menguntungkan mengingat server proxy sangat flexible dalam penggunaannya.

7. Manajement bandwidth

Selain pembatasan di atas, proxy juga dapat melakukan manajement bandwith yaitu membatasi kecepatan, kuota dan juga pembatasan lainnya.

Kekurangan menggunakan proxy server

1. Bisa terjadi overload conection (Free proxy)

Overload atau jalur koneksi penuh karena terlalu banyaknya request dari klien. Hal ini sering ditemukan pada proxy server gratis dan sudah menjadi kekurangan yang lumrah. Hal tersebut merupakan konsekuensi apabila menggunakan proxy gratis untuk keperluan download atau perilaku yang membutuhkan jalur data yang cukup besar di internet.

2. Bisa di susupi iklan (free proxy)

Kemarin kami melakukan test server proxy gratis, dan alhasil kami menemukan adanya iklan yang muncul pada situs yang di akses melalui jaringan proxy tersebut.

3. Expired file cache (reverse proxy)

Kekurangan ini bisa kita temukan apabila menggunakan reserve proxy. Pada saat klien mengambil data pada server proxy, server tersebut bisa saja memberikan file yang sudah expired atau berbeda dengan file yang terdapat pada server aslinya.

Itulah dia kekurangan dan juga kelebihan proxy server. Jika kita lihat, kekurangan proxy server tidak akan kita temukan pada proxy server premium. Memang kebanyakan dari kita sering mencari proxy gratisan. Tetapi ketahuilah kalau layanan gratis tidak akan diberikan apabila tidak memberikan timbal balik kepada pemilik server tersebut. Untuk itulah jangan berharap mendapatkan lebih pada server proxy gratis karena tentu kita akan menemukan kekurangan yang lebih banyak daripada kelebihannya.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!