Pengertian Wireless Network, Fungsi serta jenisnya

14 Nov, 2020 · 5 Menit Membaca

Di dalam perkembangan Teknologi Jaringan saat ini mungkin sebagian dari kita sudah menggunakan Wireless Network. Rasanya lucu jika kita sudah biasa menggunakan Wireless Network tetapi tidak tahu pengertian Wireless Network. Sebenarnya kata ini berasal dari bahasa inggris, karena pada awalnya teknologi ini ditemukan di luar negeri sehingga menggunakan bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris.

Kalau di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Wireless Network berarti Jaringan tanpa kabel atau nirkabel. Karena memiliki fungsi yang sangat membantu dalam segi komunikasi, Wireless Network semakin berkembang hingga muncul jenis-jenis yang baru yang tentunya kita ketahui sendiri.

Jenis Wireless Network yang pertama kita gunakan adalah Mobile Network yang awalnya berkembang dari Teknologi Radio dengan frekuensi yang berbeda. Tentunya jenis ini memiliki arti dan fungsi yang sama dengan Wireless Network saat ini banyak digunakan seperti WIMAX dan juga WIFi. Secara umum sebuah Network atau jaringan memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar data.

Mungkin banyak yang menganggap kalau Wireless Network itu di artikan sebagai WIFi, padahal sebenarnya pengertian WIreless Network itu lebih luas. Sedangkan WIFI itu merupakan salah satu jenis Wireless Network yang sedang berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat luas. Ada juga istilah Wireless Charger yang berbeda dengan wireless NEtwork. Secara spesifik akan dijelaskan apa itu Wireless Network dan apakah sebenarnya fungsinya.

Pengertian Wireless Network

WIreless Network atau Jaringan Nirkabel adalah jenis jaringan yang menggunakan media komunikasi radio tanpa kabel yang dapat menghubungkan perangkat-perangkat jaringan seperti Router, Komputer, Server, Dan masih banyak yang lainnya. Media komunikasi Radio yang di implementasikan pada Wireless Network merupakan Fhysical Layer dari 7 jenis OSI Model. Wireless Network merupakan perangkat jaringan fisik yang bersentuhan langsung dengan Hardware yang terdapat pada sebuah jaringan.

Karena merupakan Fhysical Layer, secara umum Pengertian Wireless Network adalah media transmisi yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel dalam sistem komunikasinya. Jenis Network ini lebih fleksibel dan simpel jika di bandingkan dengan jenis jaringan lainnya, karena banyak pengguna dapat dengan mudah terhubung ke jaringan dalam waktu yang bersamaan. Tetapi karena banyaknya pengguna yang terhubung membuat Wireless Network menjadi kurang terfokus dan alhasil kecepatan menjadi lebih lambat.

Secara logika, Karena menggunakan Teknologi Radio, tentu kecepatan dari Wireless Network tergantung dari jarak dan jenis signal yang di gunakan. Untuk jenis Signal Wireless tipe lama, Jarak adalah sebuah hambatan dalam segi kecepatan. Tetapi untuk teknologi yang baru, Wireless Network semakin berkembang dan dapat menutupi kekurangan Wireless Network ini.

Seperti WIFI yang dulu, kita hanya bisa menikmati kecepatan maksimal yaitu 45Mbps, tetapi sekarang WIFI sudah bisa mentransfer data dengan kecepatan lebih tinggi yaitu sampai 300Mbps. Kalau dulu cuma ada Wireless dengan tipe signal B dan G, Sekarang sudah ada tipe baru yaitu tipe N yang semakin cepat dan signal-nya dapat menembus tembok.

Fungsi Wireless Network

Setelah kita mengetahui pengertian apa itu sebenarnya WIreless Network, Perlu juga kita ketahui apa saja fungsi Wireless Network. Mungkin sebagian dari kita sudah merasakan manfaat yang sangat luar biasa saat menggunakan Teknologi tanpa kabel ini. Untuk itu perlu juga kami jabarkan apa saja fungsi dari Wireless Network antara lain:

1. Menggantikan Kabel Jaringan

Sudah di jelaskan sedikit tentang fungsi WIreless Network secara umum adalah sebagai pengganti kabel yang dapat menggantikan kabel jaringan dengan sempurna. Meskipun kecepatan yang di hasilkan tidak secepat jaringan kabel (Wired Network) tetapi akan terus berkembang bahkan bisa akan lebih cepat dengan Kabel.

2. Menghubungkan Perangkat Jaringan

Fungsi Wireless Network yang lebih teknis adalah untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan perangkat lainnya dalam waktu yang bersamaan. Dilihat dari kedudukan berdasarkan OSI layer, Wireless Network berada pada lapis pertama yaitu Fhysical Layer yang bersentuhan langsung dengan perangkat jaringan.

3. Menghubungkan ke Jaringan Internet

Kalau masyarakat umum mengetahui kalau fungsi Wireless Network adalah untuk menghubungkan laptop, komputer, dan ponsel ke jaringan internet tanpa menggunakan kabel tetapi menggunakan WIFI. Sebenarnya itu merupakan fungsi Wireless yang lebih spesifik jika di lihat dari jenisnya. Kalau jenis Wireless Network yang lain tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Tetapi tentu tidak melepaskan fungsi utama dari Wireless Network tersebut.

Jenis-jenis Wireless Network

Berdasarkan teknologi terkini, Wireless Network dapat di bagi menjadi 5 jenis antara lain:

1. Mobile Network (Jaringan Seluler)

Jaringan seluler merupakan jaringan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Wireless Network adalah jaringan radio yang tersebar luas di beberapa wilayah yang memberikan layanan telekomunikasi nirkabel ke perangkat telekomunikasi seperti ponsel, pager, modem, dll.

2. Wireless Lan (WIFI)


pengertian dan jenis Wireless Network


Wireless Lan atau WLAN atau juga biasa di kenal dengan nama wifi merupakan jenis Wireless Network yang banyak digunakan untuk berinternet. Sebenarnya dulu WLAN hanya digunakan untuk jaringan komputer lokal saja, tetapi sekarang lebih banyak digunakan untuk mengakses internet tanpa kabel. Saat ini kecepatan WIreless Lan juga semakin meningkat dan teknologinya semakin berkembang. Jangkauan signal WIFi semakin luas, dan juga kecepatannya semakin ditingkatkan.

3. Wireless WAN (Wide Area Network)

Mungkin jenis Wireless Network ini sangat jarang kamu dengar karena istilah ini digunakan dalam hal teknis saja. Sebenarnya jenis ini sudah kamu nikmati cuma tidak tahu kalau itu adalah Wireless WAN. Seperti namanya Wireless Wide Area Network merupakan jaringan nirkabel yang dapat menjangkau area yang luas. Tipe jaringan ini dapat di manfaatkan sebagai solusi kualitas jaringan game online Pedesaan. Misalnya menghubungkan Kantor satu dengan Kantor lainnya, Tower satu dengan Tower lainnya.

4. Wireless MAN (Wireless Metropolitan Area Network)

Wireless MAN adalah jaringan Wireless yang dapat menghubungkan Beberapa jaringan WLAN menjadi satu jaringan. Biasanya jenis jaringan ini di implementasikan pada koneksi jarak jauh dan melakukan pemancaran ulang melalui WLAN ke WLAN lainnya. Contoh yang umum dan banyak digunakan adalah pada koneksi Wireless Point to Multipoint.

5. Wireless PAN (Personal Area Network)

WIreless PAN merupakan jaringan Wireless Lokal yang memiliki jangkauan area kecil seperti perkantoran, ruangan atau bahkan dalam 1 Meja. Contoh penggunaan seperti Printer WIFi, WIFI NAS, dan banyak yang lainnya.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan