Pengertian Komputer Client beserta Fungsinya

16 Nov, 2020 · 4 Menit Membaca

Di dalam sebuah jaringan komputer, terdapat beberapa komputer yang saling terhubung dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu yang memegang peranan adalah Komputer Client yang memiliki pengertian yang berbeda dengan komputer server. Kalau ada yang bertanya apa itu komputer client? dapat di jawab dengan singkat kalau komputer ini adalah salah satu komponen yang berada pada sisi client yang dapat menerima dan mengirim data ke server maupun kepada client lainnya.

Komputer client adalah komputer yang kita gunakan sehari hari baik itu di rumah, kantor, maupun sekolah. Selama komputer ini dapat terhubung ke komputer, jadi komputer ini dapat di kategorikan sebagai client yang terhubung ke jaringan. Secara nyata dapat kita pahami apa itu komputer client dan bagaimana bentuknya. Kalau laptop juga termasuk komputer client karena memiliki operating system dan cara pengoperasian yang sama layaknya komputer.

Pengertian Komputer Client

Secara singkat komputer client adalah sebuah perangkat komputer yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan server maupun client lainnya yang terdapat pada jaringan komputer lokal maupun jaringan internet. Sesuai dengan kedudukannya, komputer client adalah komputer yang terletak di sisi client dan dapat menerima data maupun mengirim data serta di operasikan oleh barainware atau manusia.

Untuk jaringan komputer lokal, beberapa komputer client akan membentuk sebuah kesatuan jaringan yang di sebut sebagai workstation atau home group. Walaupun di windows 10 settingan ini sudah tidak tersedia, tetap saja digunakan pada jaringan internet.

Jika di lihat dari sisi hardware dan software, komputer client memiliki perbedaan dengan komputer server, web server, dan jenis server lainnya. Biasanya pada komputer client sudah dilengkapi aplikasi dan program yang dapat mempermudah penggunanya dalam mengakses informasi dan data dari server. Jenis aplikasi yang terdapat pada komputer client berbeda-beda tergantung kebutuhan. Misalnya saja untuk komputer UNBK sekolah, itu terinstall program UNBK pada clinet. Kalau untuk warnet, paling tidak aplikasi browser, office, dll.

Untuk hardware di komputer server dapat menggunakan spesifikasi minimum. Jadi tidak perlu menggunakan spesifikasi tinggi layaknya komputer server. Tetapi pada komputer client harus tersedia monitor untuk menampilkan data secara visual. Seperti contoh spesifikasi minimum browsing game online yang kami sarankan. Itu merupakan spesifikasi minimum komputer client yang banyak digunakan oleh warnet game online maupun komputer rumahan.

Bisa di simpulkan secara sederhana kalau pengertian komputer client adalah kumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan kabel maupun Wireless Network ke sebuah Server. Jumlah komputer client beraneka ragam tergantung kebutuhan. Berdasarkan jumlah IP jaringan standar yang tersedia adalah sejumlah 245 komputer client sudah termasuk server. Tentu saja jumlah ini dapat dikembangkan lagi dengan menambah beberapa Router.

Fungsi komputer client

Membahas pengertian komputer client tentu tidak bisa lepas dengan fungsinya. Sebuah jaringan yang terbentuk oleh komputer server dan komputer client pasti memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Fungsi komputer client antara lain:

1. Mengirim permintaan akses ke server

Apabila kita lihat dari proses transportasi data pada sebuah jaringan komputer lokal, sebuah komputer yang terdapat pada sisi client memiliki fungsi pertama adalah mengirim permintaan akses data ke server. Hal ini tentu hanya dapat dilakukan oleh komputer client. Apabila tidak ada permintaan, tentu komputer server tidak akan memproses apapun dan akan standbay menunggu permintaan dari sisi client.

2. Menerima data dari server

Setelah permintaan data di setujui oleh server maka server akan mengirim data tersebut ke sisi komputer client. Data yang di kirim oleh server bisa berupa kode terenkripsi maupun tidak. Karena itu tanpa adanya komputer client data ini tidak dapat diterima dengan baik. Di sinilah tugas dan fungsi komputer server untuk menerima data tersebut.

3. Mengolah data dari server menjadi informasi visual

Seperti halnya sebuah clinet yang berada dekat dengan pengguna, komputer ini memiliki tugas untuk mengolah data. Artinya data yang dikirim oleh server sebenarnya tidak dapat di baca oleh pengguna tanpa peran dari komputer client. Karena itu komputer clinet perlu melakukan proses pengolahan data sebelum dapat di tampilkan secara visual pada monitor. Dengan itu data tersebut dapat di baca oleh pengguna.

Biasanya proses pengolahan data tidak berhenti sampai di situ saja, komputer client juga dapat mengolah dan mengirim ulang data yang di oleh ke server. Seperti contoh sistem ujian berbasis UNBK. Jadi tentu antara server dan client akan terus berkomunikasi sampai pekerjaan dari pengguna selesai.

Selain dapat mengolah data menjadi tampilan visual, komputer client juga dapat berfungsi untuk mengolah data menjadi hard-copy atau print-copy. Hal ini tentunya di dukung oleh perangkat tambahan seperti printer. Atau juga dapat mengolah hard-copy menjadi soft-copy dan mengirimnya ke server.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!