Pengertian komputer built-up serta kekurangan dan kelebihannya

06 Oct, 2020 · 3 Menit Membaca

Eksistensi komputer built-up sudah ada sejak pabrik komputer meluncurkan produknya sampai saat ini. Tetapi masih banyak yang kurang tahu pengertian komputer built-up dan hanya mengetahui satu kata yaitu perangkat komputer. Sampai saat ini sebenarnya ada 2 jenis komputer yang digolongkan berdasarkan cara pembuatannya yaitu komputer built-up dan komputer rakitan. Agar tidak salah paham, kami akan membahas pengertian komputer built up serta kelebihan maupun kekurangannya terlebih dahulu.

Pengertian komputer built-up

Mungkin banyak yang belum paham betul apa itu komputer built up? Apa bedanya dengan komputer lainnya? Sebenarnya dalam menterjemahkan arti sebuah kata, kita ambil saja sumber katanya yaitu komputer yang artinya sebuah perangkat elektronik yang dapat membantu pekerjaan manusia dan built-up yang artinya di buat khusus. Jadi pengertian komputer built-up adalah sebuah perangkat elektronik yang dibuat khusus atau satu paket oleh pembuatnya biasanya perusahaan komputer.

Komputer built-up sering disebut sebagai komputer pabrikan karena semua komponen yang terpasang sudah dirancang sehingga bekerja menjadi satu paket lengkap dan siap di gunakan oleh si pembeli. Ini merupakan kelebihan dari komputer ini. Tetapi komponen komputer ini menempel jadi satu pada mainboard atau dengan kata lain on board. Karena satu paket, biasanya hardware yang terpasang itu mereknya sama. Apabila terjadi kerusakan salah satu hardware maka kita akan sulit mencari penggantinya kecuali di bawa ke service center. Inilah yang menjadi kekurangannya.

Jujur saja sebagai orang kantoran, saya lebih suka menggunakan komputer built up karena terasa nyaman, irit dan awet. Apalagi digunakan untuk aplikasi office, dan game ringan masih berjalan lancar. Selain itu juga komputer ini awet sekali dan tahan banting. Kalau kamu berniat untuk membeli komputer built-up, coba pikirkan kelebihan dan kekurangannya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kamu. Kalau hanya untuk aplikasi office kayaknya cocoknya pakai komputer built-up.

Kekurangan dan kelebihan komputer built-up

Seperti pepatah mengatakan, kalau tak kenal maka tak sayang. Mari kenali lebih dekat apa itu komputer built-up sebenarnya. Semua akan terlihat jelas ketika kita mengetahui apa saja kelebihan dan juga apa saja kekurangan komputer built up. Mari kita bahas satu persatu

Kekurangan komputer built up

  • Hardware susah di upgrade karena harus membeli hardware yang sesuai kalau tidak komputer tidak akan bisa bekerja.
  • Harga tergolong cukup mahal. Untuk harga komputer built up yang paling murah yang saya tahu mulai dari 3jutaan.
  • Sulit melakukan pergantian komponen apabila komputer mengalami kerusakan.
  • kurang cocok untuk game-game berat

Kelebihan komputer built up

  • Praktis, kita tidak usah lagi repot-repot membeli hardware komputer satu persatu karena komputer ini tinggal pasang dan langsung bisa digunakan.
  • Sudah di lengkapi dengan OS windows Original jadi tinggal kita Backup lisensi Key original windows agar dapat digunakan saat instal ulang.
  • Kualitas terjamin, semua komponen sudah di uji sebelum di produksi lebih banyak dan di lempar ke pasaran.
  • Lebih awet, sudah saya buktikan komputer built-up masih bagus walaupun digunakan bertahun tahun
  • Cassing luar sangat kokoh.
  • Design minimalis dan mengirit tempat.
  • Cocok digunakan untuk perkantoran, anak sekolah, dan juga penulis blog seperti saya.
  • Adanya dukungan pelanggan dengan garansi yang cukup panjang.

Itulah kekurangan dan komputer built-up. Dari ulasan mulai pengertian-nya, sekarang tentu kita tahu kapan kita harus memilih untuk membeli komputer built up atau membeli komputer rakitan. Menurut saya pribadi, komputer built up merupakan pilihan tepat jika kita ingin memiliki komputer yang tahan lama walaupun. Harganya sedikit agak mahal, tetapi harga pasti sesuai dengan kualitas. Jadi tidak ada salahnya untuk membeli produk mahal karena kita tidak akan sia-sia mengeluarkan uang banyak untuk membeli komputer.

Langganan Artikel
Dapatkan update terbaru melalui email. Kami tidak spaming!
Sudiana
Ditulis Oleh: Sudiana Ikuti
Menulis, Mencari ide dan mencari pemecahan atas sebuah masalah sambil ditemani segelas kopi, itu sangat nikmat!