Pengertian komputer rakitan serta kelebihan dan kekurangannya

Sudiana SudianaIkuti 07 Oct, 2020 · 3 Menit Membaca
Pengertian komputer rakitan serta kelebihan dan kekurangannya

Sebelumnya kita sudah melakukan pembahasan mengenai komputer build-up, dan sekarang gilirannya membahas pengertian komputer rakitan beserta kelebihan dan kekurangannya. Sebelum kita membandingkan kedua jenis komputer in. Kita wajib mengetahui apa sih komputer rakitan? Kenapa kita harus membeli atau malah tidak membelinya? Mari kita bahas satu persatu mulai dari pengertia atau definisinya.

Pengertian komputer rakitan

Komputer rakitan atau dengan kata lain custom pc adalah sebuah perangkat komputer yang di buat dan dirakit menggunakan komponen-komponen yang di beli sendiri kemudian di jadikan sebuab pc. Komputer rakitan juga bisa diartikan sebagai komputer yang proses merakit dan memilih komponen hardwarenya dilakukan oleh kita sendiri ataupun oleh teknisi komputer.

Kenapa banyak yang menggunakan komputer rakitan?

Beberapa orang yang mahir di bidang it kadang berfikir dari segi ekonomis dan fleksibelnya. Selain itu kebutuhan akan resource yang flexible dan dapat disesuaikan membuat banyak yang merakit komputer. Sebagai contoh yang umum adalah komputer gamer. Hampir sebagian besar penggelut game komputer lebih memilih komputer rakitan dibandingkan komputer game build-up. Jika dibandingkan, komputer build up kurang flexiblr dan susah di upgrade lagi atau di custom, sesangkan komputer rakitan bisa kita buat semau kita yang penting komponen yang terpasang kompatibel.

Kalau berbicara masalah harga, komputer build up memang tergolong mahal tetapi jika kita merakit sendiri dengan resource yang besar dan mumpuni, malah bisa lebih mahal lagi. Kemarin saya lihat ada komputer rakitan yang harganya bisa sampai ratusan juta rupiah. Coba bayangkan mana lebih mahal? Rakitan atau build-up. Boleh dibilang komputer rakitan memiliki sisi negatif dan sisi positif. Apapun produk elektronik seperti komputer pasti punya kelebihan dan kekuranganya. Selanjutnya mari kita bahas apa saja itu.

Kelebihan komputer rakitan.

Beberapa kelebihan yang kami temukan merupakan hasil pemantaun dan juga berdasarkan pengalaman. Selama ini kami melayani banyak sekali pembuatan komputer rakitan. Dari situ kami pelajari apa saja kelebihan yang dapat kami tuangkan sehingga pembaca artikel ini mengerti dan memahami pengertian apa itu kompiter rakitan sebenrnya. Beberapa kelebihan komputer rakitan antara lain:

  1. Mix componen atau komponen berbagai merk,
  2. Cusomizeable atau bisa di sesuaikan dengan keinginan,
  3. Easy to make it. Mudah di lakukan perakitan asal sesuai dan compatibel dengan komponen lainnya.
  4. Easy to fix it. Sangat mudah di perbaiki karena komponen yang rusak tinggal di ganti yang baru tanpa perlu pengganti CPU
  5. Easy to maintenance. Kita akan bisa melakukan perawatan dengan mudah karena componen dapat di lepas dan di pasang kembali.

Kekurangan komputer rakitan

Sebuah komputer rakitan bukanlah komputer sempurna, masih ada kelemahan ataupun kekurangannya. Jangan salah meng-artikan kalau komputer rakitan itu selalu bagus. Walaupun komputer tersebut di rakit dengan harga mahal, tetap saja akan menemukan beberapa kelemahan antara lain:

  1. Always on table - komputer rakitan tidak bisa di bawa kemana-mana alias tidak portable. Walaupun bisa maka perlu membongkar lagi instalasi kabel dan memasangnya kembali di tempat tujuan.
  2. Sometime ger error - kadang kita menemukan error akibat komponen yang tidak sesuai atau driver yang belum terinstal dengan benar.
  3. Big watt - konsumsi daya komputer rakitan lebih besar jika dibandingkan komputer pabrikan. Komputer pabrikan keluaran terbaru sangat mendukung green energy jadi sangat irit listrik.

Kesimpulan

Komputer adalah salah satu barang elektronik yang tidak sempurna. Pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Apabila ingin memilih komputer, pastikan dulu kita mengerti apa itu komputer rakitan, apa saja kekurangan, dan jangan melihat kelebihannya saja. Komputer rakitan merupakan solusi bagi mereka yang suka mencari komputer yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dengan spesifikasi yang diinginkan. Apabila memang masih awam dalam merakit komputer, kita bisa meminta bantuan teknisi komputer dalam pemilihan komponen yang sesuai. Hal ini bertujuan agar tidak salah membeli komponen.

Baca juga

Langganan
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!