Pengertian website, sejarah, jenis dan manfaat untuk kita

Sudiana SudianaIkuti 12 Oct, 2020 · 10 Menit Membaca
Pengertian website, sejarah, jenis dan manfaat untuk kita

Website adalah sebuah sarana atau media yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna melalui jaringan internet. Dari pengertian website tersebut, apakah sudah terbayang sejarah, jenis serta manfaatnya?. Peran sebuah web sangat penting dalam penyebaran informasi secara cepat dan lengkap. Saat ini situs web sudah dapat memenuhi hampir 99% kebutuhan informasi masyarakat modern. mungkin mudah untuk dimengerti tetapi sulit untuk menjabarkan apa itu website, serta jenisnya dengan lengkap. Karena itulah kami mencoba memberikan penjabaran dengan lengkap.

Website itu terdiri dari 3 komponen penting yang harus dipenuhi agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. 3 komponen penting dalam sebuah web adalah nama domain, server hosting, dan juga konten sehingga ketika diakses dapat menampilkan sebuah halaman. Sebuah halaman web tidak akan bisa berjalan tanpa domain dan hosting dan juga isi dari situs tersebut. Karena itulah ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan karena dapat menguragi arti dari apa itu website sebenarnya.

Pengertian website, sejarah, jenis dan manfaatnya dalam kehidupan kita.

Di awal sudah sedikit kami singgung mengenai apa itu website. Memang banyak beragam pengertian website, tetapi apapun pengertiannya, tetap saja situs web adalah kumpulan halaman yang di design sedemikian rupa hingga membentuk sebuah situs yang dapat memberikan pengguna informasi. Dalam sebuah web, dapat di isi dengan berbagai informasi seperti teks, gambar, video, suara, dan lain sebagainya. Di masa teknologi yang berkembang saat ini, situs web di kategorikan menjadi 2 jenis yaitu web dinamis dan web statis. Selain itu website sekarang sudah menjadi bagian dari multimedia yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang.

Dari pengertian website tersebut, dapat disimpulkan kalau membuat web sangat penting dan menjadi kebutuhan saat mengakses internet. Peran sarana media lain seperti koran dan radio sudah mulai dikalahkan oleh komputer, internet dan situs web. Hal ini disebabkan karena internet membuat informasi berkembang dengan cepat melalui situs web berita, sosial media, dan aplikasi smartphone. Memanfaatkan keadaan itu, banyak usaha kecil mulai melirik website untuk tujuan pemasaran dan peningkatan penjualan.

Sebenarnya website saat ini sangat mudah di buat meskipun kamu tidak memiliki keterampilan khusus di bidang web design. Banyak penyedia CMS gratis bahkan domain gratis yang dapat di manfaatkan untuk membuat website. Sumber daya sudah ada, tinggal kita bisa memanfaatkan situasi ini untuk berbagai keperluan seperti menyebarkan informasi, promosi produk, mendapatkan uang dari internet ataupun tujuan lainnya yang dapat bermanfaat. Jika iya, kamu harus mulai belajar dari dasar mulai dari pengertian apa itu website? ada berapa jenis website? Serta apa manfaat sebuah website.

Apa itu website?

Mungkin berkaca dari definisi atau pengertian website di atas cuma disini kami mengambil arti website menurut terminologi. Dilihat dari sisi terminologi, website adalah kumpulan halaman sebuah situs yang dirangkum ke dalam sebuah domain ataupun subdomain yang ada di internet word wide web atau www. Nah word wide web ini terdiri dari semua situs web yang dapat di akses oleh publik.

Biasanya sebuah situs web hanya dapat diakses melalui sebuah URL. Biasanya sebuah situs memiliki halaman utama atau index. Dari halaman index akan tersusun hirekaki web page. Karena itulah biasanya di dalam index (halaman utama) pasti akan terdapat Hyperlink atau jalan menuju semua halaman-halaman web tersebut. Inilah pentingnya membuat semua Hyperlink web page tersedia di halaman index.

Apa itu web page?

Web page jika di bahasa Indonesia halaman web atau semua halaman yang ada pada sebuah situs. Web page adalah sebuah halaman web yang di ciptakan dari sebuah kode dalam format HTML (hyper text markup language) yang disusun oleh web browser menjadi sebuah halaman yang indah. Setiap kali web browser meminta file ke server web, server web akan memberikan source kode html ke web browser melalui koneksi HTTP.

Web page hampir sama seperti selembar kertas di dalam buku yang tebal. Jadi buku itu ibaratkan situs dan web page adalah halaman-halaman yang ada pada buku tersebut. Jadi sudah mengerti bukan apa itu web page dalam sebuah website? Kalau sudah mari kita lanjutkan pembahasan ke sejarah website.

Sejarah Website

Tahukah kamu sejarah kapan website pertama kali dikenal dan digunakan di Indonesia? Menurut berbagai sumber, situs web di Indonesia pertama kali dikenal pada tahun 1998. Pada tahun itu, web di Indonesia hanya dimiliki oleh perusahaan besar karena harganya sangat mahal. Bukan hanya masalah harga yang mahal, penyedia layanan web design saat itu juga sangat langka. Kalaupun ada, harga membuat web tidak ada yang murah, sehingga hanya beberapa perusahaan besar yang memiliki website.

Semetara untuk wilayah di dunia, sejarah web yang ada pertama kali adalah situs web CERN yang dibuat oleh tim berners-lee. Pada tahun 1991 website ini mulai dapat diakses oleh tim cern. Tujuan pembuatan situs ini adalah untuk penelitian sehingga para peneliti dapat bertukar data maupun perubahan informasi melalui web ini.

Apabila ingin melihat seperti apa situs tersebut, bisa coba di akses di URL http://info.cern.ch/. Saat itu, web milik cern dapat diakses publik dan baru diumumkan pada tahun 1993. Sehingga bisa dibilang kalau website pertama ini baru muncul pada tahun tersebut meskipun sebelumnya pada tahun 1991 sudah go online.

Untuk saat ini, website sudah semakin murah bahkan gratis. Kita bisa mendapatkan gratis tanpa biaya tahunan. kini bisa dimiliki oleh siapa saja baik perseorangan. Perusahaan, organisasi, pemerintah. Pada dasarnya web haruslah menampilkan informasi terarah dalam topik yang sama. Tetapi dalam perkembangannya, banyak situs web yang menampilkan konten dengan topik yang beragam. Itu terjadi pada beberapa situs yang berjenis blog. semakin berkembang teknologi informasi, semakin banyak pula jenis situs web yang muncul. Lalu ada berapa jenis website sampai saat ini?

Jenis - jenis website yang umum saat ini

Website adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi melalui jaringan internet. Sejak pertama kali muncul, situs web saat itu hanya berupa teks atau tulisan. Tetapi sekarang web sudah semakin beraneka ragam. Bukan hanya tulisan atau teks saja, bisa berupa gambar, video, dokumen, dll.

Sekarang situs web adalah sesuatu yang mudah didapat, dibuat, dan ada yang gratis. Melihat perkembangan tersebut, terdapat dua jenis website yang umum digunakan saat ini antara lain:

1. Website Statik


website statik


Website statik adalah sebuah situs yang menggunakan konten yang hanya dapat di ubah oleh pemiliknya. Teknik pembuatan web statik biasanya hanya menggunakan code HTML, CSS, dan Javascript. Web statik biasanya digunakan untuk website yang jarang update dan yang menggunakan hosting bersumber daya rendah.

Saat ini web jenis ini jarang digunakan karena sangat sulit di maintenance, dan sulit dilakukan update konten. Jika anda seorang webmaster yang mengerti masalah coding, mungkin ini tidak menjadi kesulitan. Berbeda dengan kebanyakan orang yang hanya membuat web-site dengan pengetahuan seadanya.

Web-statik masih digunakan oleh beberapa perusahaan atau instansi di Indonesia. Kalaupun ada, itupun mungkin karena alasan keterbatasan dan jarang mengupdate konten atau isi situs tersebut. Mereka dapat menggunakan jasa buat website jika ingin mengupdate konten atau memperbaharui design web.

Sedikit info tambahan untuk web statik, saat ini ada beberapa penyedia hosting gratis untuk situs web statik yang dapat kamu gunakan. Ini sangat cocok untuk yang ingin buat website gratis tanpa perlu keluar modal sepeserpun. Tentu saja kamu harus paham betul tentang kode HTML, CSS, dan javascript untuk dapat membuat web statik di hosting gratis.

2. Website dinamis


website dinamis


Website dinamis atau dynamic-website adalah sebuah situs yang sangat flexible dengan konten yang dapat di update dan ditambah dengan mudah. Web dinamis merupakan jenis website yang banyak digunakan saat ini. Salah satu yang membuat web dinamis banyak digunakan karena banyak CMS gratis bahkan hosting gratis yang ditawarkan.

CMS adalah sebuah platform yang dapat mewujudkan sebuah website dinamis. CMS gratis itu sudah banyak tersebar di dunia internet. CMS gratis yang terkenal saat ini seperti wordpress, Joomla, drupal, blogger, dll. Seperti layaknya sebuah situs dinamis, CMS sangat mudah digunakan oleh kita karena saat update konten tidak perlu tahu apa itu html, CSS dan sebagainya.

Website dinamis biasanya diciptakan menggunakan bahasa PHP. Database, Html, CSS, dan javascript. Kenapa dibilang dinamis karena setiap pengguna dapat berinteraksi langsung dalam menggunakan website tersebut. Seperti contoh mengubah tema, berkomentar, mengirim artikel, itu sangat flexible dan efisien dalam penggunaannya.

Bagi anda yang ingin membuat website dinamis tetapi tidak punya anggaran untuk biaya tahunan, anda dapat memanfaatkan penyedia hosting gratis untuk website dinamis seperti wordpress.com, blogger.com, dan masih banyak yang lainnya. Disamakan kita akan mendapatkan sub-domain gratis, hosting gratis, serta CMS gratis untuk web dinamis kamu.

Apa Manfaat Website untuk kita?

Saat pengertian website dan fungsinya sudah menjelaskan apa itu website, sekarang perlu juga di bahas tentang manfaatnya dalam kehidupan kita itu sebenarnya apa saja ya? Tidak peduli kamu sedang menjalankan bisnis, ingin mempromosikan produk, maupun untuk kepentingan mencari uang dari internet, tetap saja harus tahu manfaat situs web sebelum membuatnya.

Jika kamu adalah seorang pem-bisnis di dunia online jika tidak punya website, anda tentu tidak akan mendapatkan penghasilan apa-apa. Hal ini karena kamu tidak dikenal oleh banyak orang. Di era yang modern ini, setiap orang dapat menemukan sebuah perusahaan di internet dengan mudah. Jadi tentu kamu tidak akan berdiam diri dan hanya mengetahui apa itu website.

Mungkin saja beberapa manfaat website berikut ini dapat membangunkan minat kamu untuk membuat situs web. Beberapa manfaat yang mungkin di dapatkan jika memiliki web adalah:

1. Menekan biaya promosi

Berbicara masalah promosi, bukan berarti harus berjualan online ya! Bisa saja itu mempromosikan diri, usaha, ataupun potensi yang anda miliki. Mari kita bandingkan saja berapa banyak uang yang anda harus keluarkan untuk biaya memasang iklan di tv, radio, dan media cetak? Jika kita punya website, promosi melalui media tersebut dapat dikurangi, otomatis menekan biaya promosi anda. Baiat membuat website itu sangatlah jauh lebih murah dibandingkan memasang iklan di stasiun televisi.

2. Kredibilitas sebuah perusahaan atau perorangan

Pernah mendengar kata kredibilitas semakin bagus apabila mempunyai company website? Tentu bukan hanya mendengar, andapun pasti beranggapan seperti itu. Sebuah perusahaan akan dipandang baik oleh masyarakat apabila memiliki sebuah website perusahaan. Sama halnya seperti sebuah produk yang muncul di iklan televisi. Jika produk tidak pernah muncul di iklan TV, masyarakat tentu akan sulit percaya dan mau membeli produk tersebut.

3. Sebagai media untuk mencari uang dari internet

Semua pasti ingin tahu cara mendapatkan uang dari internet. Membuat blog dan menulis artikel di blog atau website adalah cara yang banyak digunakan. Jika anda seorang yang punya skill, kenapa tidak mencoba mencari uang lewat sebuah blog? Anda dapat menuliskan tutorial, review, dan sebagainya yang menarik pengunjung. Pengunjung akan melihat iklan adsense yang dipasang di blog kita. Kalau iklan di klik, kita akan mendapatkan uang dengan mudah setiap harinya.

Jika anda adalah seorang dropshiper atau reseller, anda dapat membuat website toko online dan menjual produk di website. Hal ini menjadi prospek yang bagus karena saat ini banyak orang yang suka belanja di internet. Anda akan mendapatkan menjalankan produk yang meningkat, dan tentu penghasilan toko anda juga pasti meningkat drastis.

4. Memupuk rasa kepercayaan dan kepuasan pelanggan

Sebuah perusahaan yang memiliki produk pasti merasakan manfaat website. Biasanya calon pembeli akan mencari informasi tentang produk yang anda miliki lewat jaringan internet. Apabila di dalam website produk tersebut dijelaskan dengan rinci, tentu pembeli akan percaya dengan produk anda.beaar kemungkinan pembeli kan langsung memesan produk anda.

Hal ini sangatlah penting mengingat website adalah tempat orang mencari informasi sebuah produk. Calon pembeli tidak perlu lagi datang ke toko hanya untuk mencari informasi produk seperti harga. Spesifikasi, foto, dan lain sebagainya. Apabila website kamu adalah web toko online, tentu pembeli akan langsung memesan secara online melalui situs kamu.

Kesimpulan:

Untuk semua pengguna teknologi jaringan internet haruslah memanfaatkan sebuah situs web untuk bisnis, maupun mencari uang. Dari pengertian website di atas tentu kamu sudah mengerti apa itu website, jenis, dan manfaatnya dalam kehidupan kita. Website adalah tempat berbagai informasi yang dapat diteruskan kepada pembaca. Web juga disebut sebagai ladang untuk mencari uang. Situs web juga dapat meningkatkan penjualan produk kamu. Jadi kenapa belum membuat website? Kalau belum bisa membuat, kamu dapat menggunakan jasa buat website yang kami tawarkan.

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!