Cara membuat website sendiri dengan biaya murah

03 Dec, 2020 · 7 Menit Membaca
Cara membuat website sendiri dengan biaya murah

Jaman sekarang sudah banyak yang dapat kita miliki dengan harga murah. Apa kamu lagi mencari referensi tutorial cara membuat website sendiri dengan biaya murah atau budget rendah? atau bahkan mencari yang gratis? Kami akan mencoba membeberkan bagaimana sih biar kita bisa punya website dengan biaya minim? Oke mari kita bahas dan pastikan membaca dengan seksama. Sebelum lanjut ingat di like fans page baguz infomedia biar makin semangat memberikan tutorial yang bermanfaat.

Website saat ini banyak diminati oleh banyak kalangan dari yang beruang maupun yang lagi bokek. Untuk kamu yang memiliki uang pas-pasan, mungkin bisa mengikuti cara yang akan kami berikan. Untuk yang punya biaya yang besar, silakan mampir di tutorial yang lainnya. Kalau yang bokek dan ingin yang gratisan juga kami sediakan trik dan caranya di website ini. Seperti cara membuat website gratis di hp android.

Apa saja sih yang diperlukan untuk membuat website murah?

Bagi pemula, sebelum membuat website sendiri, perlu kiranya mengetahui apa saja bahan-bahan yang harus di beli. Kalau ingin biaya yang murah ya harus membuatnya sendiri. Kalau mengandalkan teman, kita kapan bisanya? Baiklah, secara umum website sebenarnya memerlukan 2 bahan utama yaitu domain dan hosting. Apa itu domain? dan apa itu hosting atau web server? Domain adalah alamat URL atau boleh dibilang alamat toko dan hosting adalah server tempat menyimpan File yang nantinya bisa diakses oleh banyak orang. Bilang saja hosting itu seperti ruko atau tempat menaruh barang dagangan.

Sebenarnya yang perlu kita beli cuma 2 keperluan utama itu saja. Sisanya bisa kita dapat gratisan atau mencari di om google. Makanya kalau cuma beli itu saja, biayanya akan jadi sangat murah.

Berapa biaya membuat website sendiri?

Kembali lagi masalah biaya, kalau domain itu kita beli dan di perpanjang tiap tahun. Kalau hosting itu kita sewa dan biayanya juga per tahun. Untuk harga domain itu sendiri cukup murah kisaran harga antara 10 ribu sampai 300 ribu tergantung ekstensi domain tersebut. Beberapa ekstensi domain murah yang ditawarkan di Indonesia seperti dot.xyz, dll. Domain lokal murah seperti web.id, org.id, net.id,dll. Untuk domain umum harganya sedikit lebih mahal seperti domain dot.com, dot.net, dot.biz, dot.id, dot.co.id, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya sewa web hosting per tahunnya juga tergolong murah antara 120 ribu/tahun sampai dengan 800 ribu/tahun. Bahkan ada juga hosting yang mencapai jutaan/tahun. Kalau kita yang ingin website murah, cukup web hosting di bawah 300 ribu/tahun itu sudah cukup untuk pemula.

Apabila sudah mengerti kedua bahan yang perlu kita beli, sekarang perlu kiranya kita mencari di mana tempat membelinya.

Di mana tempat membeli domain dan hosting murah?

Saat ini sudah banyak penyedia hosting dan domain yang ada di Indonesia. Banyak dari mereka merupakan perusahaan besar yang memiliki kinerja yang baik dan sangat recomended. Beberapa penyedia layanan terpercaya seperti niaga-hoster, idwebhost, rumah web, dan banyak yang lainnya. Untuk masalah harga cukup terjangkau kisaran 100 ribu sampai 600 ribu per tahun.

Karena ini penyedia hosting di Indonesia, jadi untuk bayarnya juga gampang. Kita tinggal transfer sejumlah uang ke rekening penyedia layanan, terus kita tinggal menunggu sampai order di proses. Biasanya cepat tidak sampai 5 menit kok.

Bagaimana cara membuat website sendiri dengan harga murah atau budget kecil?

Sebelum memulai, kita harus sudah memiliki domain dan hosting seperti yang sudah dijelaskan di atas, barulah bisa kita membuat website sendiri. Pastikan order sudah di bayar dan status akun sudah aktif. Untuk membuat website secara teknis kita harus menghubungkan domain ke web hosting. Cara menghubungkan domain ke hosting yaitu menggunakan metode name server, ataupun IP hosting. Bagi yang sudah familiar dengan cloudflare, malah lebih bagus menggunakan cloudflare karena website akan aman dari serangan hacker.

Langkah awal agar website bisa tampil saat domain di ketik di browser adalah dengan menghubungkan domain dengan web server.

Langkah 1. Menghubungkan domain ke web hosting

Cara menghubungkan domain kita dengan web server yang sudah kita beli biasanya sudah di tangani oleh penyedia layanan hosting. Tetapi kasusnya akan berbeda jika kita membeli hosting dan domain pada penyedia yang berbeda. Kita perlu melakukan sedikit settingan di domain sehingga domain terarah ke IP server hosting. Beberapa uraian singkat cara setting domain sebelum website murah kamu bisa di akses oleh publik.

  • Masuk ke control panel domain. Tampilan bisa berbeda setiap penyedia layanan. Tetapi biasanya tahapannya hampir sama.

  • Masuk ke settingan name server domain.

  • Masukan atau ganti name server yang ada menjadi name server web hosting yang kita beli. Minta bantuan penyedia hosting apabila tidak mengetahui alamat name-server web hosting kita. Name server biasanya seperti contoh ns1.webhosting.com, ns2.webhosting.com.

  • Simpan settingan dan tunggu kurang lebih 1x24 jam untuk penyesuaian di server DNS global.

Langkah 2. Menginstal CMS atau menggunakan Website Builder

Setelah langkah di atas kita selesaikan sekarang saatnya kita mulai ke tahap pembuatan desain atau konten yang akan tampil ketika pengunjung mengetik URL atau domain situs kita di browser. Proses ini memakan waktu yang cukup lama karena kita harus belajar menggunakan beberapa fitur yang ada pada website builder. Apabila kita menggunakan cms populer seperti wordpress, joomla, drupal, maka akan memakan proses yang cukup lama karena banyak sekali fitur dari CMS tersebut.

Apabila kita ingin menggunakan wordpress, beberapa langkah meng-install wordpress sebagai CMS website murah kita, dapat mengikuti cara sebagai berikut:

  1. Bagi web hosting yang memakai cpanel, silahkan login ke cpanel, terus cari opsi install wordpress. Biasanya ada pada kolom paling bawah Softaculous Installer,
  2. Klik install, terus Pilih versi wordpress yang terbaru, pilih domain yang akan di-install wordpress, arahkan pada direktori utama atau direktori domain utama, terus isikan judul website, deskripsi, serta email untuk admin website tersebut, disertai dengan password.
  3. Klik install dan tunggu proses sampai selesai.
  4. Jika sudah selesai, cobalah mengakses situs dengan mengetik alamat domain yang sudah kita beli tadi. Dan apabila muncul tampilan website wordpress, berarti tahap awal membuat website murah sudah selesai. Untuk langkah selanjutnya adalah kustomisasi, menginstal plugin, dan menambahkan halaman, pos, dan yang lainnya.

Langkah 3. Melakukan pengaturan desain, mengisi konten, dan melakukan perawatan

Sampai langkah 2, cara membuat website sendiri dengan biaya murah sudah selesai dan cukup mudah untuk diikuti. Pekerjaan selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melakukan penyesuaian desain tema website kita serta menginstall plugin yang diperlukan pada situs wordpress. Untuk dapat menambahkan tema baru ke situs wordpress kita, hal pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke dashboard situs wordpress yang kita buat sendiri tadi. Kami menyarankan kamu untuk berlatih sendiri dengan tutorial khusus yang akan kami berikan di situs ini.

Pertama yang harus bisa kamu lakukan adalah masuk ke dashboard agar bisa melakukan pengaturan desain tema dan hal lainnya. Berikut ini cara masuk ke dashboard wordpress.

1, Ketik alamat website kamu di tambah dengan wp-admin atau wp-login.php di belakangnya. Contoh jika alamat domain kamu baguz.info, maka untuk masuk ke dashboard wordpress adalah dengan mengetik baguz.info/wp-login.php. Jika alamat yang kamu ketik benar, maka akan muncul form login wordpress seperti di bawah.


form login website wordpress


2, Ketik nama pengguna atau alamat email kemudian ketik password yang kamu gunakan saat proses instalasi wordpress, lalu tekan Enter

3, jika User dan Password yang dimasukan tadi benar, maka kamu akan di alihkan ke halaman dashboard. Lihatlah tampilan dashboard wordpress seperti contoh di bawah ini.


dashboard admin wordpress


saat ini kamu sudah dapat melakukan pengaturan website wordpress sesuai dengan keinginan kamu. Settingan pertama yang harus di periksa adalah settingan permalink, dan juga settingan dasar.

Kesimpulan:

Langkah-langkah yang dijelaskan di atas merupakan tahap awal dalam membuat website murah dan dengan budget yang minim. Karena kita harus membuatnya sendiri dengan tujuan untuk meminimalisir biaya pembuatan website. Hal terpenting dalam sebuah website yang pertama adalah kita harus membeli domain, web hosting, dan melakukan instalasi, kustomisasi website. Sampai disini sudah pasti website murah kita sudah bisa tampil saat mengakses domain kita meskipun tampilannya masih standar.

Silahkan mengikuti tutorial kami lebih lanjut melalui fanspage Facebook, Twitter, atau melalui berlangganan postingan kami. Terima kasih untuk perhatiannya.

DMCA.com Protection Status
Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan