Pengertian Web Server, lengkap jenis dan fungsinya

Tim Baguz Tim BaguzIkuti 10 Oct, 2020 · 9 Menit Membaca
Pengertian Web Server, lengkap jenis dan fungsinya

Web server adalah sebuah software yang di install pada komputer server yang menjadi bagian terpenting dalam sebuah situs website atau blog. Itulah pengertian web server berdasarkan pendapat pengguna secara umum. Karena itulah Web server juga di sebut sebagai webhost atau web hosting. Padahal web server memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda. Web server memang menjadi bagian dari web hosting dan menjadi pemeran utama selain server itu sendiri dalam sebuah server web hosting.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang pengertian server dalam multimedia. Server adalah hardware dan pengertian web server adalah perangkat lunak yang ter install di server. Apabila server tersebut di install web server, barulah menjadi sebuah web hosting. Secara sederhana, web server mempunyai fungsi dalam menampilkan data website berupa html ke klien yang disebut web browser. Tetapi dalam perkembangannya sekarang web server sudah dilengkapi dengan perangkat lunak pendukung seperti FTP, MYSQL, Web Mail, NGIX, dll. Hal ini terlihat pada beberapa CPANEL hosting, litespeed web server.

Jika dulu web server sangat mahal, tetapi sekarang malah banyak yang menyediakan free web hosting, free CPANEL hosting dan free html hosting dan free database hosting. Ini membuktikan kalau harga web hosting server sudah semakin terjangkau. Karena itulah pengguna web server semakin banyak baik yang free maupun yang premium. Jadi penting sebenarnya mengetahui pengertian web server sebelum menggunakannya.

Pengertian Web Server, lengkap jenis dan fungsinya

Untuk calon pengguna web server atau web hosting, kami mencoba memberikan pemahaman mengenai pengertian web server, jenis web server, fungsi web server, dan juga cara kerja sebuah web server. Pada perkembangan teknologi multimedia saat ini, penggunaan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan primer setiap orang. Hampir setiap orang sekarang memiliki smartphone yang dapat mengakses internet darimana saja dan kapan saja. Sebenarnya saat ini bukan hanya browser yang bertindak sebagai klien, tetapi juga banyak aplikasi android yang bertindak sebagai web klien.

Apa itu web server?

Dengan lengkap kami sajikan pengertian web server berdasarkan pandangan dari berbagai sumber. Web server adalah perangkat lunak atau program yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) sebagai protokolnya. Protokol ini akan melayani source code html/php yang akan membentuk halaman website untuk pengguna situs tersebut. Saat terdapat permintaan, web server akan mengirimkan code berupa file html ke web client, kemudian web client akan menyusunnya menjadi sebuah halaman website.

Selain itu, kata web server juga bisa merujuk kepada perangkat keras server yang digunakan. Karena itulah server yang sudah diinstall software seperti Apache, PHP, dan MYSQL juga di sebut sebagai web server. Web client adalah sebuah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari web server. Data yang berupa source code html kemudian di susun menjadi sebuah halaman web di sisi web client. Beberapa web client yang populer digunakan seperti Chrome, Mozilla , safari, dll.

Jenis-jenis web server

Setelah kami memberikan pengertian web server, kayaknya kurang lengkap kalau belum tahu jenis-jenis dari web server. Teknologi multimedia semakin berkembang pesat dan bisnis di bidang server juga semakin banyak. Beberapa teknologi server yang berkembang seperti VPN server,

1. Apache


apache web server


Apache web server adalah jenis web server yang paling populer digunakan oleh penyedia layanan webhost. Apache merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Apache Foundation. Apache merupakan perangkat lunak open source yang bisa diinstall pada semua jenis platform. Biasanya disandingkan dengan Operating sistem windows, Linux, Unix, dan masih banyak lagi yang lainnnya.

Web Server yang menggunakan Apache sangatlah bagus karena bisa disesuaikan dan disertai dengan struktur modulasi. Disamping itu, Apache merupakan perangkat lunak open source, jadi dapat di pasangi modul untuk kepentingan customize. Jadi dari beberapa jenis web server, Apache kami anggap sebagai perangkat lunak web server terpopuler dan terbaik.

2. NGINX


nginx web server


Nginx Web Server adalah sebuah server yang terkenal dengan kekuatan dan sangat ringan. Selain itu, kinerja kerjanya sangat tinggi, stabil, cara konfigurasi yang sederhana, dan menggunakan sumber daya yang rendah. NGINX juga bisa disandingkan dengan Apache web server untuk mendapatkan kualitas web server yang tinggi.

NGINX server itu berdiri sendiri dan terpisah dari server lain dengan memakai even-driven scalable. Ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan sistem yang digunakan oleh Apache web server. Hal inilah yang membuat NGINX web server menghasilkan sebuah konsumsi RAM yang kecil. NGINX server juga multi fungsi yaitu bisa sebagai proxy servery, reverse proxy, serta load balance. Agak sulit memang mengetahui secara lengkap apa itu NGINX web server. Karena itu kami akan memberikan tutorial NGINX server di website ini.

3. LiteSpeed


Litespeed web server


LiteSpeed web server adalah sebuah server web yang digunakan untuk mengganti Apache karena memiliki kinerja yang tinggi. Sampai saat ini, LiteSpeed termasuk ke dalam deretan server terpopuler karena banyak digunakan oleh penyedia web hosting di dunia maupun web hosting Indonesia. Yang menyebabkan LiteSpeed populer adalah karena kinerjanya yang tinggi, tetapi biayanya sangat rendah.

LiteSpeed menjadi lebih cepat populer karena mempunyai fitur yang kompatibel dengan fitur Apache yang umum dipakai seperti mod_security dan .htaccess. tidaklah sama seperti proxy front-end, litespeed web server dapat dengan mudah bertansisi dengan Apache karena semua fungsi dapat diganti oleh web server LiteSpeed.

4. Web server IIS (Internet Information Services)


microsoft ISS server


Web server IIS adalah teknologi multimedia web server yang memiliki kinerja tinggi. ISS adalah server berbasis windows yang dimiliki oleh Microsoft. Web Server ini berjalan pada operating system’ windows NT/200 dan juga windows 2003. Tidak menutup kemungkinan akan tersedia di versi windows yang terbaru.

Berbagai fitur yang ditawarkan oleh ISS web server hampir sama dengan Apache web server. Walaupun ISS bukanlah perangkat lunak open source, tetapi menawarkan dukungan terhadap http, https, ftp, ftps, smtp dan juga nttp.

5. Lighttpd


lighttpd web server


Lighttpd web server adalah sebuah platform web open source yang diciptakan untuk sebuah lingkungan yang kritis. Meskipun begitu, lighttpd tetap menjaga standar server web yang ada, tetap aman, dan fleksibel. Pada awalnya lighttpd diciptakan untuk menangani masalah c10k yang mirip seperti NGINX. Lighttpd ini pertama kali ditulis menggunakan bahasa pemrograman C oleh programer dari jerman.

Lighttpd web server merupakan server yang mengkonsumsi daya yang sedikit. Selain itu dapat di install pada sistem operasi Linux dan keluarga Unix, windows, dan Mac OSX. Kelebihan dari lighttpd web server adalah sangat efektif dalam kemampuan mengatur CPU Load, dan fitur advance seperti URL-Writing, Output-Compression, SCGI, dan FastCGi.

6. Jigsaw


jigsaw server


Jigsaw web server adalah program open-source yang pertama kali diperkenalkan oleh World Wide Web Consortium. Jigsaw merupakan program yang tidak dirancang untuk aplikasi perusahaan, tetapi digunakan untuk menguji aplikasi supaya tetap dapat berjalan dengan baik. Sebenarnya sejak awal dikemukakan, hanyalah untuk demonstrasi semata.

Jigsaw Web server bisa berjalan dan diinstall pada berbagai sistem operasi seperti Linux, UNIX, Windows, Free BSD, dan sistem operasi open source lainnya. Jigsaw merupakan program yang dibuat dari Java tetapi dapat menjalankan skrip CGI dan PHP.

Itulah 6 jenis web server yang paling populer saat ini. Apabila anda ingin memilih web server terbaik, inilah menjadi tantangan yang keras yang harus dihadapai oleh penyedia layanan web hosting. Setiap penyedia layanan server web hosting haruslah memikirkan beberapa faktor hardware, sebelum menentukan jenis web server yang sesuai untuk kebutuhan customer atau pelanggan mereka.

Fungsi Web Server

Setelah mengetahui pengertian web server, apa itu web server, serta 6 jenis web server di atas, belum lengkap rasanya kalau tidak mengetahui fungsi dari sebuah web server. Secara umum, fungsi web server adalah mengolah berkas file yang diminta oleh web klien. Ketika sebuah klien meminta berkas atau halaman web, web server akan menanggapi permintaan tersebut dan menjawabnya dengan mengirim teks, gambar, video, dan lain - lain ke sisi klien. Proses komunikasi antara klien dengan web server dapat dilakukan dengan bermacam-macam protokol berdasarkan konfigurasi pada web server.

Sehingga bisa kami jelaskan fungsi utama web server adalah menyimpan, mengolah, dan memproses permintaan dari klien. Jadi sebenarnya fungsinya hampir sama seperti komputer server. Cuma mungkin jaringannya luas dan hardware yang lebih besar. Jadi ketika kita mengakses sebuah website, kita dan perangkat komputer disebut sebagai klien yang meminta data kepada web server. Jika domain ataupun alamat IP yang dituju itu benar, web server yang dituju akan melakukan respon dengan memberikan file yang ada di web server storage atau database website tersebut.

Cara Kerja Web Server , Web klien, dan protokol yang digunakan

Dari pengertian web server di atas, mungkin kita sudah mengetahui kalau protokol yang digunakan dalam berkomunikasi melibatkan 2 pihak. Jika menggunakan VPN server, Bisa jadi melibatkan 3 pihak. Tetapi secara umum hanya melibatkan server dan klien. Dimana web browser, komputer, smartphone adalah pihak yang bertindak sebagai klien. Sementara web server serperti VPS, Dedicated Server, Shared Hosting itu bertindak sebagai Server. Kedua pihak ini saling berkomunikasi menggunakan protokol seperti HTTP, HTTPS, dll melalui jaringan internet global.

Didalam protokol umum seperti HTTP, web server memiliki peran sebagai server, dan web browser memiliki peran sebagai web klien.Ketika pengguna memasukan URL situs/website di browser, maka browser akan memprosesnya dan mengirimkan permintaan ke server melalui protokol HTTP ke Server. Semakin cepat koneksi internet, semakin cepat juga respon yang akan kita dapatkan dari server webhost

Apabila yang diminta ke server itu berupa dokumen, maka web server akan mengirimkan dokumen. Tetapi apabila yang diminta adalah dokumen yang terdiri dari program server, maka selanjutnya web server pasti akan mengirimkan file dalam bentuk HTML. File HTML inilah yang akan di proses oleh Web browser menjadi sebuah halaman situs/website.

Kurang lebih itulah penjelasan lengkap tentang pengertian web server, jenis serta fungsi web server, dan cara kerjanya. Saya harap semua penjelasan di atas bisa menjawab apa itu web server dan definisi server secara lengkap. Kami juga telah memberikan contoh-contoh dengan jelas. Jadi bisa dapat menambah pengetahuan untuk anda yang ingin menggunakan web server atau web hosting server. Sedikit saran dari kami, apabila ingin membuat website professional, lebih baik memilih web hosting indonesia atau luar yang premium. Jangan memilih web hosting gratis yang belum tentu bagus.

Baca juga

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim Baguz
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan