5 Email Hosting murah dengan custom Domain

12 Dec, 2020 ยท 8 Menit Membaca
5 Email Hosting murah dengan custom Domain

Apakah kamu mau punya email dengan domain sendiri? Domain merupakan identitas sebuah situs atau Website di dalam dunia internet. Kalau kita memiliki dimain sendiri pasti akan terlihat lebih keren. Selain itu juga akan membuat alamat email lebih Professional untuk bisnis. Saat ingin membuat email dengan domain sendiri, kamu membutuhkan sebuah mail-host server agar domain yang kamu miliki dapat digunakan sebagai email bisnis. Kami merekomendasikan 5 email hosting murah yang mendukung penggunaan custom domain. Email-Host memang sedikit berbeda dengan web-host karena sebenarnya email-host khusus di peruntukan untuk Email server.

Saat mendapatkan email gratis semakin mudah, email dengan domain sendiri menjadi lebih keren. Memang sebenarnya setiap email memerlukan dominan dan hosting. Seperti contoh email gratis Gmail. Kita diberikan server gratis tetapi dengan alamat email Gmail milik google. Apabila menggunakan email gmail.com sudah pasti orang tahu kalau email itu gratis. Tentu sangat tidak cocok jika digunakan sebagai email bisnis UKM yang berkembang.

Penggunaan email dengan domain custom sendiri memang jarang diterapkan oleh pengguna email di Indonesia. Tetapi rekomendasi kami, memiliki email dengan domain sendiri akan lebih membuat pelanggan kamu percaya dengan bisnis kamu. Jangan berpikir masalah biaya, kamu cukup beli domain murah dan beli email hosting murah sebagai Mail server domain kamu.

Email gratis sangat ekonomis dan sangat baik bila digunakan untuk perorangan. Tetapi akan tidak cocok bila di gunakan oleh lembaga pemerintahan, perusahaan, lembaga organisasi, maupun bisnis UKM. Paling tidak sebuah badan usaha harus memiliki email sendiri dengan menggunakan domain sendiri.

Kadang biaya juga menjadi hambatan untuk memiliki email dengan domain sendiri. Jika kamu mau, bisa mencoba 5 email hosting murah dengan fitur custom domain yang kamu miliki. Email-host ada yang bayar dan juga ada yang gratis, terserah mau pilih yang mana saja boleh. Sebelum itu, mari kita mengenal lebih dekat apa itu email hosting? Apa itu domain? Serta apa perbedaan email gratis dengan email dengan domain sendiri?

Apa itu email hosting?

Email hosting adalah sebuah mail-server yang khusus dirancang untuk memberikan layanan email dengan nama domain khusus. Domain ini disediakan oleh pengguna atau dapat dibeli sepaket dengan layanan hosting. Email server digunakan sebagai lalu lintas email masuk dan email keluar. Sehingga email hosting itu tidak akan bisa di gunakan tanpa ada domain, begitu juga sebalikanya.

Biasanya sebagian besar perusahaan web hosting juga menyediakan layanan email hosting. Tetapi biasanya mail server webhost hanya support email POP3, dan IMAP. Selain itu, perlindungan spam dan virus yang diberikan sangat kurang. Apabila menggunakan hosting gratis, biasanya juga disertai dengan iklan.

Dengan menggunakan email hosting murah akan dapat memberikan kenyamanan dalam segala hal. Tidak perlu khawatir karena email-host murah adalah mail server professional sudah dilengkapi proteksi terhadap spam, Malware, dan virus. Selain itu, email hosting biasanya dilengkapi fitur untuk mendukung bisnis kamu seperti kalender, blacklist, white list, auto answer, dan banyak fitur lainnya yang tidak kamu dapatkan pada email gratis. Untuk mendapatkan email bisnis, kamu memerlukan sebuah domain. Terus domain itu apa ya?

Apa itu domain ?

Kami sudah pernah menyinggung pengertian apa itu domain pada tulisan sebelumnya. Domain dikenal sebagai sebuah nama website yang di daftarkan dan di bayar tiap tahunya. Seperti nama perusahaan contoh yahoo.com, google.com, adobe.com, aple.com. Sebelum melakukan pembelian, pastikan kamu mengecek ketersediaan domain terlebih dahulu kemudian berubah membelinya ke penyedia registrasi domain atau reseller domain.

Apa perbedaan email gratis dengan email bisnis yang menggunakan domain sendiri ?

Secara kasat mata, email gratis jelas sangat terlihat dari domain di belakang โ€œ@โ€. Seperti email gratis gmail itu memakai domain gmail.com seperti ( [email protected] ). jika di belakang simbol โ€œ@โ€ masih memakai domain yang di gunakan banyak orang, kelihatan banget kalau kamu itu pakai email gratis. Penggunaan email gratis untuk kepentingan bisnis sangat kurang cocok karena kelihatan sekali bisnis tersebut tidak professional.

Selain itu, email hosting akan memberikan proteksi dan fitur lebih baik daripada email gratis. Jika kamu sekarang merasa nyaman menggunakan email gratis, berarti kamu belum mencoba email bisnis dengan domain pribadi yang di host pada email hosting murah dan professional. Jika ingin mencoba, silakan membeli domain dulu, baru memilih 1 dari 5 email hosting murah terbaik di bawah ini.

Rekomendasi 5 email hosting murah dengan custom domain

Untuk memiliki email bisnis dengan domain pribadi, kamu harus memilih dan membeli domain pada penyedia domain murah Indonesia. Harga domain paling murah di Indonesia sekitar 15 ribu ke atas saja. Setelah itu kamu membutuhkan email hosting untuk meng-host domain pribadi yang sudah dimiliki.

Untuk membuat email dengan domain sendiri kamu membutuhkan sebuah domain dan juga email hosting atau server email. Berikut ini ada 5 Penyedia email hosting terbaik untuk domain milik kamu sendiri antara lain :

1. G Suite (Sekarang Google Workspace) - (trial)


rekomendasi email hosting oleh google


Dulu disebut G suite dan sekarang Google Workspace adalah salah satu penyedia email hosting murah yang menyediakan fasilitas hosting untuk custom domain yang paling kami rekomendasikan. Pada awal peluncurannya, layanan G suite bisa kita coba dengan gratis. Tetapi sekarang layanan diganti menjadi berbayar. Kemudian sekarang berganti nama menjadi Google Workspace dengan fitur yang lebih lengkap. Kamu bisa mencoba secara gratis layanan ini selama 30 hari. Setelah itu ditetapkan biaya langganan tiap blan dengan harga yang relatif murah. Email hosting yang memiliki fitur lengkap milik google ini memberikan beberapa fasilitas seperti:

  • Email dengan custom domain atau perusahaan seperti ( [email protected] ),
  • Video Rapat yang dapat di ikuti sampai 100 peserta,
  • Kalender gratis yang terintegrasi,
  • Drive penyimpanan online sebesar 30 GB
  • Aplikasi online dokumen seperti word, excel, dll yang bisa di akses dari mana saja.
  • Filter spam yang handal

Dengan menggunakan Google Workspace, kamu akan dengan mudah mengecek email layaknya menggunakan email gratis gmail. Karena itu penggunaannya hampir sama seperti Gmail yang dapat digunakan pada aplikasi android dan Apple. Inilah alasan kenapa Google Workspace kami rekomendasikan untuk email hosting murah dengan fitur yang melimpah. Selain itu, siapa sih yang tidak percaya dengan produk dari google?.

2. Zohomail - (gratis)


rekomendasi kami zoho mail server


Zohomail merupakan salah satu layanan yang memberikan email hosting gratis untuk 25 email dalam 1 domain. Dengan memberikan batas storage setiap email sebesar 5 GB. Sudah cukup banyak untuk ukuran email gratis. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi office online yang bisa di akses dari mana saja. Sebenarnya hampir sama seperti Google Workspace milik google. Cuma memang zoho sedikit kurang populer jika dibandingkan Google Suite. Untuk layanan premium kamu hanya akan dikenakan 2,5 USD setiap bulanya. Dan bisa menggunakan banyak domain dan banyak alamat email.

3. Microsoft Office 365 Business - (mulai $5)


mail server oleh microsoft


Microsoft Office 365 adalah sebuah fasilitas yang menunjang produktivitas dalam lingkungan perkantoran maupun perumahan. Jika sebelumnya microsoft dikenal sebagai kumpulan aplikasi yang produktivitas, Sekarang microsoft memberikan layanan berbasis cloud. Beberapa produk Cloud Microsoft yang populer adalah Onedriver, Email hosting, Azure, dll. Microsoft memberikan paket layanan email hosting yang handal. Jika dilihat dari segi harga, Paket email hosting yang ditawarkan tergolong tidak murah. Tetapi jika dilihat dari kualitas dan fitur yang diberikan, itu sudah sangat murah sekali. Ini membuat microsoft menjadi sebuah pilihan untuk layanan email hosting murah dan handal.

Microsoft office 365 Business menawarkan harga yang sebanding dengan fiturnya. Dengan harga $5 dengan biling Tahunan, kamu sudah mendapatkan aplikasi office lengkap. Kamu akan mendapat akses office online seperti Word, Excel, OneNote dan PowerPoint dari browser kamu. Selain itu juga dapat di install di 5 komputer. Hal tersebut sangat menguntungkan karena mendapatkan email hosting yang mendukung lampiran 150 MB setiap kali mengirim email. Selain itu juga mendapat penyimpanan Onedrive sebesar 1TB. Sangat murah dan bermanfaat untuk kita yang bekerja untuk kantor ataupun untuk bisnis kamu yang memiliki custom domain.

4. Pobox (free trial)


lifetime mail server dari pobox


Pobox juga salah satu penyedia email hosting yang cukup populer. Penyedia mail-hosting ini memiliki harga paket yang cukup murah dan juga dapat menggunakan custom domain. Kamu bisa mencoba email hosting ini secara gratis. Masa trial belum aku temukan informasi di situsnya. Untuk berlangganan kamu harus membayar $20 - $50. Sudah termasuk fitur spam filtering.

5. Rackspace Email ($2 - $10)


rackspace webmail server


Rackspace email belum terlalu populer untuk layanan email hostingnya, tetapi dengan pengalaman dan juga server yang handal, tidak ada salahnya jika kamu mencoba Rackspace Email hosting ini. Untuk harga berlangganan email hosting cukup murah. Kamu hanya dikenakan biaya $2 setiap bulannya atau $10 setiap bulanya. sudah di lengkapi dengan fitur Email Spam Filtering.

Semua Email hosting murah di atas memiliki fitur Spam filtering yang sangat handal. Jadi sangat berbeda jika kamu meng-host email kamu di hosting website karena IP hosting dan IP email itu sama, makanya banyak spam yang masuk ke email kita. Itu merupakan alasan utama spam bisa masuk ke email kita. Jadi untuk mengatasi email, jawabannya adalah email hosting atau mail server hosting.

Kesimpulannya

Melihat 5 penyedia email hosting untuk custom domain milik pribadi di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan tersebut adalah salah satu pilihan yang bagus jika kamu berniat mengamankan Email dari Spam. Fitur tambahan yang diberikan pasti akan membuat kamu kagum dengan email hosting. Menyisihkan biaya bulanan untuk kepentingan bisnis dirasa perlu. Sebuah bisnis pastilah memerlukan email yang Professional dan aman saat digunakan. Tidak ada batasan lagi dalam memilih alamat email karena semuanya sudah ada di tangan kamu. Domain yang digunakan juga dapat dipakai untuk website. Jadi nggak perlu khawatir kalau domain email akan berbeda dengan domain website. Kami sudah mencobanya sendiri. Sekarang giliran kamu untuk mencoba.

DMCA.com Protection Status
Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Tim
Ditulis Oleh: Tim Baguz Ikuti
Berbagi tutorial dan menulisnya ke dalam sebuah blog merupakan hobi yang sangat menyenangkan