Perbedaan komputer Windows 32-bit dengan 64-bit

07 Nov, 2020 · 5 Menit Membaca

Saat ini penggunaan operating System Windows pada perangkat komputer merupakan yang terbanyak di dunia. Dari sekian banyak OS Windows yang terpasang di komputer, ada 2 jenis yaitu versi Windows 32-bit dan versi Windows 64-bit. Tidak banyak yang tahu apa saja perbedaan di antara kedua versi Windows tersebut. Padahal pengetahuan ini sangat penting untuk menentukan versi mana yang terbaik dan cocok untuk kamu.

Dari beberapa laptop baru yang keluar kebanyakan dan hampir semuanya menggunakan prosesor yang support dengan Operating System 64-bit. Karena itulah kami mulai berpikir apakah posisi System operasi Windows versi 32-bit sudah digeser oleh System operasi versi 64-bit?. sesuatu yang di keluarkan oleh pabrikan laptop maupun komputer build-up maupun prosesor tentunya sudah lewat pertimbangan yang matang. Karena itu kita perlu mengetahui beberapa hal yang membedakan antara Windows versi 32-bit vs 64 bit. Dari situ kita akan tahu kenapa laptop keluaran terbaru selalu menggunakan prosesor dan operating System yang support 64-bit.

Cara mengetahui versi Windows yang terinstall di komputer

Untuk dapat menemukan versi Windows apa yang terinstall di laptop atau komputer itu cukup mudah. Berikut ini cara mengetahui versi Windows:

  1. Klik logo Windows + R di keyboard kemudian ketik dxdiag pada kolom RUN terus tekan Enter,
  2. Lihat pada system information, dan lihat operating system,
  3. Selain cara tersebut kamu juga bisa klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah,
  4. Pilih System, kemudian lihat pada Device Spesification –> System Type. Perhatikan contoh hasilnya di bawah.

jenis sistem operasi 64-bit


Dari Hasil di atas kelihatan kalau komputer saya menggunakan Windows tipe 64-bit dan prosesor komputer juga dengan tipe 64-bit. Jadi bisa dibilang sangat cocok antara karakteristik sistem operasi dengan jenis prosesor. Kebanyakan prosesor baru dikeluarkan pada versi 64-bit dan hampir tidak ada versi 32-bit lagi.

Itulah cara mudah agar mengetahui jenis Windows yang sedang kamu gunakan pada komputer maupun laptop kamu. jika kamu menggunakan versi 32-bit, silakan bandingkan dengan perbedaan yang kami kemukakan. Apakah itu benar atau tidak, silakan berkomentar di bawah.

Perbedaan komputer Windows 32-bit dengan 64-bit

Antara komputer yang menggunakan operating sistem Windows versi 32-bit dengan 64-bit, jika di lihat dari tampilannya tentu tidak terlihat perbedaan yang signifikan dan terkesan sama. Tetapi secara teknis, kedua versi OS Windows ini memiliki perbedaan yang cukup jauh. Mari kita korek perbedaan apa saja yang terdapat antara 32-bit vs 64-bit antara lain:

1. Perbedaan jumlah RAM yang di dukung

Tentu jika dilihat dari kulitnya saja, perbedaan ini tidak terlihat dengan jelas. Tetapi saat kamu memiliki komputer atau laptop yang dipasang RAM di atas 4 GB maka perbedaannya akan terlihat mencolok. Sebenarnya OS Windows 32-bit hanya dapat membaca RAM maksimal adalah 4 GB dan itu pun hanya dapat di baca oleh System Windows sebesar 3,2 GB.

Hasilnya akan berbeda jika kamu memasang RAM 4 GB di OS Windows 64-bit. Jumlah RAM yang terbaca tetap 4 GB. Dari sini jelas kalau komputer Windows 32-bit dengan 64 bit memiliki perbedaan yang menonjol dalam segi dukungan kapasitas RAM. Hal ini tentu tidak banyak diketahui oleh kalangan yang awam dalam hal teknis. Windows 32 bit memiliki keterbatasan dalam membaca kapasitas RAM, sementara yang versi 64-bit dapat membaca kapasitas RAM yang tidak terbatas.

Seperti yang terjadi saat ini, saat Windows 7 sudah tidak mendapat update terbaru, Windows 8 yang tidak di lanjutkan lagi oleh Microsoft, dan hanya Windows 10 yang masih eksis dan di rekomendasikan untuk digunakan. Sementara untuk menggunakan Windows 10, kapasitas RAM yang di sarankan adalah minimal 4 GB. Itulah sebabnya kenapa kebanyakan prosesor terbaru semuanya versi 64 bit.

2. Kinerja Prosesor berbeda

Perbedaan mendasar Windows 32-bit dengan Windows 64-bit adalah dalam segi performa atau kinerja prosesor. Hampir sama juga dengan RAM, Prosesor dengan karakteristik 64-bit merupakan teknologi terbaru yang sekarang dikeluarkan oleh pabrikan prosesor. Teknologi ini memiliki dual fungsi yaitu dapat menjalankan System operasi tipe 32-bit dan juga 64-bit.

Sangat berbanding terbalik jika dibandingkan prosesor tipe 32-bit yang hanya dapat menjalankan OS Windows 32-bit saja, dan tidak dapat menjalankan sistem operasi 64 bit. Apabila itu kamu lakukan, tentu akan terjadi error, atau bluescreen saat instalasi berlangsung.

Kembali lagi ke performa prosesor dengan Windows 64-bit sangat cocok untuk pekerjaan berat seperti Design Grafis, Video Editing, Game HD, dan pekerjaan komputer berat lainnya. Itu akan berjalan dengan lancar, apalagi semua itu di dukung oleh RAM yang besar dan juga Grafis Card yang mumpuni.

3. Perbedaan Kompatibilitas Software

Windows memang sebuah sistem operasi yang terinstal pada komputer dan menjadi andalan dalam pengoperasian komputer. Tetapi OS tidak dapat berjalan sendiri tanpa software lainnya yang terinstal pada sistem operasi tersebut. Saat kamu menggunakan Windows 32-bit, kamu hanya akan bisa menginstall software yang mendukung Windows versi 32-bit.

Sesuatu yang berbeda akan kamu dapatkan apabila menggunakan Windows versi 64-bit. Kamu bisa menginstall program atau software yang mendukung 32-bit dan juga 64-bit. Jadi bisa dibilang windows 64-bit lebih support atau kompatibel dengan software tipe apa saja yang penting software tersebut support Windows.


perbedaan folder :c windows 32-bit dan 64-bit


Saat menginstall software ber-karakteristik 32-bit di Windows 64-bit, kamu akan menemukan folder Program Files yang berbeda pada system partisi (C) dan program tersebut tetap dapat dijalankan walaupun tidak seoptimal tipe 64-bit. Sebenarnya bukan software saja, Driver yang di dukung juga bisa tipe 32-bit dan juga 64-bit. sehingga komputer dengan Windows 64-bit sangat fleksibel dan memiliki kompatibilitas yang tinggi terhadap software tipe 64-bit maupun 32-bit.

Kesimpulan:

Sistem operasi Windows yang ter-install pada komputer itu ada 2 jenis yang memiliki karakteristik berbeda yaitu 32-bit dan juga 64-bit. Kedua tipe windows tersebut memiliki perbedaan yang signifikan seperti Kapasitas RAM yang dapat dibaca, Kinerja prosesor, dan juga kompatibilas software dan driver yang di dukung. Dari perbedaan tersebut, tentunya tipe windows 64-bit memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang 32-bit. Itu yang menyebabkan kenapa banyak prosesor baru yang di produksi adalah versi 64-bit. Untuk kinerja dan pekerjaan komputer berat dan memerlukan performa tinggi, dangat disarankan menggunakan base prosesor 64-bit dengan sistem operasi 64-bit juga.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!