Pengertian WIFI/WLAN, cara kerja, jenis dan juga Fungsinya

22 Nov, 2020 · 6 Menit Membaca

Apabila kita mempelajari tentang jaringan komputer maupun internet, tentu pernah mendengar tentang WIFI. Apakah kamu tahu apa itu WIFi, Pengertian WIFI, jenis-jenis standarisasi dalam jaringan dan juga fungsinya?. Kelihatannya sih banyak yang mengartikan kalau WIFI itu adalah internet tanpa kabel yang dapat digunakan di Laptop, Komputer, maupun Smartphone atau Handphone. Sebenarnya tidak salah juga pengertian WIFI tersebut di halayak umum karena pada prinsipnya banyak di fungsikan dalam berinternet. Maka daripada itu kami akan menambahkan secara lengkap apa saja yang di sebut sebagai WIFI.

Setelah mengenal kata WIFI, apa pernah juga mendengar kata WLAN? pada dasarnya pengertian antara WIFI dan WLAN itu sama. Mungkin sebutannya saja yang berbeda. Kalau WLAN merupakan kepanjangan dari Wireless LAN. Pengertian WLAN adalah jaringan komputer lokal yang memanfaatkan gelombang radio dalam jaringan lokal. untuk lebih jelas, akan di bahas tentang pengertian apa itu WLAN.

Pengertian WIFI/WLAN

WIFI merupakan merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang berati teknologi jaringan nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio dalam sistem komunikasinya. Dalam jaringan yang memanfaatkan Wireless, beberapa jaringan dapat saling berkomunikasi selama perangkat tersebut dapat terhubung dengan jaringan Wireless. Pengertian WIFI secara lengkap bisa di sebut sebagai gelombang radio dengan frekuensi tertentu yang dapat menggantikan fungsi kabel dalam sebuah jaringan lokal sehingga perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut bisa saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi.

Itulah sejatinya pengertian WIFI yang sebenarnya. Jika kita lihat penggunaannya saat ini kebanyakan digunakan untuk melakukan koneksi ke jaringan internet. Tetapi sebenarnya WIFI hanya menghubungkan jaringan tersebut ke jaringan lokal yang terhubung ke internet melalui sebuah Router. Jadi jangan salah kaprah ya karena WIFI itu tidak langsung terhubung ke internet, melainkan harus dengan bantuan Router atau Modem. Saat ini banyak Router atau modem yang memiliki fitur Wireless sehingga jaringan WIFI atau WLAN dapat terbentuk dengan mudah.

WIFI atau juga ditulis WI-FI merupakan teknologi yang pertama kali ditemukan oleh NCR Corporation dan juga perusahaan AT&T pada tahun 1991. Pada saat pertama kali di temukan, sistem jaringan nirkabel WI-FI digunakan untuk jaringan sistem kasir. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, Fungsi WIFI kini mulai bergeser ke dalam penggunaan internet tanpa kabel dan juga untuk kepentingan Smart Home.

“produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11“ oleh WI-FI alliance

WIFI Alliance merupakan pemegang merek dagang WIFI yang secara teknis, membeberkan kalau Teknologi WIFI adalah jaringan lokal tanpa kabel yang memiliki basis standar IEEE 802.11. Standarisasi ini di bagi lagi menjadi beberapa jenis seperti 802.11a, 802.11b, 802.11g, 802.11n, dan 802.11ac.

Cara kerja WIFi atau WLAN

Melihat pengertian dari WIFI ataupun Pengertian WLAN, Jelas sekali kalau cara kerjanya adalah memanfaatkan gelombang Radio dalam jaringan. Jaringan ini tentunya tidak menggunakan kabel pada jaringan lokal. Untuk jaringan internet terkadang masih perlu adanya kabel yang terhubung ke modem/router agar WIFI Client dapat terhubung ke internet tanpa kabel.

Router atau Modem inilah yang memungkinkan koneksi ke server yang lebih luas dapat terbentuk. Router dapat menghubungkan langsung ke internet global atau juga ke server VPN dan juga server Proxy untuk tujuan keamanan dan juga kecepatan internet. Router ini juga menghasilkan gelombang radio yang dapat di tangkap oleh perangkat oleh perangkat yang akan terhubung ke jaringan WIFI.

Sinyal radio memang merupakan teknologi andalan yang di gunakan dalam jaringan WIFI. Secara umum terdapat dua jenis frekuensi gelombang radio yang dapat di pancarkan oleh WIFI ataupun WLAN yaitu frekuensi 2,4Ghz dan juga 5Ghz. Secara umum cara kerja WIFI dapat di jabarkan melalui gambar seperti di bawah ini.


diagram jaringan WIFI atau WLAN


Dari diagram jaringan WIFi di atas dapat di jelaskan kalau cara kerja WIFI saat digunakan untuk mengkases internet oleh komputer atau laptop adalah sebagai berikut:

  1. Komputer mengirim request ke router untuk memintanya terhubung ke alamat Domain Website yang di ketik di browser.
  2. Melalui permintaan tersebut, Router akan melakukan pengolahan informasi sesuai setingan yang terdapat padanya. Kemudian router mengirim permintaan ke alamat server DNS dan menunggu replay
  3. Apabila ada replay dari DNS server, maka router akan meneruskan data tersebut ke komputer

Itulah alur kerja WIFi secara singkat. dan setiap permintaan atupun komunukasi yang terjadi pada sebuah jaringan WIFI tetap akan melewati router yang di sini merupakan Access Control atau Point Access di jaringan tersebut.

Jenis - Jenis Jaringan WIFI dan WLAN

Saat ini terdapat 2 jenis jaringan Wireless LAN yang dapat di bentuk menggunakan teknologi WIFI. Pada prinsipnya, kedua jaringan ini memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis jaringannya antara lain:

1. Jaringan Infrastruktur atau Infrastructure Network

Jenis jaringan WIFI ini biasanya digunakan oleh pengguna secara umu seperti kantor, sekolah, rumah bahkan di tempat umum. Jenis inilah yang sering kita gunakan setiap hari dalam mengakses internet tanpa kabel atau dengan sistem Wireless. Biasanya sistem ini menggunakan sebuah Perangkat router yang dilengkapi Wireless di dalamnya. Router ini di gunakan sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan lokal Wireless (WLAN) melalu kabel backbone sehingga terhubung ke internet dan membuka Website.

Dalam jaringan lokal, Router akan mengatur setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WIFI. Router ini dapat di atur agar dapat bertugas sebagai Base Station atau juga cuma sekedar Access Point. Seperti perangkat Router standar hanya dapat memancarkan WIFI maksimal adalah 300 meter. Jarak pancar sinyal WIFI itu tergantung dati situasi lapangan dan keadaan lingkungan sekitar.

2. Jaringan WIFI Ad-Hoc

Jaringan AD-Hoc merupakan jenis jaringan WIFI yang hanya berkomunikasi dalam jaringan lokal saja tanpa terhubung ke internet. Jaringan Nirkabel ini banyak di manfaatkan dalam bekerja pada sebuah kelompok kerja misalnya antara komputer satu dengan komputer lain, Sharing printer, Sharing File, dan masih banyak lagi fungsi dari jaringan WIFI Ad-Hoc ini.

Dalam jaringan Ad-Hoc biasanya terdapat sebuah titik point dalam berkomunikasi. Titik point ini bisa berupa Access Point atau juga komputer server. Setiap jaringan Ad-Hoc menggunakan algoritma yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan keinginan pengguna.

Sebenarnya jaringan Ad-Hoc memiliki sifat yang dinamis dan dapat memiliki arti yang berbeda di dalam setiap penggunaannya. Tetapi tetap saja memiliki karakteristik yang sama seperti Limited Resources, Multiple Link, dan juga Dynamic Topologi.

Fungsi WIFI

Setelah kita membahas pengertian WIFI secara lengkap beserta dengan jenisnya. Rasanya kurang lengkap kalau kita melewatkan apa saja fungsi WIFI yang kita ketahui. Berdasarkan pengertian di atas, WIFI memiliki fungsi menghubungkan perangkat-perangkat yang terdapat pada sebuah jaringan WIFI ke jaringan internet. Tetapi sebenarnya fungsinya tidak sebatas itu saja. Masih banyak fungsi lainnya yang perlu kita tahu. Berikut ini fungsi WIFI secara umum seperti berikut:

1. Menghubungkan perangkat ke dalam sebuah Jaringan tanpa menggunakan kabel

Sesuai dengan pengertiannya, Jaringan WIFI memang berbeda dengan jaringan LAN yang memerlukan kabel dalam berkomunikasi. Jaringan WIFI merupakan tipe jaringan yang memanfaat teknologi Wireless dalam berkomunikasi sehingga memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat Device ke dalam sebuah jaringan tanpa kabel.

Di dalam jaringan tersebut tentu kita juga dapat mengakses internet tanpa kabel asalkan Router terhubung ke penyedia layanan internet menggunakan kabel backbone atau juga modem internet.

2. Berbagi data antara perangkat satu dengan lainnya

Dengan Jaringan WIFI/WLAN kita akan dengan mudah membagikan data perangkat satu dengan perangkat yang lainnya yang terhubung ke jaringan. Sebagai contoh adalah sistem transfer data dari Hp Android ke komputer atau dari Hp android ke Hp lainnya menggunakan aplikasi SHAREit. Aplikasi ini membutuhkan jaringan WIFI dalam transfer data antar Device.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!