Syarat Kualitas jaringan internet untuk main game online

27 Oct, 2020 · 7 Menit Membaca

Kualitas jaringan internet yang baik merupakan kunci kemenangan dalam bermain game online. Bagi pemain game online kawakan, tentu tidak ingin gegabah dalam memilih jaringan interet kaerna dia tidak mau kualitas bermain gamenya buruk akibat konksi jaringan yang buruk. Mereka memiliki syarat kualitas jaringan internet yang baik untuk bermain game online. Kecepatan bukanlah syarat utama yang haruslah dipenuhi. Masih banyak faktor lainnya yang juga harus ada pada jaringan internet tersebut. Apa saja faktor yang mempengaruhi baik atau buruknya jaringan internet game onle, semua akan kamibahas dengan lengkap agar kita semua mengerti dan menerapkanya apabila ingin menggunakan jaringan tersebut untuk bermain game.

Bukan hanya untuk penggiat game online di komputer, untuk yang suka main game online di android juga wajib memenuhi persyaratan tersebut agar pengalaman bermain game jadi lebih baik. sebenarnya hampir sama mau main di android ataupun di komputer sebenarnya sama saja harus menggunakan jaringan internet yang baik dan lacar tanpa ada hambatan. Dalam penelusuran pencarian internet yang lancar pemilihan provider internet menajadi momok bagi sebagian orang karena kurangnya infrastruktur jaringan internet yang masih kurang merata di beberapa daerah. Seperti teknologi jaringan yang terbaru dan tercepat saat ini adalah jaringan 4G, 4.5G, dan juga jaringan kabel fiber optik.

Jaringan internet itu apa ya?

Ingin mengetahui syarat atau kualitas jaringan internet untuk main game online tentu harus tahu juga pengertian apa itu jaringan internet. Kalau tidak tahu, bagaimana bisa bilang kalau kualitas jaringan internet untuk main game online itu bagus atau tidak. Tentu sedikit berbeda dengan pengertian jaringan komputer. Jika jaringan komputer itu termasuk jaringan lokal, sedangkan jaringan internet itu sudah masuk skala global dan terhubung ke seluruh dunia.

Jaringan internet adalah beberapa perangkat komputer multimedia, komputer server yang terhubung melalui media internet sehingga terhubung satu sama lainya. Selain itu juga dapat di definisikan sebagai sebuah rangkaian perangkat jaringan yang tersebar di seluruh bagian dunia. Ukuran dan jumlah perangkat yang terhubung akan terus bertambah seiring dengan pesatnya perkembangan media informasi melalui jaringan internet.

Saat kita menggunakan sebuah komputer multimedia, smartphone untuk mengakses internet, hal tersebut sudah masuk kategori jaringan skala kecil. Sebenarnya jutaan bahkan milyaran perangkat jaringan yang saling terhubung sehingga informasi dapat diteruskan dengan cepat. Itulah sebabnya kenapa sekarang internet semakin berkembang sangat pesat.

Manfaat dan fungsi jaringan internet game online

Apabila berbicara manfaat jaringan internet, tidak ada bedanya dengan manfaat dari sebuah perangkat komputer multimedia, manfaat internet, dan manfaat server. Jaringan internet memiliki manfaat membantu perangkat jaringan untuk saling terhubung sehingga transfortasi data semakin cepat ke seluruh dunia.

Fungsi dari jaringan internet tidak lain layaknya seperti sebuah jalan tol yang terhubung ke seluruh dunia, dan perangkat multimedia seperti komputer, server, dan perangkat lainnya sebagai alat transportasinya. Dalam hal ini, fungsi jaringan untuk game online adalah menghubungkan komputer game kita dengan server game online tanpa hambatan.

Setelah mengetahui definisi apa itu jaringan internet, sekarang kembali lagi pada pembahasan kita. Untuk main game online, kualitas jaringan internet yang bagus itu seperti apa ya? Mari kita bahas.

Syarat Kualitas Jaringan internet untuk main game online

Merujuk pada cara memilih provider internet untuk main game online, bisa kita samakan syarat dari kualitas jaringan internet untuk game online. Jaringan internet yang kita maksud adalah bagaimana cara komputer game kita dapat terhubung ke internet dengan kualitas yang bagus. Ini akan menentukan kenyamanan dan kesuksesan bermain game online.

Hampir sama dengan membuka bisnis jasa sewa komputer untuk main game online, tentu kita memikirkan komponen komputer untuk main game dan koneksi internet yang bagus untuk main game online. Sebenarnya untuk memilih koneksi untuk game online, haruslah memperhatikan beberapa persyaratan seperti berikut :

1. Kecepatan koneksi jaringan internet

Memang kecepatan koneksi internet menjadi sebuah ukuran bagus atau tidaknya sebuah jaringan internet untuk main game online. Saat bertanya provider internet mana yang bagus untuk game online, itu sudah kami bahas pada cara memilih provider internet untuk game online. Pembahasannya sekarang adalah dalam memilih paket internet yang cocok untuk game online anda.

Saat memilih paket internet, pilihlah paket yang rasional dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dalam hal ini jika untuk main game online, kecepatan minimal yang harus anda dapatkan adalah 1 Mbps. Bisanya sekarang provider menawarkan speed internet up-to 10 Mbps. Pastikan juga kecepatan tidak naik dan tidak turun, karena bisa membuat ngelag saat main game online.

2. Latency koneksi internet

Apakah anda tahu, disampingnya kecepatan internet latency juga memegang peranan penting dalam bermain game online. Lalu apakah anda tahu apa itu Latency?

Latency adalah keterlambatan atau waktu yang dibutuhkan komputer game dalam mengirim dan menerima perintah ke server game online. Latency diukur dalam satuan milisecond. Semakin kecil latency, semakin bagus juga kualitas jaringan internet untuk main game online.

Untuk mengukur latency, anda dapat menggunakan tool windows command prompt. Cobalah PING ke server game online, perhatikan hasil nya tiap detik. Pastikan tidak ada putus (RTO) serta nilai milisecond-nya tidak besar. Selain itu juga, anda dapat mencoba test latency di situs pingtest.net, pada website tersebut anda akan mengetahui kualitas jaringan internet anda grade A atau Grade B

3. Koneksi internet stabil alias tidak terputus putus

Hal ini merupakan gabungan dari speed, kuota, bandwidth, dan latency jaringan internet. Kecepatan internet yang tinggi akan percuma saja apabila sering putus. Ini akan berimbas pada game online yang sedang anda mainkan. Biasanya setiap provider memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang cepat tetapi sering putus dan ada yang cepat tetapi stabil. Pada intinya koneksi internet stabil menjadi penting saat bermain game online karena memerlukan komunikasi ke server game online yang terus menerus. Hal ini tentu berbeda dengan browsing internet atau streaming video.

Solusi jaringan internet daerah pedalaman agar bisa bermain game online dengan nyaman

Kualitas koneksi jaringan internet dan juga spesifikasi komputer game online sangatlah menentukan kenyamanan bermain game online. Melihat 3 syarat kualitas jaringan internet untuk main game online diatas, banyak daerah di Indonesia terkadang sangat sulit memenuhi kualitas di atas. Seperti daerah pedesaan dan pedalaman yang minim signal operator internet pasti sangat sulit main game online.

Seperti kenyataan di lapangan, masih banyak daerah yang belum tercover oleh signal 4G. Kebanyakan daerah pedesaan dan pedalaman hanya mendapat sinyal 3G ke bawah. Apabila main game online menggunakan jaringan internet dengan Signal HSDPA, 3G, GPRS, dan EDGE sangat tidak bagus digunakan untuk game online. Apabila digunakan untuk browsing mungkin masih bagus, tetapi untuk main game online, sangat kurang karena tidak stabil.

Kami pernah mencoba main game online di jaringan 4G, tetapi masih ditemukan latency jaringan yang buruk. Terkadang jaringan terputus, dan nyambung lagi dengan cepat. Menurut kami, hanya ada 1 solusi untuk masalah jaringan internet seperti ini. Ada solusi yang dapat anda gunakan agar mendapatkan kualitas jaringan internet untuk main game online yang bagus. Solusinya adalah dengan menggunakan koneksi nirkabel point’ to poin. Hal ini dapat diaplikasikan pada daerah yang tidak tercover jaringan fiber optic.

Jaringan Internet witeless point-to-point

Sistem point-to-point yang kami maksud adalah memanfaatkan koneksi stabil pada suatu tempat, kemudian diteruskan melalui jaringan wireless point-to-point ke daerah terpencil. Agar lebih faham tentang apa yang kami maksud, coba perhatikan contoh skema atau diagram jaringan point-to-point di bawah:


menembak wifi point to point


Skema jaringan di atas adalah salah satu solusi mendapatkan kualitas jaringan internet untuk main game online di daerah pedalaman. Apabila menggunakan sistem point-to-point, mungkin tidak cocok digunakan sendiri karena biaya pemasangan dan pembelian perangkatnya cukup mahal. Jika diperhatikan memang hampir sama seperti penangkap sinyal wireless jarak 10 km. Tetapi lebih stabil menggunakan sistem point to point.

Untuk jaringan point-to-point anda harus menyiapkan perangkat seperti 2 buah tower triangle, 2 buah router, 2 antena grid, setting mikrotik, dan kabel secukupnya. Game online memang sangat menggoda, tetapi akan sangat berat apabila kita berada di daerah dengan jaringan internet yang buruk. Sekarang tergantung anda saja, mau pilih main game pakai internet stabil atau internet yang terputus putus?

Kesimpulannya:

Sesuai penjelasan kami di atas, bisa disimpulkan kalau syarat kualitas jaringan internet untuk main game online adalah koneksi internet yang cepat, latency yang kecil, serta koneksi yang stabil. Cara di atas bisa anda aplikasikan atau gunakan dalam membangun warung internet game online. Hal ini juga bisa menjadi tambahan informasi bagi pemain game online android. Pada kenyataannya, main game online di android menggunakan jaringan fiber optic terbukti lebih baik daripada jaringan seluler.

Mungkin saja ada beberapa teknik membuat koneksi internet untuk main game online menjadi stabil, tetapi hal tersebut belum benar-benar bisa kami buktikan. Untuk anda yang ingin membuat koneksi internet lebih stabil, dapat mencoba cara tersebut, tetapi bisa sukses dan bisa saja tidak ada efeknya sama sekali saat bermain game online. Salah satu yang terbukti efektif adalah dengan menambahkan mikrotik router dengan sedikit setting mikrotik, koneksi internet untuk main game nejadi stabil.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan