Pengertian jaringan komputer lokal serta manfaatnya

Tim Baguz Tim BaguzIkuti 11 Oct, 2020 · 5 Menit Membaca
Pengertian jaringan komputer lokal serta manfaatnya

Jaringan komputer lokal (LAN) adalah beberapa komputer yang terhubung antara satu sama lain sehingga membuat perangkat tersebut bisa saling berkomunikasi. itulah pengertian jaringan komputer lokal menurut pengetahuan kami sebagai gambaran awal tentang apa itu jaringan komputer yang berjalan di area lokal. Selain itu kami akan memberikan apa saja manfaat jaringan komputer lokal untuk kita semua. Tujuan dari pembahasan ini adalah agar kita mengerti tentang jaringan komputer lokal atau disebut LAN yang merupakan jaringan terkecil dari jaringan internet secara global (WAN) yang sangat bermanfaat di bidang teknologi informasi.

Mungkin kebanyakan pengguna mengira kalau jaringan komputer lokal (LAN) itu merupakan jaringan yang terhubung ke internet. Memang anggapan itu sepenuhnya tidak salah. Bisa saja terdapat jaringan lokal yang terhubung dengan jaringan global. Hal ini merupakan pengembangan dari sebuah jaringan komputer yang lebih besar. Apa kamu tahu secara tidak langsung komputer multimedia yang terhubung dengan internet itu sudah masuk kategori jaringan komputer. Jaringan internet global yang menghubungkan komputer dengan komputer server di luar sana bisa juga di artikan sebagai jaringan komputer tetapi bukan lokal lagi. Untuk itulah penting rasanya mengetahui apa itu jaringan komputer baik jaringan lokal (LAN) maupun internet global (WAN).

Pengertian Jaringan Komputer Lokal (LAN) serta manfaatnya

Pengertian jaringan komputer lokal adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat lainnya yang saling berkerjasama. Sistem ini dibuat untuk memenuhi tujuan yang sama. Jaringan komputer disebut juga sebagai sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa titik atau nodes yang saling berhubungan. Sebuah komputer multimedia dapat terhubung dengan jaringan melalui kabel ataupun tanpa kabel (wireless). Setiap nodes atau titik ini memiliki fungsi sebagai sebuah workstation.

Di dalam sebuah workstation salah satu komputer akan berfungsi sebagai server dan komputer lainnya berfungsi sebagai klien. Kalau di komputer windows, workstation bisa berupa homegroup, workgroup, dan yang lainnnya. Tetapi ada juga pengaturan jaringan yang membuat komputer saling berhubungan yang disebut jaringan komputer peer to peer. Tetapi pada dasarnya teknologi yang digunakan dalam jaringan komputer adalah perpaduan antara teknologi komputer, perangkat jaringan, dan teknologi komunikasi.

Sebuah jaringan internet global (WAN) adalah jaringan komputer yang banyak digunakan oleh umum dengan tujuan menunjang aktivitas mereka setiap hari. Internet menjadi sebuah kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi, bisnis online, mencari informasi, dan masih banyak yang lainnya. Jaringan internet berhubungan dengan jaringan komputer, tetapi secara mengkhusus internet akan dibahas dalam kesempatan yang lain. Karena saat ini kita sedang membahas pengertian jaringan komputer, apa itu jaringan komputer, dan apa saja fungsi jaringan komputer.

Apa itu Jaringan Komputer Lokal (LAN)?

Mendengar mengenai jaringan komputer lokal, memang tidak asing lagi. Hal ini karena kebanyakan dari kita menggunakan komputer multimedia yang terhubung ke jaringan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Jaringan komputer lokal biasa juga disebut Local Area Network (LAN). Secara visual sebuah jaringan komputer lokal adalah komputer yang terhubung dengan kabel jaringan dan perangkat jaringan dengan komputer lainnya. Dalam Jaringan komputer lokal, jaringan ini dimanfaatkan untuk berbagi data, file, aplikasi, printer, dan juga banyak yang lainnya.


jaringan komputer adalah


Selain itu, istilah jaringan komputer lokal juga disebut sebagai kumpulan node yang saling terhubung. Tujuan adanya sebuah jaringan komputer atau perangkat jaringan lainnya adalah untuk mengirim file dan menerima file dengan cepat. Dalam jaringan komputer lokal pengguna bisa melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan mudah. Peranan jaringan perlu dilakukan untuk integrasi data antar komputer, klien, dan server sehingga mendapatkan data yang relevan.

Manfaat Jaringan Komputer Lokal (LAN)

Setelah membahas pengertian jaringan komputer lokal, sekarang kita beranjak ke dalam manfaatnya. Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali manfaat yang dapat kita nikmati dengan membangun sebuah jaringan komputer lokal dalam lingkungan kerja. Beberapa manfaat yang mungkin bisa dinikmati dengan adanya jaringan komputer antara lain:

1. Kemudahan dalam berbagi file antar komputer dalam jaringan.

Dengan adanya jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang ada di server maupun yang dibagikan oleh komputer lainnya. Hal ini biasanya dapat dinikmati pada jaringan lokal sebuah kantor. Jadi setiap komputer karyawan saat saling berkomunikasi dan berbagi file dengan komputer lainnya. Di dalam jaringan kantor bisa saja terdapat sebuah server yang digunakan untuk menyimpan file sehingga dapat diakses oleh komputer multimedia lainnya dengan mudah.

Selain pada jaringan lokal, jaringan intranet juga dapat melakukan hal tersebut. Semua dapat berkomunikasi meskipun jaraknya berjauhan. Dengan kecepatan koneksi internet saat ini membuat keterbatasan dan keterlambatan bukan lagi menjadi hambatan. Hal ini biasanya dilakukan pada jaringan komputer kantor pusat dengan kantor cabang.

2. Mempercepat proses pengiriman data

Inilah fungsi adanya jaringan komputer karena proses pengiriman data sangat cepat jika itu menggunakan jaringan lokal. Biasanya kecepatan jaringan menggunakan kabel LAN, kecepatan bisa mencapai 1gbps. Kalau masih menggunakan jaringan internet, itu tergantung kecepatan internet yang kita gunakan. Hal ini sangat sering dilakukan dalam jaringan lokal maupun jaringan internet.

3. Terhubung dengan mudah dengan perangkat jaringan lainnya.

Seperti yang kami jelaskan tentang apa itu jaringan internet, sudah pasti dapat terhubung dengan mudah dengan perangkat jaringan lainnya. Sama halnya dengan jaringan internet, sebuah komputer yang terhubung dengan internet dapat dengan mudah mengakses server publik di seluruh dunia. Apabila sudah terhubung pengguna dapat mengirim atau menerima file berupa teks, gambar, video secara real time.

4. Berbagi koneksi internet dengan mudah

Hampir setiap orang mengakses jaringan internet lewat komputer maupun smartphone mereka. Banyak informasi dan berita yang bisa didapatkan lewat jaringan internet ini. Perlu kita ketahui kalau melalui jaringan lokal yang terhubung, satu komputer dapat membagi koneksi intenet ke komputer lainnya.

5. Dapat berbagi perangkat jaringan hardware

Hal yang paling umum dalam jaringan komputer lokal adalah berbagi fungsi perangkat keras atau hardware. Misalnya saja seperti sharing printer, Sharing file yang ada di NAS (Network Attached Storage), berbagi koneksi internet, dll. Inilah yang disebut sebagai pembagian fungsi hardware pada jaringan komputer.

Kesimpulan

Pengertian jaringan komputer lokal adalah beberapa komputer yang terhubung menjadi satu kesatuan dan saling bekerja sama. Melalui jaringan inilah komputer dapat berkomunikasi dan berbagi dengan komputer lainnya yang terhubung di dalam jaringan lokal. Jaringan lokal ini disebut juga sebagai local area connection (LAN) karena hanya bekerja di jaringan lokal yang sangat bermanfaat. Manfaat yang sanat dirasakan adalah dapat berbagi file dengan cepat, berbagi internet, dan juga berbagi fungsi hardware seperti sharing storage, sharing printer, dan yang lainnya.

Baca juga

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim Baguz
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan