Fungsi proxy pada aplikasi telegram, kenapa harus menggunakannya?

20 Oct, 2020 · 2 Menit Membaca

Saat kita membuka settingan di aplikasi telegram, kita menemukan proxy setting di sana. Pertanyaannya sekarang adalah apa sih fungsi proxy untuk aplikasi telegram?. Kenapa kita harus menggunakan proxy?. Memang sedikit membingungkan jika kita melihat adanya fitur ini pada telegram. Apakah ini penting untuk kita sebagai pengguna telegram di Indonesia? Semakin penasaran juga kan dengan proxy dan telegram, mari baca penjelasan singkatnya.

Fungsi proxy pada aplikasi telegram

Sedikit menyinggung masalah proxy server yang sudah di tuangkan berulang kali pada postingan sebelumnya. Proxy merupakan server yang meneruskan atau menyambungkan handphone atau komputer kita ke jaringan internet global. Jadi fungsi utama dari penggunaan proxy di aplikasi telegram tentu tujuannya adalah menyambungkan lalu lintas data dari hp android atau IOS kita ke server telegram.

Sesungguhnya di indonesia pengguna telegram masih bisa menggunakan aplikasi ini tanpa hambatan. Jadi perlu atau tidaknya men-setting proxy di telegram menurut kami itu tergantung kebutuhan dan keadaan. Perlu kamu ketahui kalau fitur ini ditambahkan sejak update telegram versi 4.1. tujuannya tidak lain adalah agar pengguna yang berada pada negara dengan pembatasan penggunaan telegram dapat menggunakan aplikasi ini dengan maksimal. Itulah sebenarnya fungsi kenapa settingan proxy ada pada aplikasi telegram ini.

Fungsi lainnya adalah agar koneksi lebih terarah tanpa adanya interprensi data. Terkadang saat kita melakukan panggilan menggunakan telegram, perlu koneksi yang stabil, terarah dan tanpa gangguan. Dengan proxy telepon maupun video-call akan lebih lancar karena tidak diganggu koneksi lainnya. Jika di bandingkan dengan setting proxy server di hp android secara langsung, itu mencangkup semua koneksi yang keluar masuk ponsel smartphone android. Jadi tetap saja koneksi internet ke telegram akan terganggu.

Penggunaan proxy server pada telegram cukup membantu tetapi data kamu bisa saja tersimpan di server tersebut. Walaupun begitu, bukan berarti data kamu bisa di salahgunakan karena server telegram sudah menerapkan enkripsi menggunakan protokol MTproto. Jadi tidak perlu khawatir jika memang ingin menggunakan proxy di aplikasi telegram.

Kenapa kita harus menggunakan proxy pada telegram

Server proxy pada telegram memiliki fungsi utama dalam hal menerobos pembatasan yang dilakukan operator dan juga memfokuskan koneksi ke server telegram. Itulah alasannya kenapa kita harus menggunakan proxy. Sebenarnya sih tidak penting menggunakan proxy untuk kita di Indonesia. Tetapi alangkah baiknya jika kita punya proxy berbayar kita pasang di aplikasi telegram. Itu akan membantu memperlancar komunikasi kita dengan pengguna telegram lainnya.

Untuk alasan lainnya adalah pada tingkat keamanan yang lebih kuat jika dibandingkan tanpa proxy. Selebihnya adalah karena alasan lainnya seperti pada kasus koneksi internet uang dibatasi oleh kantor atau perusahaan dan di tempat tempat atau negara tertentu.

Kesimpulan

Sampai disini apakah kamu sudah tahu fungsi proxy pada telegram? Mudah-mudahan saja penjelasan kami dapat membantu kamu yang sedang bingung harus pakai proxy atau tidak. Mencoba bukanlah hal yang buruk, walaupun itu berbahaya tetapi hanya dengan mencoba kita bisa tahu apa yang membuat kita penasaran. Jika memang penjelasan di atas masih belum membuat kamu mengerti fungsi proxy di telegram, lebih baik mencoba langsung dan merasakan perbedaan menggunakan proxy dan tanpa proxy.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!