Komponen komputer utama dan pendukung lengkap dengan fungsinya

27 Oct, 2020 · 7 Menit Membaca

Komponen komputer adalah sebuah bagian-bagian yang dibutuhkan oleh sebuah PC komputer multimedia sehingga menjadi perangkat komputer yang dapat beroperasi dengan maksimal. Dalam sebuah komputer biasanya terdapat komponen utama dan pendukung. Komponen ini biasanya terdapat pada semua jenis komputer dan harus terpasang pada komputer agar komputer dapat bekerja. Setiap komponen yang terdapat pada CPU Komputer tersebut memiliki fungsi masing-masing. Hal ini sangat perlu kita ketahui saat ingin merakit sebuah PC komputer atau memperbaiki komputer yang rusak.

Hampir semua kalangan yang menggunakan komputer sudah pasti mengetahui apa itu komputer. Tetapi apakah kamu tahu kalau PC komputer itu terdiri dari komponen-komponen yang kecil. Komponen komputer ini berupa hardware yang terpasang di dalam komputer. komponen yang terpasang pada CPU dapat di kelompokan menjadi dua yaitu komponen utama dan juga komponen pendukung. Setelah kita mengekelompokannya, menjadi dua, barulah kita akan mengetahui komponen utama merupakan komponen terpenting yang harus ada pada komputer tersebut.

Komponen utama komputer dan fungsinya

Komponen utama merupakan komponen terpenting yang harus ada pada sebuah komputer. Apabila komponen ini tidak lengkap, tentu komputer tidak dapat digunakan. Seperti halnya sebuah mobil yang tidak akan bisa jalan tanpa roda atau tanpa ada yang mengoperasikannya. Berikut ini beberapa komponen utama pada komputer dan yang paling terpenting adalah:

1. Motherboard atau mainboard (komponen utama pada komputer)


komponen utama komputer yaitu motherboard dan fungsinya


Seperti namanya, motherboard atau mainboard merupakan sebuah komponen utama tempat komponen lainnya dipasang. Motherboard adalah sebuah perangkat keras yang berupa papan lebar. Dalam motherboard terdapat system’ BIOS, soket RAM, Soket VGA Card, Soket prosesor, soket hardware tambahan seperti PCI, ISA, dll.

Dari penjelasan apa itu motherboard di atas, fungsi motherboard ternyata sangat penting. Fungsi motherboard adalah sebagai sebuah pusat dari komponen lainnya sehingga dapat terhubung dan bekerja menjadi satu kesatuan dalam perangkat komputer.

Saat ingin membuat sebuah komputer, komponen ini bukalah yang pertama harus anda tentukan. Biasanya sebelum komputer itu dibuat, pasti kita menentukan tipe processor, besarnya RAM, dan besarnya ruang penyimpanan atau Hardisk. Lalu apa itu processor

2. Processor


prosesor sebagai komponen utama komputer dengan fungsi inti


Processor adalah komponen komputer yang paling utama dan merupakaninti dari sebuah komputer. Jadi saat merakit komputer pastikan ini menjadi pertimbangan awal sebelum memilih tipe motherboard dan RAM. Processor adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai otaknya atau inti dari komputer tersebut. Kenapa prosesor merupakan komponen utama karena dialah yang mengendalikan kerja komputer dan bekerja sama dengan komponen lainnya.

Satuan kecepatan prosesor adalah dalam satuan Mhz atau Mega Heartz dan Ghz atau Giga Heartz. Semakin besar prosesor yang digunakan, semakin cepat pula kinerja komputer tersebut. Makanya saat ingin buat komputer atau merakit komputer, pasti prosesor-lah yang lebih dulu ditentukan. Mau prosesor merk apa, tipe apa, dan dengan kecepatan berapa.

Fungsi processor adalah melakukan proses data input kemudian akan menghasilkan output ke beberapa perangkat hardware yang lain. Itulah sebabnya processor akan terus bekerja dengan komponen lainnya seperti RAM dan Hardisk.

3. RAM atau Random Access Memory


RAM komputer juga termasuk komponen utama


RAM adalah komponen komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara saat processeor dan komponen lainnya melakukan proses data. Karena itu dapat juga di definisikan kalau RAM adalah penyimpanan data secara acak dan menjadi penyimpanan sementara ketika komputer mulai dihidupkan.

Fungsi RAM adalah sebagai penyimpanan data-data program yang diolah untuk sementara waktu, apabila komputer tersebut mati, maka semua data di RAM akan hilang. Besar nya ram juga dapat membuat kinerja komputer semakin cepat karena tempat proses data semakin besar. Karena itu, komponen satu ini juga perlu dipertimbangkan besarnya saat akan merakit komputer. Biasanya tipe RAM itu ditentukan oleh Motherboard.

4. Hardisk Drive


HDD tempat penyimpanan utama file komputer


Hardisk Drive (HDD) adalah komponen yang terdapat pada komputer yang digunakan untuk menyimpan file-file statik yang merupakan data sekunder. Di dalam hardisk Drivej terdapat piringan magnetis yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara permanen. Kapasitas penyimpanan hardisk drive di ukur dalam satuan Gigabyte.

Hardisk Dive berfungsi sebagai tempat menyimpan data dan file secara permanen. Di dalam hardisk Drive biasanya tersimpan data operating system, driver, dokumen, gambar, video, audio, dan file lainnya. Karena itu, data yang tersimpan dapat di akses kapan saja dan tetap tersimpan meskipun komputer mati.

5. VGA Card ( Video Graphics Accelerator)


komponen VGA card komputer


VGA Card atau Video Graphics Accelerator adalah bagian dari komponen komputer yang berperan sangat penting dalam mengolah data yang akan ditampilkan di layar. Karena itu hampir semua komputer merupakan VGA card. Jika tidak maka tidak akan ada tampilan di layar monitor. Biasanya VGA card langsung tertanam pada motherboard. Tetapi pada tipe motherboard untuk game online, VGA Card harus di tambahkan ke dalam slot PCIex. Biasanya VGA card tidak diperlukan oleh komputer server karena server tidak memerlukan tampilan di layar monitor.

Berkaca dari pengertian apa itu VGA card, maka bisa dijelaskan fungsi VGA card adalah mengolah data-data graphic yang akan ditampilkan di layar monitor. Di dalam sebuah VGA card tambahan terdapat juga terdapat processor yang disebut GPU dan juga RAM. Memilih VGA card dengan processor yang tinggi dan RAM yang lega akan membuat pengalaman bermain game di komputer makin nyaman.

6. Power Supply


komponen yang men-suplay listrik utama komputer


Seperti namanya. Power Supply adalah komponen komputer yang mensuplay listrik ke semua hardware seperti motherboard, VGA Card tambahan, Hardisk, DVD Rom, dll. Power Supply komputer biasanya berbentuk kotak dan terletak di atas atau di bawah. Power Supply ini akan terhubung langsung ke listrik dan akan mengeluarkan output DC. Power Supply biasnya memiliki banyak kabel output dengan tipe soket yang lengkap untuk dapat di sambungkan pada perangkat.

Power Supply memiliki fungsi sebagai penyedia tegangan listrik untuk semua perangkat keras komputer lainnya. Jika tanpa power Supply komputer tidak akan bisa hidup karena tidak ada tegangan listrik yang masuk. Dalam beberapa kasus, power Supply yang disarankan adalah power Supply yang pure yang artinya tegangan yang dikeluarkan itu stabil dan tidak merusak hardware lainnya

7. Casing


casing yang melindungi komponen utama komputer


Casing merupakan bagian luar dari komputer yang membungkus semua komponen komputer lainnya. Karena itu bisa dibilang kalau casing berfungsi melindungi perangkat yang ada di dalam dari benturan, dan juga resiko lainnya. Casing juga di lengkapi dengan fan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam dan di luar. Dalam perkembangannya, banyak design casing yang bisa dipilih untuk CPU komputer kamu.

Komponen pendukung dalam komputer dan juga fungsinya

Setelah kita mengetahui beberapa komponen utama yang di sebut sebagai komponen yang terpenting, bukan berarti komponen pendukung tidak penting. Sebenarnya, komponen pendukung yang di maksud adalah komponen yang boleh tidak terpasang dalam CPU komputer. Walaupun tanpa komponen pendukung, komputer masih bisa berjalan seperti biasa. Beberapa komponen pendukung yang terdapat pada CPU antara lain:

1. Optical Drive


optical drive komponen pendukung komputer


Optical Drive adalah sebuah perangkat keras komputer yang berbentuk kotak yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Optical Drive diperlukan saat ingin meng-install operating system menggunakan media CD/DVD. Secara teknis Optical Drive merupakan perangkat keras komputer yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik dalam melakukan proses pembacaan CD/DVD. Selain itu juga dapat penulisan data pada CDRW/DVDRW. Jika dulu komputer dibekali komponen drive yang hanya bisa membaca CD yang biasa disebut CD rom. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi, Optical Drive juga dapat berfungsi untuk menulis dan menyimpan data di CD/DVD.

2. PCI Card

PCI Card merupakan komponen yang dapat kita pasang pada slot PCI di motherboard. Sampai saat ini sudah banyak sekali jenis PCI CARD yang beredar di pasaran. Beberapa jenis yang paling sering ditemui adalah PCI Wireless Card, PCI LAN Card, dan juga PCI Sound Card. Komponen ini disebut sebagai komponen pendukung karena sebenarnya slot ini digunakan sebagai tambahan fitur sebuah komputer atau bisa juga menggantikan fungi komponen yang rusak pada motherboard.

3. Fan Casing


fan/kipas pendukung dalam segi temperatur komputer


Fan casing merupakan sebuah kipas yang digunakan untuk menjaga suhu tetap aman dan terkendali sehingga masih dalam batas wajar. Panas yang berlebihan pada perangkat komputer bisa mempengaruhi kinerja hardware. Karena itulah suhu komponen yang terdapat di dalam cassing komputer harus tetap terjaga. Fan cassing tambahan memang tidak diperlukan dan bukan merupakan komponen utama dalam sebuah komputer. Fungsi fan adalah menjaga suhu panas yang dihasilkan perangkat yang bekerja tetap dalam batas aman.

Baca juga

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan